Apa itu blog? Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

Apa itu blog? Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

Apa itu blog? cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

Apa itu blog? Dan sejarah blog-
Blog adalah aplikasi web.pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat di akses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar ( dimuat dalam posting ) pada setiap halaman website.blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal ( sebagian oleh beberapa penulis ) di buat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali di populerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan pyra labs yang disebar luaskan pada Agustus 1999.karena kepopuleran tersebut,pyra labs akhirnya diakuisisi oleh google pada akhir tahun 2002.semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat open source yang di peruntukan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Fungsi blog
Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam posting.dalam perkembangan sekarang,Blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog.untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.

Tips; Jika anda adalah sebagian dari orang yang sedang mencari referensi tentang blog dan bagaimana caranya menghasilkan uang melalui blog? Baca selengkapnya pada tutorial di bawah.

Jenis-jenis blog
  • Blog politik: tentang berita,politik, aktivitas,dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye)
  • Blog pribadi: di sebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang,keluhan,puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman
  • Blog bertopik:blog yang membahas tentang sesuatu,dan fokus pada bahasa tertentu
  • Blog kesehatan:lebih spesifik tentang kesehatan.blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan tentang kesehatan,dll.
  • Blog sastra: lebih dikenal sebagai litblog (literary blog)
  • Blog perjalanan: fokus pada bahasa cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan perjalanan/traveling.
  • Blog mode:lebih dikenal dengan "fashion blog",isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fashion, liputan pameran mode,dan lain-lain.
  • Blog riset: persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (blog laws)
  • Blog media: berfokus pada bahasa berbagai macam informasi
  • Blog agama: membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam):digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (spam blog)
  • Blog virus (virus):digunakan untuk merusak
  • Blog gaya hidup (lifestyle):berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia Maya.
  • Blog parenting:berisi cerita/tema seputar menjadi orang tua dan pengalaman mengasuh anak.
  • Sumber: Wikipedia.

Baca disini : Cara membuat situs web atau blog gratis di blogspot.com

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

Di jaman sekarang ini mungkin banyak diantara kita yang telah mendengar tentang kesuksesan seseorang dengan berbisnis online, namun masih bingung dengan cara cara yang dilakukan pebisnis online tersebut,untuk yang masih baru atau pemula mungkin telah mencari informasi kesana kemari namun belum juga mendapatkan referensi yang real memberikan petunjuk bagaimana cara mencari uang dari internet yang benar-benar terpercaya, ini dikarenakan banyak sekali situs situs yang menyajikan informasi mengenai segala hal yang berkaitan dengan cara mencari uang di Internet.

Jika Anda kebetulan sangat pemula sekali mengenai cara mencari uang di Internet,anda pasti akan bingung memilih situs atau blog-web mana yang harus anda ikuti  tutorial atau caranya.

Tips;Pada artikel berikut ini kami akan coba memberikan petunjuk yang mudah-mudahan bisa membuka jalan pikiran anda mengenai cara mendapatkan uang dari internet sehingga anda akan memahami apa saja yang harus anda lakukan dan cara seperti apa yang memang terbukti benar bisa menghasilkan uang.

Cara membuat blog hingga menghasilkan uang dari blog

Cara-cara mencari uang dari internet

Cara-cara mendapatkan uang dari internet itu banyak sekali,dan banyak yang memang terbukti benar,namun terkadang untuk seorang pemula atau yang baru di dunia Maya biasanya cara tersebut sulit dipercaya, karena minimnya pengetahuan mengenai dunia internet dan kurangnya pengalaman yang membuat pemula akan kebingungan.

Di artikel kali ini kami akan memperkenalkan beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang terbukti benar-benar membayar yang bisa anda coba, diantaranya sebagai berikut;

1.Google adsense

Media periklanan milik google atau situs PPC tersebut adalah salah satu situs yang sangat populer dan diminati oleh para pemilik blog atau website, hanya dengan mendaftarkan blog atau website ke google adsense dan menempatkan kode iklan pada blog atau website, kita sudah menjadi partner/publisher adsense, dan tentunya akan menerima pembayaran apabila ada pengunjung/visitor yang melihat atau mengklik iklan yang terpasang pada blog atau website yang kita miliki.

Catatan; Blog yang di daftarkan untuk menjadi publisher google adsense bisa blog gratisan seperti, blogspot.com,ataupun blog berbayar seperti blog atau website top level domain ( .com, .net, .co.id, dll ),jika pendaftaran berhasil diterima,blog atau website tersebut sudah bisa digunakan untuk meletakan kode iklan google adsense.

Banyak sekali blogger Indonesia maupun luar negeri yang terbukti sukses meraup ratusan bahkan sampai ribuan dollar per bulan sebagai publisher google adsense hanya dengan menempatkan kode iklan pada blog atau website miliknya yang sudah memiliki banyak pengunjung atau visitor.

Baca disini : Apa itu Adsense? Penjelasan tentang bisnis Google Adsense.

2.YouTube

Media berbagi video milik google yang satu ini merupakan media yang memiliki pengguna terbanyak di dunia sehingga banyak YouTubers yang sukses meraup Dollar dari Vidio yang di share ke akun YouTube mereka.

Info; Untuk menjadi seorang YouTubers,kita harus membuat sebuah channel di YouTube,lalu didaftarkan ke situs PPC Google Adsense, jika channel yang didaftarkan diterima,maka iklan google adsense akan tampil secara otomatis pada video yang kita share ke akun YouTube dan pastinya kita akan menerima pembayaran.

Semakin banyak video original yang kita upload ke channel kita dan banyak pengunjung atau visitor yang menontonnya,maka akan semakin banyak dollar yang akan kita dapatkan.

Untuk menjadi publisher YouTube atau YouTubers sangat mudah diterima jika dibandingkan dengan publisher google adsense untuk blog di atas, dengan kita memiliki beberapa video saja kemungkinan besar channel kita diterima dan sudah dapat menampilkan iklan, ini sama halnya dengan iklan adsense untuk blog namun iklan adsense akan muncul pada vidio kita secara otomatis tanpa harus menempatkan kode iklan google adsense pada video yang kita share.

Baca disini : Cara membuat channel di youtube hingga menghasilkan uang.

3.Jualan online

Salah satu peluang mendapat uang dari internet adalah dengan berjualan online, banyak teknik berjualan online yang bisa dilakukan, bisa berjualan produk sendiri ataupun menjual produk orang lain (dropship).

Berjualan online pada saat sekarang ini terbilang sangat mudah,kita bisa menggunakan blog atau website top level domain pribadi, atau dengan menggunakan market place gratisan, seperti; Facebook market place,olx ,berniaga.com,Kaskus FJB dan market place lainnya.

Untuk berjualan online memang ada trik tersendiri, anda bisa browsing-mencari referensi di mesin pencari Google (om google/Mbah Google) tentang berbagai hal dan cara untuk sukses berjualan online,jika anda sudah mengetahui triknya maka anda bisa menjadi penjual online yang sukses.

4.Menjual Blog atau Website

Membuat blog dan memiliki blog tidak akan membuat usaha kita sia-sia karena memiliki blog dapat menambah pengetahuan kita mengenai hal menulis pada dunia internet maupun di dunia nyata Dan bukan hanya itu saja,blog yang dimiliki bisa dijual dengan harga yang lumayan tinggi.

Catatan;Tinggi rendahnya harga blog akan sangat tergantung seberapa populer blog tersebut.

Membuat blog untuk dijual membutuhkan kerja ekstra keras, setidaknya kita harus memahami teknik promosi dan juga mengenal tentang SEO (search engine optimisation) atau segala upaya agar artikel blog yang dimiliki mudah ditemui di hasil pencarian mesin pencari Google (om google/Mbah Google).

Info;jika anda telah menguasai teknik atau cara-cara yang kami maksudkan di atas, maka blog anda dapat mendatangkan banyak pengunjung atau visitor,itu berarti blog anda dapat dijual sesuai harga kepopuleran blog tersebut.

5.Menjadi affiliate marketer

Affiliate marketer semacam makelar atau yang menjembatani antara pemilik produk/barang dengan si pembeli, dengan kita menjadi affiliate marketer pembeli bisa menemukan barang yang dicari melalui perantara kita.

Untuk menjadi affiliate marketer seseorang harus menyiapkan atau membuat blog dengan topik yang sesuai dengan barang yang akan dipromosikan, membuat blog seperti yang kami maksudkan adalah, agar kita dapat mempromosikan produk dari situs-situs pemilik produk pada blog yang kita buat, jika ada pengunjung atau visitor blog anda mengunjungi situs-situs pemilik produk melalui blog yang dimiliki dan melakukan transaksi pembelian maka kita akan mendapatkan komisi dari situs-situs pemilik produk tersebut.

Di dunia internet jaman sekarang ini apapun dapat dilakukan agar mendapatkan uang dari internet, banyak sekali situs-situs yang membuka lowongan kerja sama (affiliate marketer ) kepada para blogger, beberapa diantaranya adalah amazon.com,dan juga lazada.com, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik menjadi affiliate marketer,anda dapat menentukan sendiri situs-situs yang paling diminati untuk mempromosikan produk mereka pada blog atau website yang anda miliki.

6.Membuka jasa pemasangan iklan

Membuka jasa pemasangan iklan di blog atau website yang dimiliki memang salah satu peluang mendapatkan uang dari internet, dengan kita membuat sebuah kotak iklan yang siap di pasangi iklan pada blog,kita sudah dapat menarik perhatian para pemasang iklan,para pemasangan iklan tersebut berani membayar mahal apabila blog atau website yang dimiliki benar-benar populer atau ramai dikunjungi.

Harga pemasangan iklan biasanya berfariasi tergantung jenis,ukuran dan tempat meletakkan iklan, semakin mudah kelihatan posisi iklan maka semakin mahal harganya,dan semakin besar jenis iklan maka semakin mahal pula iklan tersebut.

Untuk mencapai hal yang dimaksud syarat utama adalah anda harus memiliki blog atau website yang sudah cukup terkenal,dan jumlah visitor atau pengunjungpun sudah berlimpah.

7.Menjadi penulis konten atau artikel

Apakah Anda pandai menulis artikel?, kemampuan itu bisa  mendatangkan uang dari internet, salah satunya menjadi penulis konten pada situs-situs yang membayar kita apabila konten yang kita tulis diterbitkan oleh pemilik situs-situs tersebut.

Besar kecilnya harga per artikel dilihat dari kualitas konten beserta jumlah kata dalam artikel tersebut, semakin banyak kata dalam artikel yang kita buat maka akan semakin besar pula bayaran yang akan kita terima.

Mungkin itu saja alternatif yang dapat kami sampaikan untuk mendapatkan uang dari internet, sebenarnya masih banyak lagi cara-cara menghasilkan uang dari internet yang dapat anda lakukan, ini semuanya tergantung seberapa giatnya anda mencari informasi pada mesin pencari Google (om google/mbah google).

Dari beberapa cara di atas,sekarang cara manakah yang akan anda pilih?

Untuk memiliki penghasilan dari internet memang membutuhkan waktu, kerja keras dan ketekunan,jika anda mampu bertahan dengan berbagai kendala maka cara yang anda pilih kemungkinan besar bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang banyak.

Setiap orang akan menemukan cara yang memang dianggap sangat menguntungkan, cara tersebut pasti akan dianggap cara terbaik,namun menurut pemahaman kami cara-cara menghasilkan uang dari internet yang lebih kami sukai adalah "Google Adsense", alasannya banyak orang yang sudah membuktikan diri menjadi publisher google adsense yang bisa sukses dengan meraup ratusan bahkan ribuan dollar dari internet.

Memulai!
Setelah anda membaca artikel di atas dan tertarik mencoba berbisnis online,baca tutorial lanjutan dibawah ini tentang beberapa hal yang cocok untuk memulai bisnis online untuk pemula tanpa mengeluarkan biaya.

Cara-cara tersebut jika dibilang sangat mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, berikut ini adalah cara-cara yang kami rekomendasikan untuk anda.
  • Menjadi publisher google adsense untuk blog atau website; menjadi publisher google adsense sangatlah mudah, anda dapat membuat blog terlebih dahulu,untuk tahap awal buatlah blog gratisan di blogspot.com karena selain gratis blogspot.com juga berpotensi bisa dimonetisasi dan mudah di terima menjadi publisher google adsense,selanjutnya tentukan topik blog yang ingin anda bahas,isi blog anda dengan artikel original secara konsisten dan jaring pengunjung atau visitor ke blog anda,semakin banyak pengunjung atau blog dalam keadaan ramai itu berarti blog anda berpeluang diterima, setelah semua sudah dilakukan seperti contoh tutorial di atas maka saatnya daftarkan blog tersebut ke situs PPC Google Adsense.
  • Menjadi publisher google adsense untuk YouTube; jika anda ingin menjadi YouTubers silahkan anda buat akun YouTube menggunakan email Gmail Anda, upload video hasil buatan anda sendiri sebanyak-banyaknya,kemudian monetisasi video anda,tugas anda berikut nya adalah terus meng-upload video dan tinggal menunggu dollar yang akan anda dapatkan, semakin banyak video yang anda upload anda berpeluang mendapatkan dollar yang lebih baik. 
Intinya didalam melakukan hal yang kami maksudkan di atas tidaklah gampang dan tidak ada yang instan, semuanya butuh proses.


Jika Anda sudah terjun di bisnis online apapun,dan cara yang anda pilih untuk menghasilkan uang dari Internet, anda akan menemukan banyak kendala atau juga trik yang menurut anda dianggap sesuai. segala hal yang terjadi selama anda menjalani bisnis online,sebaiknya terus belajar dan jadikan setiap kendala adalah sebuah pelajaran yang sangat berharga untuk anda temukan solusinya, semakin banyak kendala yang sukses anda atasi maka anda akan semakin berpengalaman dan profesional menjalani bisnis online.

Sekian!

Apabila ada yang kurang anda mengerti,anda dapat menyampaikan melalui kolom komentar dibawah, jika kami tidak berhalangan,maka kami akan merespon komentar anda dengan cepat.

Semoga bermanfaat.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments