Apa itu sosial media marketing?, Bagaimana teknik pemasaran sosial media saat ini.

Apa itu sosial media marketing?, Bagaimana teknik pemasaran sosial media saat ini.

Teknik Pemasaran Dengan Media Sosial.

Ingin bisa berjualan online di sosial media, atau sudah bisa berjualan namun hasilnya tidak sesuai target yang diinginkan?


Jumpa lagi bersama kami Blogger Kota Kupang ( NTT ).

Pada artikel kali ini kami menuliskan bagaimana cara agar bisa berjualan di sosial media yang baik dan benar serta bisa meningkatkan omset atau target pendapatan yang kita inginkan.( Bisa Balik Modal )

Bagaimana caranya?

Menurut data-data yang di kumpulkan dari berbagai sumber seperti,Wikipedia, sosial media marketing oleh sekolah pintar dan yang lainnya. Bahwa sosial media marketing adalah suatu proses meraih kunjungan pengguna internet agar dapat berkunjung ke situs tertentu atau bisnis yang kita miliki melalui situs-situs sosial media seperti, Instragram, Facebook, Twitter, Linkedin dan lain sebagainya.


Kegiatan pemasaran dengan menggunakan media sosial biasanya berpusat pada suatu usaha seseorang atau sebuah perusahaan untuk menciptakan konten ( promosi ) yang menarik perhatian, sehingga mendorong para pengunjung untuk membagikan konten ( promosi ) tersebut melalui jejaring media sosial milik mereka. Dengan begitu, maka konten ( promosi ) yang telah kita terbitkan dapat dibagikan antara pengguna sosial media yang satu ke yang lainnya sehingga nantinya muncul orang-orang yang berminat untuk membeli produk kita.

Namun...!!! 
Bagaimana cara pemasaran dengan sosial media saat ini.

Teknik atau Cara Pemasaran Menggunakan Sosial Media Saat Ini.( Tips berjualan online )


Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk kita. seperti, membuat sebuah postingan gambar atau video pada akun sosial media kita kemudian membagikannya, atau bisa juga kita menggunakan fitur Ads ( iklan ) untuk beriklan pada sosial media tersebut.

Info: Pada artikel yang telah kami tuliskan di bawah ini adalah suatu proses penting untuk menggunakan sosial media yang kami rekomendasikan di bawah untuk memasarkan atau mempromosikan produk kita secara gratis melalui postingan.

Berikut ini adalah beberapa sosial media yang kami rekomendasikan untuk anda mempromosikan atau memasarkan produk atau bisnis anda.

  1. Instagram
  2. Facebook
  3. Twitter
  4. Linkedln

  • Instagram.
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto atau video yang memungkinkan penggunanya mengambil foto atau video dan menerapkan filter digital untuk dibagikan ke jejaring sosial lainnya.

Dengan fitur-fitur yang telah disediakan seperti contoh di atas, para ahli marketing sering memanfaatkan peluang tersebut, di antaranya membuat konten gambar atau video lalu memasarkan pada situs Instagram tersebut.

Bagaimana dengan kita yang baru memulai ( pemulah ) didalam dunia marketing, apakah kita bisa seperti para ahli marketing itu?
Siapapun bisa melakukan hal itu.

Berikut ini adalah cara-cara yang dilakukan para ahli marketing dalam memasarkan produk pada sosial media Instagram.

  1. Membuat akun Instagram pribadi dan bisnis
  2. Optimasi profil Instagram.
  3. Membuat konten gambar atau video yang menarik tentang produk kita.
  4. Mempromosikan konten gambar atau video kita pada postingan atau beriklan di Instagram.

Dengan memahami cara di atas, itu berarti kita sudah menjadi sosial media marketing di situs Instagram.

  • Facebook.
Facebook, Inc. adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004.

Per September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Dengan pencapaian tersebut, Facebook menjadi sosial media yang dilirik banyak orang atau perusahaan yang ingin bekerja sama.

Menjadi seorang sosial media marketing di situs Facebook terbilang cukup mudah, siapapun dapat memasarkan produk yang dijualnya, tetapi untuk pemula mungkin hasil dari pemasaran itu kurang dari target yang kita inginkan.

Mengapa penjualan kita di situs Facebook tidak sesuai target yang diinginkan?

Berikut ini adalah cara-cara yang dilakukan oleh para marketing professional dalam memasarkan produk mereka pada sosial media Facebook.

  1. Membuat akun di situs Facebook.
  2. Setup Facebook business manager.
  3. Membuat page dan menambahkan page di business manager.
  4. Memposting produk yang dijual.
  5. Membuat iklan ( beriklan ) pada situs Facebook.

Untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal kami sangat merekomendasikan untuk anda yang pemula, agar menggunakan situs Facebook sebagai tempat untuk memasarkan produk-produk yang dimiliki.

  • Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).

Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey.

Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif.

Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat.

Apakah bisa kita gunakan situs Twitter untuk memasarkan ( promosi ) produk yang kita jual?,dan bagaimana caranya?

Kita bisa menggunakan sosial media Twitter untuk memasarkan produk-produk yang dimiliki, dari membuat tweet atau kicauan hingga menggunakan fitur berbayar untuk mempromosikan produk yang dijual.

Berikut ini adalah cara-cara yang dilakukan oleh para ahli marketing dalam memasarkan produk-produk mereka pada sosial media Twitter.

  1. Membuat akun Twitter agar dapat menggunakan fitur yang dimiliki oleh Twitter.
  2. Membuat postingan di Twitter, mention, retweet, dll menggunakan komputer/Android/IOS.
  3. Membuat postingan yang menarik perhatian orang untuk melihat produk kita.
  4. Menggunakan waktu yang tepat untuk memposting di Twitter dan berapa kali dalam memposting.
Untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal pada situs Twitter, kami menyarankan kepada anda agar melakukan promosi produk anda melalui fitur berbayar ( beriklan ) pada Twitter. Karena disaat ini Twitter sangat menjaga privasinya, jika ada kesalahan sedikit saja maka pihak Twitter akan memblokir akun anda.

  • Linkedln
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional.

Sampai April 2018 Linkedin menyatakan memiliki lebih dari 546 juta pengguna di lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya. Sedangan Statista.com menyatakan hingga April 2018, Linkedin memilik 260 juta pengguna aktif.

LinkedIn dimulai di ruang tamu pendirinya, Reid Hoffman, pada tahun 2002 dan diluncurkan secara resmi pada 5 Mei 2003.Sedangkan CEO LinkedIn saat ini adalah Jeff Weiner, dengan manajemen yang terdiri dari eksekutif berpengalaman dari perusahaan seperti Yahoo!, Google, Microsoft, TiVo, PayPal, dan Electronic Arts.

LinkedIn menjalankan bisnis yang terdiversifikasi, dengan sumber pendapatan dari langganan keanggotaan, penjualan iklan, dan solusi perekrutan.

Pada Desember 2016, Microsoft merampungkan akuisisinya terhadap LinkedIn, menggabungkan layanan cloud profesional terdepan di dunia dengan jaringan profesional terdepan di dunia.-sumber oleh wikipedia

Apakah kita orang yang baru memulai bisnis online bisa menggunakan situs web Linkedln untuk mempromosikan bisnis atau produk kita?, ( berjualan online ).

Banyak pebisnis pemula ataupun profesional lebih memilih menggunakan situs Linkedln untuk menjalankan bisnis mereka daripada situs media sosial lainnya, karena Linkedln sangat berbeda dengan sosial media yang lainnya.

Berikut ini yang sering digunakan marketing professional dalam memasarkan produk-produknya melalui situs Linkedln.

  1. Membuat akun atau mendaftar di LinkedIn
  2. Membuat CV dari profil Linkedln
  3. Membuat company page di LinkedIn
  4. Membuat mesin lead generator sendiri
  5. Meningkatkan traffic blog dan artikel

Jika Anda adalah seorang yang ingin belajar bisnis online, mungkin sosial media Linkedln bisa menjadi solusinya, karena di LinkedIn kita akan selalu berinteraksi dengan orang yang selalu menjalankan/mempromosikan bisnis mereka.

Dengan kita selalu berkomunikasi dengan pebisnis profesional dari berbagai sumber, mungkin itu bisa menambah wawasan kita dalam berbisnis online.

Mungkin itu saja beberapa sosial Media yang kami rekomendasikan untuk memulai bisnis online.

Jika ada kesalahan dalam penulisan ataupun usul saran, anda dapat menyampaikan lewat kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah, agar kami mengetahui dan memperbaiki kesalahan itu.

Untuk penjelasan yang lebih detail tentang pemasaran menggunakan sosial media di atas, kami akan mengulasnya satu persatu di dalam postingan selanjutnya, untuk itu bagi yang berniat untuk mempelajarinya, kami sarankan untuk selalu mengecek update terbaru dari blog ini agar tidak ketinggalan postingan terbaru kami.atau anda dapat mengirimkan email kepada kami melalui form subscribe yang tersedia di bawah. dengan begitu kami akan kirimkan artikel terbaru kami untuk anda melalui email tersebut.

Info: form subscribe atau berlangganan artikel tidak dipungut biaya ( gratis )

Sekian!!!

Share this:

Newest Post
Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments