Cara membuat channel di YouTube menggunakan HP Android hingga dapat menghasilkan uang

Cara membuat channel di YouTube menggunakan HP Android hingga dapat menghasilkan uang

Cara membuat channel di YouTube, menggunakan HP Android dapat menghasilkan uang 


Apa yang dimaksud dengan channel YouTube?

Sebelum masuk ke tutorial tentang "Cara membuat channel di YouTube, menggunakan HP Android dapat menghasilkan uang".kami akan menjelaskan terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan channel YouTube dan fungsinya.

Channel atau saluran YouTube adalah tempat atau fitur yang disediakan agar kita dapat mengelola konten video yang kita miliki.dengan memiliki channel di YouTube seorang pemilik akun YouTube sudah dapat membuat/meng-upload konten video, semakin banyak video yang di upload ke channel YouTube,maka semakin besar peluang channel kita dikenali oleh banyak orang.

Info: Dengan anda memiliki channel atau saluran di YouTube yang memiliki banyak pengunjung itu berarti, channel anda sudah dapat menghasilkan uang dari Vidio-vidio yang telah anda upload ke channel tersebut, untuk lebih jelasnya anda dapat membaca tutorial yang telah kami tuliskan di bawah.

Namun! Bagaimana cara membuat channel di YouTube?

Untuk membuat channel di YouTube sangatlah mudah, yang perlu kita siapkan adalah akun google atau email Gmail, dengan kita memiliki akun tersebut, maka kita sudah dapat membuat berbagai channel dengan kategori video yang akan kita upload ke channel.

Cara membuat channel di YouTube hingga menghasilkan uang

Untuk membuat channel di YouTube hingga menghasilkan uang,kita wajib melakukan beberapa langkah untuk mencapai tujuan yang kita harapkan.

Langkah-langkah tersebut sebagai berikut:
  • Buat channel di YouTube.
  • Mulai meng-upload video ke channel YouTube.
  • Meningkatkan popularitas channel YouTube.
  • Mendaftar channel ke google adsense.

Tips & Trik: untuk lebih memahami tentang mengelola channel di YouTube hingga menghasilkan uang,anda dapat membaca langkah-langkah nya satu persatu dibawah ini.

1.Buat channel di YouTube

Berikut ini adalah hal-hal yang harus disiapkan sebelum membuat channel dan "mendapatkan atau menghasilkan uang" dari channel tersebut.
  • HP Android, karena tutorial ini tentang Cara membuat channel YouTube menggunakan HP Android, maka anda wajib menyiapkan hal tersebut.
  • Akun google atau email Gmail yang dapat digunakan untuk login ke situs YouTube.
  • Koneksi internet, hubungkan HP Android anda ke jaringan internet yang tersedia.
Setelah semuanya sudah disediakan, anda dapat masuk ke situs YouTube melalui browser google crome atau sejenisnya, dengan mengetik pada mesin pencari yang telah disediakan, contoh ketik,www.youtube.com.

Lihat contoh gambar di bawah ini yang telah login ke situs YouTube.com
Cara membuat channel di YouTube menggunakan HP Android dan menghasilkan atau mendapat uang dari channel YouTube
Keterangan gambar: Lingkaran hijau dengan angka satu adalah profil akun google yang telah login, jika Anda belum login, maka profil tersebut masih berupa tombol biru "login". Anda dapat login terlebih dahulu dengan menyentuh tombol biru "login" kemudian masukkan akun google atau email Gmail beserta password-nya hingga memiliki tampilan seperti contoh gambar di atas.

Setelah anda berada di dashboard situs YouTube.com, langkah selanjutnya adalah sentuh pada foto profil anda hingga terbuka pop up seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara membuat channel YouTube terbaru untuk pemula
Keterangan gambar: Lingkaran hijau dengan angka satu adalah foto profil akun google anda, lingkaran merah dengan tanda panah kuning adalah ikon untuk meng-upload video, lingkaran merah dengan tanda ballon orange "klik disini untuk buat+ channel" adalah ikon roda gigi "setelan" yang harus anda sentuh untuk menambahkan channel YouTube anda.

Catatan; channel YouTube bisa anda tambahkan lebih dari satu menggunakan akun YouTube yang sudah diverifikasi.

Selanjutnya, jika Anda telah menyentuh ikon roda gigi seperti yang telah kami jelaskan di atas, maka akan muncul tampilan baru seperti contoh gambar di bawah ini.untuk lebih jelasnya baca keterangan gambar dibawah,

Cara mengelola channel agar mendapatkan uang dari channel YouTube
Keterangan gambar;kotak dan lingkaran hijau dengan angka satu adalah foto profil akun YouTube anda, lingkaran merah dengan tanda panah kuning adalah ikon untuk meng-upload video, kotak merah dengan tanda ballon orange "klik disini untuk buat+ channel" adalah fitur yang harus anda sentuh untuk melanjutkan pembuatan channel YouTube anda.

Jika semuanya dilakukan dengan benar, maka anda akan melihat tampilan baru yang terbuka seperti contoh gambar di bawah ini.

Cara membuat nama channel agar memudahkan pengunjung menelusuri channel YouTube
Keterangan gambar; kotak merah adalah kolom untuk menuliskan nama channel YouTube anda, tuliskan atau buat nama channel YouTube anda sesuai dengan topik konten video yang ingin anda upload.jika sudah menentukan nama channel yang sesuai,anda sentuh tombol biru "buat" yang telah kami berikan tanda ballon orange "klik disini untuk buat+ channel".dan pada tampilan baru yang terbuka adalah dashboard channel YouTube anda, lihat contoh dashboard channel YouTube kami di bawah ini.

Melihat dashboard YouTube dari browser google crome

Jika Anda telah memiliki tampilan seperti contoh gambar di atas itu berarti,selamat! Anda telah memiliki channel YouTube yang dapat anda gunakan untuk menghasilkan uang.

2.Mulai meng-upload video ke channel YouTube

Langkah selanjutnya adalah anda dapat mengatur identitas channel YouTube, anda dapat menambahkan foto profil, foto sampul, serta deskripsi.kemudian untuk menarik pengunjung ke channel, anda dapat membuat atau upload konten video original yang menarik bagi mereka untuk menonton di channel anda, semakin banyak konten video original yang berkualitas di upload ke channel, maka semakin banyak pula peluang channel anda mendapatkan banyak pengunjung.

Catatan:agar bisa menghasilkan uang dari channel YouTube, anda harus memiliki konten video original dan unik yang telah di-upload ke channel yang dimiliki, konten video tersebut harus hasil karya anda sendiri yang tidak melanggar hak cipta dan harus memenuhi kelayakan adsense.contoh konten video yang dapat anda buat seperti,vidio clip,image, tutorial,logo,dll.

Membuat konten video sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide, kita dapat membuat konten video original dan unik dengan merekam aktivitas kita sehari-hari, misalnya kegiatan merekam video di saat bermain gitar,bermain game,vidio tutorial yang membahas sesuatu,merekam kegiatan memancing, traveling ke tempat wisata, dan lain sebagainya.

Dalam mengelola channel YouTube kita harus konsisten mengunggah video original dan unik ke channel yang dimiliki, setidaknya anda perlu mengunggah video sekitar, 50-250 untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar, semakin banyak video original dan unik yang di-upload ke channel anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan uang dari channel YouTube anda.

Tips & Trik: jangan pernah mengunggah konten video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam channel YouTube anda, karena hal tersebut dapat mempengaruhi akun anda di kemudian hari.

3.Meningkatkan popularitas channel YouTube

Seperti ulasan singkat yang telah kami jelaskan di atas, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas channel YouTube kita,seperti;
  • Konsisten mengunggah video yang bermanfaat,unik,original, dan dapat menarik perhatian.yang utama dalam mengunggah video ke channel anda adalah,perhatikan kualitas konten video yang anda buat, sebaiknya video tersebut memiliki resolusi yang baik dan tampilan yang sederhana dan jelas.
  • Utamakan mengunggah konten video yang sesuai dengan keahlian anda, contoh;anda memiliki keahlian dalam bidang bermain gitar,maka utamakan membuat dan mengunggah konten video yang berhubungan dengan gitar.dengan anda mempublikasikan keahlian anda terus menerus,maka channel anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
  • Mempromosikan tombol subscribe agar pengguna menjadi subscribe channel YouTube anda,semakin banyak pengguna yang subscribe pada channel anda, maka video video anda berpeluang mendapatkan views yang banyak.
  • Promosikan channel YouTube anda pada media sosial, misalnya mempromosikan pada Facebook,Twitter, Instragram,dll.

4.Mendaftar channel YouTube ke google adsense

Mendaftar ke google adsense adalah langkah yang biasa digunakan para YouTubers sebagai sarana menghasilkan uang, entah yang baru di dunia vlog ataupun yang sudah berpengalaman.

Memilih berpartisipasi dalam program periklanan pay per click (PPC) mengguna Google Adsense untuk me-monetize konten video dapat dilakukan dengan dua cara yaitu,mendapatkan undangan langsung dari google adsense untuk berpartisipasi, dan mendaftarkan diri secara khusus ke google adsense.

Baca disini : Cara daftar channel ke adsense youtube di android atau melalui android terbaru

Catatan:apabila sebelumnya anda sudah memiliki akun google adsense, maka anda tidak perlu mendaftar lagi, yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan akun google adsense tersebut ke channel YouTube anda, perlu diingat akun google adsense harus sama seperti akun utama YouTube jika ingin menghubungkan, (dalam hal ini akun google atau email Gmail).

Kreativitas adalah salah satu kunci keberhasilan dalam berpartisipasi dengan google adsense, semakin banyak konten kreatif yang anda buat dan upload ke channel YouTube anda, maka akan semakin besar anda mendapatkan penghasilan uang dari channel YouTube anda,google adsense tidak memiliki batasan pembayaran untuk penghasilan anda, karena yang menentukan besar kecilnya pembayaran adalah kita sendiri, kunci keberhasilan mendapatkan penghasilan uang yang banyak dari google adsense adalah keunikan, kualitas materi konten video dan jumlah views konten video yang kita unggah ke channel YouTube.

Setelah anda membaca beberapa langkah cara mendapatkan uang dari channel YouTube, mungkin anda dapat pahami dan melakukannya sekarang juga.perlu di ingat semua bisnis membutuhkan waktu, kerja keras dan ketentuan.jika kita melakukan hal-hal tersebut,maka akan tiba waktunya untuk menikmati penghasilan yang tak terbatas.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang "Cara membuat channel di YouTube menggunakan HP Android hingga dapat menghasilkan uang", jika ada masukan dan pertanyaan, dapat anda sampaikan melalui kolom komentar dibawah, apabila tidak berhalangan kami akan merespon komentar anda dengan cepat.

Sekian!

Selamat berkarya & salam sukses.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments