Cara membuat situs web atau blog (website) di hp android

Cara membuat situs web atau blog (website) di hp android

Cara Membuat situs web atau blog ( website) di HP Android atau cara membuat blog pribadi di hp android terbaru (untuk pemula).

Cara Membuat Blog di HP pada saat ini terbilang sangatlah mudah,karena Tuthorial cara membuat blog di HP atau cara membuat blog pribadi di hp android terbaru (untuk pemula) sudah banyak beredar di internet jaman sekarang ini dari situs populer sampai ke situs pemula semuanya menyediakan tutorial cara membuat blog di HP, dan ada beragam penyajian yang dapat digunakan dari cara membuat blog pribadi secara gratis sampai ke berbayar,yang perlu diketahui Cara Membuat Blog di HP tidaklah sulit yang terpenting dalam hal membuat blog adalah mengetahui langkah-langkah atau caranya saja,apalagi saat ini sudah banyak sekali situs-situs yang menyediakan layanan,membuat blog secara Gratis yang dapat digunakan sebagai media membuat blog dengan sangat mudah dan cepat.

Media internet telah membuktikan bahwah di jaman sekarang ini banyak orang yang mengambil pilihan untuk membuat blog pribadi ataupun publik dikarena pengguna internet semakin hari semakin bertambah dengan cepat,sehingga para webmaster berlomba-lomba untuk membuat blog dan menghasilkan uang dari blog mereka,oleh karena itu kamipun menulis artikel tentang Cara Membuat Blog di HP atau cara membuat blog pribadi di hp android terbaru (untuk pemula).Sebenarnya banyak sekali situs-situs yang menyediakan untuk membuat blog Gratis seperti:wordpress,joomla, Tumblr dan masih banyak situs-situs penyedia lainnya,tetapi tuthorial di bawah kami menulis Cara Membuat Blog menggunakan situs blogspot.com karena situs ini paling populer dan memiliki banyak pengunanya di antara situs penyedia layanan membuat blog Gratis yang kami sebutkan di atas.

Yang membuat kami inginkan anda membuat blog menggunakan situs blogspot.com untuk dijadikan pilihan dalam membuat blog di HP dikarenakan blogspot. com adalah situs penyedia membuat blog satu-satunya milik raksasa internet google,ini sangat berpengaru dalam mengelola blog dan dapat membantu anda mengembangkan blog lebih profesional dan fitur yang dimiliki sangatlah mudah untuk di pahami.

Cara Membuat blog di HP Android terbaru gratis (untuk pemula).

Meskipun cara membuat blog menggunakan situs blogspot. com sangatlah mudah dan gratis, namun tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak orang yang belum paham betul dengan langkah-langkah dasar membuat blog gratis ini,(untuk pemula) yang baru mengenal dunia internet mereka mungkin akan sedikit kebingungan,ini dikarenakan pengguna tidak memiliki pengetahuan dasar tentang website,yang menyebabkan tidak tau bagaimana Cara Membuat Blog sendiri dan juga bagaimana dan darimana harus memulainya adalah minimnya dalam hal membaca dan mencaritau langkah-langkah awal membuat blog melalui mesin pencari google (search engine optimization -SEO).

Untuk memenuhi semuanya yang kami jelaskan di atas,kami telah mengumpulkan berbagai langkah-langkah awal Cara Membuat Blog di HP atau cara membuat blog pribadi di HP Android terbaru (untuk pemula) yang dapat dipelajari.

Catatan:Cara ini menggunakan ponsel seluler berbasis android lollipop 5.1,tetapi anda dapat menggunakan desktop,ini tidak berpengaruh dalam Cara Membuat Blog di blogger.com dikarenakan blogspot.com telah mendesain dengan sangat teliti untuk selalu fleksibel di semua jenis perangkat modern.

Cara membuat blog pribadi di HP Android terbaru.

Berikut adalah tuthorial cara membuat blog di blogspot.com yang bisa anda ikuti:
  1. Anda wajib memiliki perangkat yang dapat terkoneksi ke jaringan internet dan telah memiliki akun google (email gmail) serta telah memasang aplikasi gmail dan aplikasi google crome,ini adalah hal yang wajib jika ingin membuat blog pribadi di blogspot.com lewat hp android dan berpenghasilan di internet. Jika anda belum memiliki Email (GMAIL) Akun Google,dapat anda baca disini cara membuat akun google atau anda dapat membuatnya melalui aplikasi gmail miliknya google.
  2. Catatan:untuk mendaftarkan ke www.blogger.com email yang harus anda gunakan adalah email gmail (akun google).
  3. Jika anda sudah memiliki atau melengkapi ke-3 persyaratan di atas,silakan anda membuka aplikasi google crome dan ketik www.blogger.com pada mesin pencari google dan lakukan pencarian.
  4. Apabila semua di lakukan dengan benar maka akan terbuka  halaman utama blogger (Buat Blog), silakan anda sentuh "Buat Blog".lihat contoh gambar di bawah ini:
  5. Dengan menyentuh "Buat Blog" maka akan terbuka tab baru halaman utama membuat blog gratis di blogspot.com seperti contoh gambar dibawah ini:
  6. Di tahab ini anda sudah dapat memulai cara membuat blog pribadi,silakan anda sentuh tombol oranye yang telah di berikan tanda seperti yang terlihat pada gambar di atas,setelah anda menyentuh sesuai arahan maka akan terbuka tampilan seperti gambar di bawah ini:
Sesuai tampilan gambar di atas,untuk memulai membuat blog di www.blogger.com anda harus melengkapi data-data sebagai berikut:
  • Judul,isi dengan judul blog yang anda inginkan,silakan sesuaikan dengan topik blog yang akan anda buat.
  • Alamat,isi dengan alamat sesuai dengan judul blog yang anda buat, alamat blog gratis anda akan berakhir dengan .blogspot.com, jika terdapat gambar peringatan ikon tanda seru berwarna kuning dan ada tertulis " maaf alamat blog ini tidak tersedia" yang letaknya dibawah kotak alamat sudut kanan bawah itu tandanya alamat blog yang anda masukan sudah ada yang menggunakan, anda harus memasukan ulang alamat blog yang berbeda hingga alamat tersedia,lakukan hal ini sampai benar-benar berubah ikon tanda seru kuning menjadi ikon tanda kruis biru yang menandakan alamat blog tersedia. Untuk lebih jelas lihat contoh gambar alamat blog gratis tersedia pada gambar di atas.
  • Template,pilih atau sentuh template untuk mendapatkan tampilan blog anda, pilihlah sesuai dengan selera yang anda suka.setelah semuanya telah anda kerjakan dengan benar,selanjutnya sentuh tombol oranye "Buat Blog" pada dasar formulir pendaftaran yang telah di berikan tanda agar blog gratis yang anda buat di blogspot.com dapat aktif untuk digunakan.jika semuanya dilakukan dengan benar maka judul blog gratis yang anda tentukan tadi akan muncul di halaman utama atau dasbord akun blog anda seperti contoh gambar di bawah ini:
  • Keterangan gambar: kotak hitam adalah judul blog, lingkaran merah adalah ikon tanda x untuk menutup pemberitahuan apabila anda sudah membaca dan memahami pemberitahuan tersebut.
Setelah anda sampai di tahab ini seperti contoh gambar di atas itu berarti anda sudah berhasil membuat blog sendiri menggunakan www.blogger.com,langkah selanjutnya adalah mengelola blog anda tersebut agar bermanfaat di hari-hari mendatang.

Ada 2 type mengelola blog pada situs www.blogger.com yang harus anda ketahui.
  1. Type blog pribadi,ini adalah blog yang akan dilihat oleh pemilik blog itu sendiri tanpa terlihat oleh pembaca publik,tetapi blog type ini juga dapat mengundang pembaca untuk membaca artikel atau konten yang dibuat oleh pemilik blog type ini.
  2. Type blog publik, blog type ini yang sering digunakan oleh pemilik blog yang ingin artikel atau konten yang dibuatnya di lihat oleh semua pengguna internet (publik),dalam mengelola blog type ini pemilik blog di wajibkan mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

Tips;
Agar blog gratis anda dapat menarik banyak pengunjung anda harus mengelola blog anda dengan baik,salah satuhnya adalah anda wajib membuat artikel atau konten sebanyak-banyaknya.


Mengelola blog bukanlah hal yang rumit yang terpenting adalah anda mengetahui fungsi dari setiap fitur yang telah di sediakan oleh situs blogger.com,fitur administrasi meliputi "entri baru" dan sebagainya,untuk memudahkan anda dalam pengenalan fitur-fitur tersebut anda dapat masuk ke halaman utama atau dasbord dari situs blogger.com dan mulai mempelajarinya.untuk hal ini kamipun telah membuat tuthorial untuk membantu anda mempelajarinya, anda dapat melihat contoh gambar dibawah ini serta penjelasannya:


Pengenalan fitur-fitur administrasi pada situs www.blogger.com.
Pada halaman utama administrasi blog, Anda akan menemukan tombol entri baru, judul dan lihat blog serta daftar fitur yang lainnya yang dapat digunakan untuk mengelola blog Anda, ini adalah fungsi dari masing-masing fitur tersebut:
  1. Judul Blog, fitur ini merupakan alat apabila anda ingin membuat blog gratis yang baru menggunakan satu akun google, dengan memanfaatkan fitur ini Anda dapat dengan cepat mengelola berbagai macam jenis blog yang anda buat di suatu tempat.
  2. Lihat Blog, fitur berfungsi untuk melihat tampilan yang akan anda sajikan di pengunjung seperti tampilan template blog, tampilan widget halaman, tampilan artikel atau konten dan masih banyak hal yang dapat Anda gunakan dengan fitur ini.
  3. Postingan, fitur ini digunakan untuk melihat daftar artikel atau konten yang sudah Anda buat,baik yang sudah di publikasikan atau artikel yang anda simpan sebagai daftar (artikel yang belum seutuhnya sempurna dan ingin anda edit di waktu mendatang).
  4. Statistik, fitur berfungsi sebagai alat untuk melihat alur pengunjung dari berbagai hal seperti, jumlah page view, pengikut blog Anda dan lain sebagainya.
  5. Komentar, fitur ini digunakan untuk mengelola komentar dari pengunjung blog, melalui fitur ini Anda dapat hapus, publikasikan atau memindahkan ke folder spam setiap komentar yang masuk.
  6. Kampanye, fitur ini merupakan fasilitas yang berbayar apabila anda ingin mengiklankan atau promosikan blog Anda, dengan memanfaatkan fitur ini Anda sudah menjalin kerja sama dengan www.google.com.ini adalah praktik terbaik untuk meningkatkan keberadaan blog gratis Anda pada mesin pencari Google.
  7. Laman, ini merupakan fitur yang sering digunakan webmaster untuk membuat halaman statis tentang privasi, about me, disclaimer dan lain sebagainya.
  8. Tata Letak, fitur untuk mengatur tampilan widget halaman blog Anda, fasilitas ini digunakan sebagai alat yang dapat membuat blog Anda terlihat menarik di mata pengunjung.
  9. Tema,fitur ini merupakan salah satu kunci memulai mengelola blog gratis Anda, tema memiliki beragam fitur di dalamnya seperti mengatur layout tata letak, menggantikan template sesuai keinginan, menambahkan widget pada template melalui edit "HTML", merubah warna tulisan, menggantikan jenis tulisan dan masih banyak lagi manfaat yang dapat Anda gunakan dengan fitur tersebut.
  10. Setelan, fitur ini berfungsi untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan konfigurasi alamat blog anda seperti keamanan blog, menggantikan judul blog, menggantikan blogspot.com menjadi top level domain (TLD) dan merubah tipe blog publik ke tipe blog pribadi-khusus penulis blog.
  11. Daftar Bacaan, ini dapat mempermudah anda untuk membaca artikel yang berkualitas dari situs-situs yang anda ikuti.
  12. Bantuan, fitur ini sangat penting untuk digunakan karena segala hal dalam mengelola blog disajikan di fitur ini, dengan Anda sering menggunakan fitur ini maka Anda akan lebih cepat memahami dalam hal mengelola blog anda.
  13. Entri Baru, tombol tersebut digunakan untuk membuka artikel editor, ini sebagai salah satu fasilitas umum untuk membuat konten atau artikel pada blog, jadi untuk membuat konten atau artikel,anda sentuh pada tombol tersebut maka akan terbuka tab baru halaman editor yang siap anda isi dengan artikel blog Anda.
Cara membuat artikel blog untuk di publikasikan.
Setelah Anda memahami cara membuat blog gratis dan fungsi-fungsi dari fitur menu,kini saatnya membuat artikel pertama untuk dipublikasikan.

Perlu diketahui membuat artikel blog adalah aktivitas wajib bagi seorang blogger agar blognya mendapatkan pengunjung dan pada akhirnya blog yang anda miliki bisa dimonetisasi (membuat blog bisa menghasilkan uang), semakin banyak artikel yang anda buat itu berarti semakin besar peluang untuk anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat artikel atau konten pada blog:

  • Pastikan perangkat Anda telah terhubung ke jaringan internet dan telah memiliki aplikasi google crome pada perangkat Anda.
  • Silahkan anda masuk ke akun blogger anda melalui aplikasi google crome atau ketik www.blogger.com pada mesin pencari yang berada di aplikasi google crome dan lakukan pencarian kemudian sentuh sign in dan masukkan email Gmail (akun google) serta password-nya.
  • Tab baru yang terbuka adalah dasboard dari situs blogger, selanjutnya sentuh atau menemukan tombol oranye entri baru maka akan terbuka editor text.lihat contoh gambar dibawah ini:
Untuk memahami cara membuat artikel ada berbagai jenis bagian yang harus diperhatikan seperti contoh gambar di atas yang telah di tandai, bagian-bagian tersebut adalah bagian yang di anggap paling penting dan sering digunakan ketika membuat artikel, untuk lebih jelasnya anda dapat membaca keterangannya sebagai berikut:
  1. Judul artikel, silahkan anda masukkan judul artikel yang ingin anda tulis.
  2. Jenis text, Anda dapat memilih jenis text heading untuk judul,sub heading untuk sub judul,minor heading untuk sub-sub judul dan normal untuk text normal.
  3. Membuat link,link adalah tulisan yang bisa di sentuh pada artikel, jika disentuh maka akan dibawakan ke halaman yang ditujukan,link pada umumnya memiliki garis bawah dan berwarna biru, untuk membuat link anda harus memblok terlebih dahulu text yang ingin dijadikan link, kemudian tekan tombol link dan masukkan alamat URL yang ingin dituju pada tab baru yang terbuka.
  4. Memasukkan gambar, terkadang dalam artikel yang dibuat mewajibkan untuk menyisipkan gambar, untuk keperluan tersebut Anda menyentuh tombol gambar dan Anda akan di minta meng-upload gambar dari perangkat untuk memasukkan ke artikel yang sedang anda buat.
  5. Edit kategori/label, fitur ini digunakan untuk memasukkan kategori dari artikel anda silahkan sesuaikan apapun kategori bisa anda masukkan, untuk memasukkan kategori Anda sentuh fitur bertuliskan link tersebut.
  6. Edit URL/link, URL atau link sebenarnya tanpa di edit URL sudah dibuat secara otomatis, namun bisa di rubah dengan menekan fitur bertuliskan link tersebut dan kita masukkan alamat URL yang kita inginkan untuk artikel tersebut, yang perlu diperhatikan dalam menulis URL adalah jangan menggunakan spasi pada penulisan.
Setelah Anda memahami fitur-fitur yang sering digunakan, Anda bisa menulis artikel pada halaman kosong yang telah disediakan tersebut (text editor) dan selanjutnya sentuh tombol oranye "publikasi" untuk di lihat oleh publik atau tombol "simpan" untuk dijadikan daftar yang akan di edit nantinya.

Baca juga:cara daftar blog atau website ke google Analytics.

Demikian tutorial cara membuat blog di HP atau cara membuat blog pribadi di HP Android terbaru (untuk pemula) dan mengelolanya, kami akan selalu berupaya untuk update artikel ini,dan akan kami publikasikan di sini.semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments