Cara mudah optimasi SEO YouTube lengkap terbaru

Cara mudah optimasi SEO YouTube lengkap terbaru

Cara mudah optimasi SEO terbaru untuk channel-video YouTube, tutorial teknik atau trik lengkap

Optimasi SEO untuk video YouTube terbaru (cara SEO YouTube 2018), trik SEO YouTube sudah banyak beredar di internet pada saat ini, tutorial dengan berbagai macam cara teknik atau trik telah ditulis di internet agar dapat diikuti dan diterapkan pada channel-video YouTube yang dimiliki,tetapi masih banyak diantara kita yang belum paham bagaimana cara menerapkan hal tersebut.

Apa itu trik SEO YouTube?

Trik SEO YouTube adalah suatu upaya yang dilakukan oleh pemilik channel di YouTube agar channel yang dimiliki mudah ditemukan pada mesin pencari YouTube.

Khusus pemula! "cara optimasi SEO YouTube" untuk tujuan promosi bisnis online yang sedang di kerjakan dapat membuahkan hasil, anda dapat membaca tutorial yang kami tuliskan di bawah, tutorial tersebut kami menjelaskan atau kupas tuntas panduan lengkap trik SEO YouTube yang kami rangkum dari pakar-pakar SEO ternama yang telah membuktikan sendiri manfaat dari hasil penerapan teknik atau trik SEO YouTube tersebut.

Membuat video YouTube mudah ditemukan di hasil pencarian

Optimasi SEO YouTube atau cara mengoptimalkan channel YouTube yang kami jelaskan ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan, anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal atau tahapan dalam menjalankan bisnis online melalui channel YouTube yang anda miliki,hal- hal yang kami maksudkan sebagai berikut:
  • Membuat channel-video YouTube yang memiliki relevansi dengan video yang akan di-upload (optimasi SEO channel-video YouTube).
  • Melakukan riset keyword atau mencari kata kunci untuk video yang akan di-upload ke channel YouTube.
  • Buat video yang menarik+original, berdurasi panjang, menggunakan gambar yang berkualitas (HD), dan topik atau Niche video memiliki relevansi dengan nama channel-video YouTube.
  • Beri nama file video dengan keyword atau kata kunci yang di target.
  • Letakkan keyword atau kata kunci di awal judul video.
  • Masukkan keyword atau kata kunci di dalam deskripsi video.
  • Gunakan keyword atau kata kunci di dalam tag video.
  • Share dan promosikan channel-video YouTube.
Bagi anda yang sudah mengerti cara-cara yang kami tuliskan di atas, mungkin tidak berguna lagi tutorial optimasi SEO untuk mendukung channel-video YouTube agar mendapatkan penonton yang banyak,namun! Bagaimana jika anda masih baru? (pemula).

Tips: Khusus untuk pemula,mungkin anda harus membaca tahap demi tahap pada tutorial yang kami tuliskan ini, agar channel-video YouTube anda mudah ditemukan pada mesin pencari YouTube.

Optimasi SEO video YouTube agar mudah ditemukan pada mesin pencari situs YouTube sama persis dengan optimasi SEO artikel pada situs web atau blog pada mesin pencari Google karena kedua mesin pencari tersebut masih memiliki relevansi.

Info: Pada jaman sekarang ini mesin pencari YouTube mampu bersaing dengan mesin pencari raksasa google, hal inilah yang membuat banyak para blogger (webmaster) merubah haluan menjadi publisher YouTube (YouTubers), karena YouTube memiliki peluang yang sama yaitu mendapatkan penghasilan tambahan dari google adsense.

Namun, bagaimana cara optimasi SEO untuk video YouTube terbaru?

7 Cara optimasi SEO untuk video YouTube lengkap


#1.Membuat channel-video YouTube yang memiliki relevansi dengan video yang akan di-upload ( optimasi SEO channel-video YouTube )

Langkah yang harus dilakukan agar optimasi SEO YouTube berjalan sempurna adalah anda harus membuat channel YouTube dengan nama channel yang memiliki relevansi dengan video yang nantinya di-upload ke channel tersebut, contoh-1: nama channel YouTube "optimasi SEO YouTube", maka video yang di-upload adalah video tutorial tentang "cara optimasi SEO YouTube".contoh-2: nama channel "Bikin Ketawa", maka video yang di-upload adalah "video lucu" yang bisa buat orang yang menontonnya ketawa.

Baca disini: Cara membuat channel YouTube hingga menghasilkan uang.

Selanjutnya tulis  deskripsi channel YouTube anda dengan melibatkan keyword atau kata kunci yang relevan dengan nama channel dan video  yang akan di-upload ke YouTube.

#2.Melakukan riset keyword atau mencari kata kunci untuk video yang akan di-upload ke channel YouTube

Pentingnya riset keyword adalah untuk mengetahui keyword atau kata kunci seperti apa yang sedang populer dan banyak di cari saat ini.

Dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat channel atau video dapat memberikan dampak positif, yang mungkin akan dirasakan di kemudian hari.

Riset keyword atau mencari kata kunci populer adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membuat channel dan membuat video, riset keyword tersebut dapat dilakukan menggunakan tools "keyword planner" yang tersedia pada situs google AdWords, situs google trend ataupun dapat menggunakan keyword tools gratis lainnya.

Catatan: Apapun langkah yang ditempuh sebenarnya tidak ada yang salah, tetapi yang anda harus perhatikan adalah bagaimana caranya agar kata kunci yang dilibatkan untuk nama channel dan deskripsi channel, judul video dan deskripsi video, nama file video, dan tag video memiliki relevansi serta mempunyai peringkat pencarian yang cukup tinggi pada mesin pencari YouTube dan juga mesin pencari google.

#3.Buat video menarik+original, berdurasi panjang, menggunakan gambar yang berkualitas (HD), dan topik atau Niche video memiliki relevansi dengan nama channel YouTube

Untuk mendapatkan penonton yang banyak pada video yang akan di-upload ke YouTube, video tersebut harus menarik+original karena jenis video seperti yang dimaksud memiliki tingkat review yang sangat tinggi, robot atau spider google akan lebih memprioritaskan video tersebut untuk dirayapi dan ditampilkan pada hasil pencarian terbaik, dengan begitu video tersebut akan dilihat atau ditonton oleh seluruh pemirsa YouTube.

Video menarik+original memang sudah terbukti kepopuleran nya, tetapi akan sangat mendukung lagi jika anda membuat video tersebut memiliki durasi yang panjang berkisaran 5 sampai 10 menit atau lebihpun lebih baik, karena YouTube adalah situs bisnis online yang lebih memprioritaskan video berdurasi panjang untuk menerapkan bisnis mereka, seperti menampilkan iklan "google adsense" diawal video dan di menit ke 10 ke atas.

Menggunakan gambar berkualitas (HD) juga salah satu faktor rangking di hasil pencarian YouTube,tak jarang channel yang memiliki gambar berkualitas (HD) ditampilkan pada halaman pertama pencarian YouTube, topik atau Niche video YouTube yang anda buatpun harus sesuai dengan judul dan gambar yang digunakan, dengan begitu pemirsa YouTube yang menonton video anda akan menghabiskan waktu nya di channel YouTube anda tanpa harus repot-repot mencari video atau channel YouTube yang serupa.

Tips: Hindari membuat video yang menipu pengunjung channel YouTube dengan membuat judul serta menampilkan gambar yang tidak sesuai dengan topik atau Niche video yang ditonton.

#4.Beri nama file video dengan keyword atau kata kunci, dan gunakan kata kunci di awal judul video

Setelah riset keyword, anda membuat video nya terlebih dahulu, kemudian berikan atau gantikan nama file video tersebut dengan keyword atau kata kunci populer yang ditargetkan, contoh: keyword atau kata kunci populer yang ditargetkan "optimasi SEO YouTube terbaru", maka ganti nama file video default "VID1234567.mp4" dengan kata kunci populer yang ditargetkan menjadi ( optimasi SEO YouTube terbaru.mp4 ). dan gunakan juga kata kunci populer tersebut di awal judul video.

Info: Dengan menggunakan keyword atau kata kunci di dalam nama file video dan judul video,itu berarti kita memberikan sinyal kepada robot atau spider google untuk merayapi isi video yang di upload ke channel YouTube kita. 

#5.Masukan keyword atau kata kunci didalam deskripsi video

Pada langkah ini seringkali diabaikan oleh para publisher YouTube yang masih baru (pemula), kolom deskripsi video yang disediakan terkadang tidak diisi sehingga robot atau spider google setelah merayapi video tidak dapat menguraikan topik atau Niche video tersebut dan all hasil video tersebut diabaikan atau tidak menempati posisi terbaik dalam pencarian YouTube.

Untuk mengurangi hal yang dimaksud, kita sebagai publisher diwajibkan mengisi atau menulis deskripsi video yang diupload ke situs YouTube, dengan menuliskan deskripsi video berarti kita telah menjelaskan dan menggambarkan apa isi dari video tersebut secara singkat dan informatif kepada para pemirsa YouTube serta mesin pencari (robot atau spider google).

Dalam Kewajiban inilah yang sering digunakan/dimanfaatkan oleh para pakar SEO YouTube untuk menyisipkan kepingan-kepingan keyword atau kata kunci didalam menuliskan deskripsi video.

Tips: Jika anda juga ingin menyisipkan keyword atau kata kunci yang anda targetkan, sebaiknya lakukan sewajarnya saja antara 2 atau 3 kepingan saja dan jangan sampai menumpuk kata kunci di satu baris atau paragraf, karena itu bisa dianggap "spamer".

#6.Gunakan keyword atau kata kunci didalam Tag video

Optimasi video YouTube juga dapat dilakukan melalui penambahan atau memasukkan Tag yang sesuai dengan keyword atau kata kunci yang ditargetkan, Tag yang dimasukkan akan digenerate oleh YouTube menjadi keyword atau kata kunci untuk video tersebut, untuk pencarian YouTube Tag sangat penting sekali untuk meningkatkan relevansi video YouTube anda dengan video orang lain, sebaiknya setelah video selesai di-upload dan sebelum anda publikasi jangan lupa masukkan Tag sesuai keyword atau kata kunci populer yang di targetkan.

Tips: Jika keyword atau kata kunci populer yang ditargetkan lebih dari satu pisakan dengan koma.

Dalam memasukkan Tag yang baik dan tepat dapat menguntungkan bagi anda, diantaranya adalah video anda akan muncul di sidebar situs YouTube ketika ada video lain yang ditonton menggunakan Tag sama persis dengan video anda.

#7.Share dan Promosikan channel video YouTube

Setelah menerapkan "Optimasi SEO YouTube" seperti yang telah kami jelaskan di atas, anda dapat mempromosikan video agar video dapat lebih banyak dikenal atau diketahui pemirsa YouTube.

Salah satu cara yang paling popular adalah mempromosikan video melalui situs sosial media, seperti: google+,Twitter, Facebook, Instragram (IG), sosial bookmarking, ataupun mempromosikan melalui forum diskusi populer.

Dengan anda konsisten mempromosikan video anda, maka dengan berjalannya waktu video YouTube anda akan mendapatkan banyak kunjungan melalui backlink yang telah anda share atau promosi melalui situs-situs yang telah kami tuliskan di atas.

Hal terpenting Sebelum mempromosikan video sebaiknya perhatikan terlebih dahulu Tingkat reputasi channel, channel yang terbilang bagus adalah channel yang memiliki tingkat relevansi tinggi antara satu video dengan video lainnya, karena channel video YouTube tersebut dapat memberikan nilai plus bagi pengunjung anda, subscribe, viewer, serta klik akan didapat dengan mudah jika apa yang pengunjung cari sesuai dengan minat mereka, situs YouTube juga akan memberikan layanan khusus pada channel seperti yang kami maksudkan dan dapat menempatkan channel tersebut di halaman utama YouTube sebagai channel penghias dengan kategori channel terpopuler ( "Populer on YouTube" ).

Tingkat popularitas sebuah channel YouTube hingga mudah ditemukan pada mesin pencari YouTube, semuanya itu tergantung keyword atau kata kunci yang anda riset serta cara melibatkan teknik-trik SEO.

Kualitas dan originalitas video juga menjadi tolak ukur untuk dapat ditampilkan pada halaman pertama mesin pencari YouTube, konsisten menerbitkan video dan juga meningkatkan peranan backlink pada situs-situs media sosial dan lainnya adalah langkah yang dapat membantu mendongkrak popularitas video anda.

Dengan anda melakukan optimasi SEO yang baik dan benar, maka channel anda akan diapresiasi oleh YouTube sehingga dapat ditampilkan pada halaman terbaik, dan pastinya channel anda pun akan kebanjiran pengunjung yang bermanfaat bagi penghasilan bisnis online anda.

Mungkin Itu saja tutorial tentang "cara optimasi SEO YouTube" yang dapat kami sampaikan, jika di lain waktu kami memiliki kesempatan, kami akan melakukan update artikel dan publikasi kembali disini.

Sekian!

Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi "optimasi SEO YouTube".

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments