Cara daftar Adsense YouTube 2018 di android atau melalui android terbaru

Cara daftar Adsense YouTube 2018 di android atau melalui android terbaru

Cara daftar Adsense YouTube, dan syarat daftar google adsense YouTube 2018

16 Januari 2018 adalah tanggal diumumkan peraturan baru untuk monetisasi konten video di YouTube ke google adsense.

Peraturan adsense YouTube terbaru  2018 ini terbilang cukup ketat,hingga membuat para YouTubers yang ingin menghasilkan uang dari video yang diupload ke YouTube memiliki kesulitan.

Untuk YouTubers berpengalaman mungkin peraturan YouTube adsense tidak berpengaruh. Tetapi bagaimana dengan YouTubers yang baru memulai?

Tips & Trik: Bagi yang baru memulai menekuni YouTube untuk menghasilkan uang dari video yang diupload ke YouTube,anda dapat membaca secara detail syarat daftar google adsense YouTube hingga cara daftar Adsense YouTube terbaru 2018 di android atau melalui android, pada tutorial di bawah ini.

Yang terpenting dalam mendaftar Adsense YouTube adalah,kita harus mengetahui atau memenuhi persyaratan/peraturan yang berlaku agar disaat mengajukan permohonan pendaftaran adsense tidak mengalami kesulitan.

Syarat-syarat utama yang kami rangkum terbagi menjadi 3 hal yang harus terpenuhi untuk mendapatkan uang dari adsense YouTube.

Lalu! Bagaimana syarat dan ketentuan untuk dapat monetisasi vidio YouTube ke google adsense?

Terverifikasi
Hal yang harus diperhatikan untuk pertama kali adalah akun channel YouTube harus telah terverifikasi dengan nomor ponsel dan sudah melakukan pengaturan sesuai standar channel agar bisa mengaktifkan fitur-fitur di dalam channel YouTube anda. Baca Disini: cara verifikasi akun google.

4000 Jam Tontonan
Syarat yang kedua adalah channel yang sudah mengumpulkan jumlah tayangan sebanyak 4.000 jam tontonan dari total video yang ada selama 12 bulan terakhir dan itu merupakan keharusan.

Syarat kedua ini tentu saja lebih mudah dicapai jika dibandingkan sebelumnya yang mengharuskan sebuah channel YouTube mendapatkan 10.000 kali penayangan.

1000 Subscribe
Syarat yang ketiga ini termasuk syarat yang berat terutama bagi channel baru, karena syarat ini mengharuskan channel yang ingin Daftar Adsense harus sudah memperoleh 1.000 Subscribe.

Channel YouTube yang baru dibuat tentu saja akan sulit mengumpulkan subscribers kalau tidak ada video populer yang memiliki banyak penonton,kasus yang sering terjadi pada sebuah channel adalah channel sudah memiliki banyak viewers dalam sebuah video yang ada, tetapi subscribers tidak seimbang dengan jumlah tontonan, karena Vidio dalam channel yang dimiliki tidak sesuai dengan minat dari para penonton.

Catatan: Jika anda telah mencapai persyaratan atau peraturan di atas yang telah ditetapkan, tetapi channel YouTube yang ada ajukan permohonan tidak atau belum juga di setujui,maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kualitas konten video yang dimiliki.baca tutorial dibawah ini tentang hal-hal kualitas konten video yang tidak memenuhi persyaratan/peraturan google adsense.

Penyebab konten video pada channel YouTube tidak memenuhi syarat google adsense

Seperti yang telah kami tuliskan di atas tentang syarat utama untuk mendaftar google adsense, syarat tersebut adalah langkah awal memulai bisnis Adsense YouTube, jika Anda telah memenuhi persyaratan atau peraturan di atas, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa kualitas konten video yang tidak memenuhi syarat google adsense pada channel anda sebelum mendaftar google adsense YouTube.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan menyangkut konten video yang dilarang mendaftar google adsense YouTube;

1.Kualitas konten video pada channel YouTube.

Kualitas konten video pada channel YouTube sangatlah penting, dalam hal ini menyangkut kepopuleran dan iklan yang nantinya akan dipasang pada channel tersebut.

Adsense YouTube me-review kelayakan channel YouTube sangatlah ketat, sehingga banyak akun atau channel YouTube yang menerima penolakan.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak anda inginkan, anda diwajibkan untuk membuat video yang unik, original, berkualitas dan dapat di sanding dengan produk iklan adsense.

Tips & Trik: Hindari meng-upload video yang dibuat secara asal-asalan.

2.Channel YouTube mengandung konten video yang dilarang oleh pihak google adsense.

Pada kebijakan google adsense YouTube, sudah tercatat syarat kelayakan sebuah video yang dapat di monetisasi untuk dipasang iklan adsense.

Peraturan (TOS) tersebut menyangkut, konten video yang telah di upload ke channel YouTube tidak harus mengandung unsur,PO***grafi,per**dian, mengandung unsur sara dan kekerasan.

Tips & Trik: Hindari meng-upload konten video ke channel YouTube yang mengandung konten sensitif seperti yang kami tuliskan di atas.

3.Konten video pada channel YouTube tidak original.

Konten video original pada channel YouTube adalah salah satu penentu di terima berpartisipasi dalam program periklanan google adsense YouTube.

Jika sebuah channel YouTube lebih banyak meng-upload konten video yang tidak original atau hasil buatan orang lain, maka sudah dapat dipastikan bahwa channel YouTube anda akan menerima penolakan dari google adsense.

Tips & Trik: Perbanyak upload konten video original hasil rekaman keahlian anda sendiri sebelum mendaftar di google adsense YouTube. Hindari meng-upload konten video duplikat yang mengandung hak cipta orang lain ke channel YouTube anda sebelum anda diterima oleh google adsense. 

4.Menggunakan audio atau musik yang melanggar hak cipta.

Pada tahap ini juga penting untuk diperhatikan,jika Anda telah membuat konten video original hasil rekaman keahlian anda sendiri, tetapi masih menggunakan audio atau musik yang melanggar hak cipta, itu dapat mempersulit proses diterima oleh google adsense YouTube.

Sebagian audio atau musik memiliki hak cipta atau dilindungi undang-undang, jika ingin menggunakan audio atau musik orang lain,anda diwajibkan untuk memberikan izin tertulis dari pemegang hak cipta untuk dapat menggunakan audio atau musik pada konten video secara komersial.

Langkah Meng-cover audio atau musik pada channel YouTube tidak dapat membuahkan hasil yang maksimal, konten audio atau musik akan tetap dianggap memiliki hak cipta orang lain.

Video Tutorial Mendesain konten gambar menggunakan aplikasi CANVA untuk postingan Instagram.



Channel YouTube: Kupang Tech News.


Tips & Trik: Jika anda ingin menggunakan audio atau musik pada konten video original hasil rekaman anda sendiri, anda dapat menggunakan pustaka audio atau musik gratis yang sudah disediakan oleh YouTube, atau anda dapat berkreasi dengan audio atau musik Karya anda sendiri.

Setelah anda membaca persyaratan atau peraturan adsense YouTube 2018 dan anda telah paham dengan apa itu konten terlarang yang tidak harus berda di channel YouTube yang ingin didaftarkan ke google adsense,kini saatnya membaca "cara daftar Adsense YouTube 2018" di Android atau melalui android terbaru di bawah ini.

Cara Daftar Adsense YouTube 2018 di android

Info: Cara yang kami tuliskan di bawah ini tentang "Cara daftar Adsense YouTube 2018 di android" dapat juga dilakukan menggunakan PC, karena dari proses pembuatan dan fitur-fitur yang harus dilengkapi semuanya memiliki kemiripan yang tidak jauh berbeda.

Sebelum memulai sebaiknya Anda menyiapkan hal-hal berikut ini:
  1. Hp android atau bisa juga PC (desktop).
  2. Browser google crome (apk crome), jika belum memiliki apk tersebut, download terlebih dahulu pada google play store.
  3. Akun YouTube (akun google/email Gmail) yang telah terverifikasi dengan nomor ponsel yang dapat di hubungi dan sudah memiliki channel memenuhi syarat google adsense.
  4. Perangkat yang digunakan sudah terkoneksi ke jaringan internet (online).

Memulai

Langkah 1 Singn ini (masuk) ke situs YouTube:
Silahkan masuk ke situs YouTube melalui apk crome dengan cara, ketik alamat www.youtube.com pada mesin pencari yang sudah disediakan oleh apk crome.

Langkah 2 Pengaturan browser google crome (apk crome):
Untuk yang menggunakan HP Android, anda dapat atur terlebih dahulu tampilan browser google crome ke tampilan desktop dengan cara,
  • Sentuh ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas perangkat Android,
  • Kemudian didalam pop up atau tampilan baru yang terbuka, cari atau menemukannya fitur "situs desktop",
  • Selanjutnya sentuh atau berikan tanda centang pada kolom yang disediakan. 

Langkah 3 login (masuk) ke YouTube menggunakan email Gmail-akun google (akun YouTube):


Pada tampilan gambar di atas adalah proses login ke akun YouTube melalui dashboard situs www.youtube.com, anda dapat menyentuh sesuai contoh gambar ballon orange "klik disini untuk login ke akun YouTube".

Setelah anda sentuh sesuai contoh gambar, maka akan terbuka tampilan baru,ketik atau masuk menggunakan alamat email Gmail beserta password nya.

Jika Anda lakukan semuanya dengan benar,maka akan diarahkan ke dashboard akun YouTube anda.

Info: jika Anda sudah dalam keadaan login pada dasboard akun YouTube, maka akan terlihat foto profil akun YouTube anda pada pojok kanan atas layar perangkat anda.

Langkah 4 masuk ke channel YouTube yang ingin didaftarkan ke google adsense:


  • Sentuh foto profil pada dasboard akun YouTube anda,
  • Kemudian, pada tampilan baru atau pop up yang terbuka, sentuh "creator studio" seperti contoh gambar yang telah kami berikan tanda ballon orange "klik disini". lihat contoh gambar di atas
  • Selanjutnya akan terbuka atau diarahkan ke dashboard creator studio anda.

Info: Pada dashboard creator studio anda dapat melakukan banyak hal, dari mengedit video, meng-upload video, menambahkan musik pada vidio dan memonetisasi video atau channel YouTube untuk berpartisipasi dalam program periklanan google adsense.

Baca disini : Cara membuat channel di youtube hingga menghasilkan uang.

Langkah 5 mendaftar channel YouTube ke google adsense:
  • Dari dasboard channel YouTube (creator studio), cari atau menemukannya fitur channel atau saluran.
  • kemudian sentuh fitur tersebut dan dilanjutkan dengan menyentuh sub menu "monetisasi".
  • Didalam tampilan baru yang terbuka, lengkapi formulir pendaftaran dengan sebenar-benarnya kemudian kirim permohonan anda.
  • Selanjutnya, anda ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh pihak google adsense.
  • Yang terakhir, menunggu hasil review dari Adsense apakah channel YouTube anda diterima atau ditolak.
Itu saja yang harus anda lakukan jika ingin bermitra dengan google adsense YouTube.

Berikut ini adalah dashboard channel YouTube yang sudah mencapai 90% persyaratan/peraturan adsense untuk dimonetisasi konten video dengan iklan adsense.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca tutorialnya di bawah:

Cara mengaktifkan fitur-fitur yang berada pada dashboard channel YouTube melalui "creator studio"


Keterangan: gambar di atas adalah dashboard channel YouTube yang terkena suspend dari pihak google adsense terkait peraturan baru 16 Januari 2018.

Jika Anda mendapatkan tampilan seperti contoh gambar di atas, maka yang harus anda lakukan adalah, mengupayakan agar semua fitur yang kami tandai dengan angka memiliki tanda centang hijau.

Dalam hal ini menyangkut syarat-syarat dan pengaturan agar channel YouTube dapat di aktifkan, atau channel YouTube anda dapat menghasilkan uang dari pemasangan iklan yang diselenggarakan oleh google adsense.

Berikut ini adalah penjelasan terkait angka-angka yang berada pada contoh gambar di atas:
  • Angka 1 : adalah kelayakan Vidio yang berada pada channel tersebut, fitur ini akan secara otomatis memberikan tanda centang hijau jika video yang berada pada channel telah memenuhi syarat.(Persyaratan program partner YouTube diterima)
info & Tips: fitur yang kami berikan angka satu akan terbuka bersamaan dengan sub menu "monetisasi", apabila fitur sub menu "monetisasi" belum terbuka pada dashboard channel YouTube, anda harus meng-upload video original buatan anda sendiri sebanyak-banyaknya yang tidak melanggar hak cipta orang lain ke channel YouTube anda yang ingin di daftar Adsense YouTube, dan perbanyak juga jumlah tontonan menjadi 4000 jam tontonan serta 1000 subscribe.dengan info & tips yang kami berikan ini akan membuka semua fitur yang di atur secara otomatis apabila telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar.
  • Angka 2 : adalah pengaturan akun, untuk melengkapi fitur ini hingga memiliki tanda centang hijau, anda harus mengisi atau melengkapi formulir pendaftaran secara manual.
Info & Tips: Lengkapi formulir dengan sebenar-benarnya (sesuai KTP), dan kode pos juga harus sesuai tempat tinggal anda, karena apabila akun anda disetujui untuk berpartisipasi dengan program periklanan google adsense dan penghasilan anda telah mencapai ambang pembayaran,maka google adsense akan mengirimkan kode pin verifikasi akun anda melalui kantor pos yang berada sesuai tempat tinggal anda.jika sebelumnya anda sudah memiliki akun google adsense yang terverifikasi, namun di baned atau melanggar kebijakan google adsense, anda dapat menggunakan nama serta alamat orang terdekat anda.
  • Angka 3 : adalah preferensi monetisasi konten video yang berada pada channel YouTube, fitur tersebut dapat anda aktifkan/tetapkan agar Vidio yang baru anda upload ke channel YouTube dapat dimonetisasi otomatis setelah channel disetujui.(Preferensi monetisasi sudah ditetapkan)
Info & Tips: jika Anda ingin konten video yang berada pada channel YouTube anda di monetisasi secara otomatis tanpa harus melakukan monetisasi satu persatu konten video yang berada pada channel YouTube anda, maka aktifkan/tetapkan agar iklan adsense YouTube dapat ditampilkan pada setiap konten video yang dimiliki setelah channel anda disetujui.
  • Angka 4 : adalah fitur untuk meminta peninjauan otomatis setelah konten video yang terdapat pada channel YouTube anda mencapai 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dan telah mencapai 1.000 subscribe.(Minta peninjauan setelah mencapai 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dan 1.000 subscribe)
Info & Tips: fitur tersebut adalah langkah terakhir untuk dapat ditinjau oleh adsense YouTube, apabila channel YouTube yang anda miliki belum dapat mencapai jumlah penayangan minimum sesuai persyaratan yang ditentukan, maka anda diwajibkan untuk memenuhi syarat tersebut barulah channel YouTube anda dapat ditinjau untuk memastikan kepatuhan terhadap persyaratan/peraturan program partner YouTube, dan keputusan diterima atau ditolak berpartisipasi dalam program periklanan google adsense akan dikirim melalui email Gmail yang telah anda gunakan untuk mendaftar, email pemberitahuan dari adsense biasanya akan diterima dalam waktu satu bulan atau bisa juga lebih, semuanya tergantung channel YouTube yang anda daftarkan.
Setelah anda membaca tutorial angka-angka yang kami tuliskan di atas, mungkin dapat memberikan informasi tambahan untuk anda.yang terpenting dalam mendaftar di google adsense adalah kita harus melengkapi fitur yang disediakan dengan sebenar-benarnya, agar tidak terjadi kesalahan di hari-hari mendatangkan.

Tips: Dalam proses mendaftar ke adsense, Gunakanlah akun google atau email Gmail yang memiliki alamat sesuai tempat tinggal anda sekarang, dan proses melengkapi formulir pendaftaran adsense juga harus sesuai dengan alamat yang tertera pada akun google atau email Gmail yang didaftarkan.jika perlu Anda dapat membuat ulang akun google atau email Gmail menggunakan alamat sesuai tempat tinggal anda (sesuai KTP), dan verifikasi akun tersebut menggunakan nomor ponsel yang dapat dihubungi.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan,kami berharap anda dapat memahami isi dari tutorial yang kami tuliskan di atas.

Baca Disini: Software atau aplikasi editing video youtube di HP android dan pc.

Jika ada yang kurang jelas, anda dapat menyampaikan lewat kolom komentar yang sudah kami sediakan dibawah.

Terima kasih karena sudah membaca tutorial yang kami tuliskan tentang,"Cara daftar Adsense YouTube 2018 di android atau melalui android terbaru".

Baca juga: Cara membuat video YouTube berkualitas HD di ponsel android.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Ingat: Like dan share ke akun sosial media anda, agar teman-teman anda juga membaca tutorial ini.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments