Apa itu Adsense? Penjelasan tentang bisnis google adsense

Apa itu Adsense? Penjelasan tentang bisnis google adsense

Apa itu Google Adsense? Penjelasan tentang bisnis online google adsense terbaru untuk pemula

Adsense adalah? Program kerjasama periklanan melalui media internet yang di selenggarakan oleh google, melalui program periklanan adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya di perbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh google di halaman web mereka, pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang di kenal sebagai sistem Pay Per Click (PPC) atau bayar per klik.-WikiPedia

Apakah google adsense itu gratis?

Bagaimana cara kerja google adsense?

Berpartisipasi menjadi publisher di google adsense "gratis",bahkan adsense lebih baik dari situs-situs pay per click (PPC) yang sejenisnya, google akan benar-benar membayar anda untuk iklan atau pada iklan google yang ditampilkan di situs web atau video YouTube anda.

Cara kerja google adsense

Pada umumnya cara kerja google adsense terbagi menjadi beberapa kategori, yang dimana semuanya terlibat dan beriteraksi dengan google adsense, kategori-kategori tersebut terbagi menjadi 4 bagian seperti;
  • Advertiser atau pengiklan,
  • Penyedia layanan iklan ( Google Adsense ),
  • Publisher,
  • Konsumen.

Info; Jika anda ingin mengetahui lebih dalam tentang "Google Adsense" silahkan baca satu persatu dari 4 bagian yang kami tuliskan di bawah, karena ini dapat membantu Anda berbisnis online tanpa modal, dan dapat memiliki penghasilan 100$ per bulan.

Bagian-1:
Advertiser atau pengiklan.
Advertiser atau pengiklan adalah orang atau kelompok yang ingin mempromosikan/beriklan produk atau perusahaan yang mereka miliki melalui penyedia layanan iklan berbayar di internet dalam hal ini ( Google Adsense).

Para pengiklan akan membayar sejumlah uang kepada google adsense,apabila iklan yang ditentukan oleh advertiser di klik orang atau pengunjung pada layanan atau partner google.(publisher google adsense)

Bagian-2:
Penyedia layanan iklan ( Google Adsense).
Penyedia layanan iklan internet atau google mendesain aplikasi web khusus untuk para pengiklan yang dapat memfasilitasi para pengiklan untuk beriklan di google,ketika pengiklan atau advertiser memutuskan untuk beriklan di google, mereka harus memiliki akun google AdWords seperti yang telah kami tuliskan di atas,dengan begitu mereka sudah dapat menggunakan fasilitas yang tersedia, advertiser atau pengiklan akan membuat jenis iklan sesuai dengan kebutuhan mereka untuk dipromosikan oleh google, dan akan membayar ke penyedia layanan iklan internet (google) dengan biaya yang telah ditetapkan apabila ada pengguna internet yang mengklik iklan yang dibuat oleh advertiser atau pengiklan pada layanan google atau partner (publisher).

Penyedia layanan iklan internet atau google juga mendesain aplikasi web khusus untuk para publisher untuk berpartisipasi dalam program periklanan, jika ada yang berminat menjadi publisher mereka harus membuat akun Google Adsense terlebih dahulu, kemudian mempromosikan iklan yang dibuat oleh advertiser atau pengiklan tersebut, dan jika ada pengguna internet yang mengklik iklan tersebut melalui perantara publisher, maka akan ada komisi dari google untuk publisher tersebut.

Bagian-3: 
Publisher ( Mitra Google Adsense ).
Publisher adalah pihak yang membantu google untuk mempublikasikan atau mempromosikan iklan-iklan para advertiser/pengiklan yang telah dibuat oleh mereka dan disetujui oleh google.

Untuk menjadi seorang publisher google adsense kita dapat memilih antara satu dari dua jenis yang ada, jenis yang pertama adalah publisher google adsense untuk situs web atau blog (blogger), dan jenis yang kedua adalah publisher google adsense untuk video YouTube (YouTubers).

Dari kedua jenis publisher di atas kita harus melewati pendaftaran bersyarat ke google adsense yang telah ditetapkan,jika pendaftaran berhasil diterima maka kita sudah dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki google adsense tersebut, dan mulai mengumpulkan dollar.

Untuk publisher situs web atau blog yang telah memenuhi syarat dan diterima menjadi publisher google adsense,publisher akan diberikan izin untuk memasang kode script iklan adsense pada halaman situs web atau blog yang dimiliki sesuai dengan ketentuan pemasangan iklan yang sudah ditetapkan oleh pihak google adsense,dan untuk publisher video YouTube yang diterima, iklan google adsense akan ditampilkan secara otomatis pada video yang telah diupload ke channel YouTube tanpa memasang kode script iklan seperti publisher google adsense untuk situs web atau blog.

Bagian-4:
Konsumen ( Pengunjung atau visitor ).
Dari catatan siklus sistem google adsense, konsumen adalah salah satu penentu pendapat google adsense, konsumen adalah orang yang tertarik kepada sebuah unit iklan dan melakukan klik untuk melihat secara jelas iklan tersebut, dengan adanya konsumen yang klik dan melihat iklan, maka advertiser atau pengiklan akan dipungut biaya atas proses klik tersebut oleh google adsense,dan publisherpun akan mendapatkan pembagian keuntungan dari pihak google adsense atas proses klik tersebut sesuai dengan biaya yang telah ditetapkan.

Cara pembayaran google adsense

Google Adsense akan membayar publisher nya apabila iklan yang terpasang pada situs web atau video YouTube yang kita miliki mendapatkan klik dari pengunjung atau visitor, google adsense akan membayar dalam bentuk dollar sebesar CPC iklan tersebut, untuk biaya CPC tidak dipublikasikan secara langsung, hanya pihak google adsense dan advertiser atau pengiklan yang paham,pembayaran google tersebut akan dicatat secara otomatis pada rekening virtual google adsense yang kita miliki, ketika jumlah dollar sudah memenuhi ambang pembayaran,biasanya sebesar 100$,maka kita bisa mencairkan uang tersebut melalui western union atau ditransfer langsung dalam bentuk cek ke rekening bank lokal yang kita miliki.





Cara membuat iklan google adsense

Untuk beriklan di google adsense,advertiser harus menggunakan tools khusus yang sudah disediakan oleh pihak google, tools tersebut adalah Google AdWords yang dimana tools ini dapat digunakan apabila melakukan registrasi terlebih dahulu.

Syarat untuk mendaftar pada google AdWords tidaklah sulit, hanya dengan bermodalkan akun google atau email Gmail seorang advertiser sudah bisa memiliki akun AdWords yang siap dijadikan tools untuk beriklan pada google adsense,setelah memiliki akun google AdWords,para pengiklan bisa mengajukan permohonan untuk memasang iklan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada google AdWords tersebut, para pengiklan atau advertiser bisa memilih jenis iklan yang akan mereka pasang dan mereka akan dikenakan biaya beriklan sesuai dengan kesepakatan khusus antara advertiser dengan pihak google adsense.


Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, google adsense juga menyediakan iklan untuk pencarian (adsense for search) dan iklan arahan (referral) Dll.
  • Iklan pencarian (Adsense for search); pada adsense untuk pencarian, pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kontak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang di sertakan pada hasil pencarian.dalam hal ini pemilik situs web atau blog menampilkan mesin pencari Google pada blog yang telah disetujui, komisi akan didapatkan publisher apabila ada pengunjung yang menggunakan mesin pencari Google tersebut lalu dilanjutkan dengan mengklik iklan untuk melanjutkan pencarian.
  • Iklan arahan (Referral); pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara google dengan pemasang iklan tersebut.
  • Iklan adsense untuk konten; ini sama halnya dengan iklan arahan, tetapi kami beranggapan bentuk layanan iklan ini memungkinkan iklan dipasang pada halaman blog,iklan ini biasanya dipromosikan oleh para blogger pada halaman yang mereka inginkan.
  • Iklan adsense untuk video; tipe iklan jenis ini biasanya terpasang pada video YouTube yang kita miliki, iklan akan ditampilkan secara otomatis pada video yang telah kita upload ke channel YouTube yang telah disetujui oleh google adsense untuk menampilkan iklan tersebut.
  • Iklan adsense untuk mobile; ini adalah iklan khusus untuk perangkat seluler yang biasa ditampil pada perangkat seluler.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan, jika dilain waktu kami memiliki kesempatan, kami akan melakukan update artikel dan publikasikan kembali disini.

Sekian!

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments