Cara riset kata kunci ( keyword ) video YouTube lengkap+terbaru yang telah terbukti menurut pakar SEO

Cara riset kata kunci ( keyword ) video YouTube lengkap+terbaru yang telah terbukti menurut pakar SEO

Cara riset kata kunci ( keyword ) video YouTube khusus pemula lengkap dan terbaru

Teknik riset kata kunci ( keyword ) video YouTube adalah suatu upaya yang sering dilakukan oleh seorang YouTubers agar video yang di-upload ke situs YouTube dapat dengan mudah ditemukan pada mesin pencarian YouTube dan mesin pencarian google.

Namun,Apa itu riset keyword video YouTube?

Riset keyword video YouTube dan mencari "kata kunci YouTube", sama halnya dengan "cara mengetahui keyword YouTube" atau melihat "kata kunci rahasia YouTube" ter-populer yang paling banyak dicari pemirsa YouTube di mesin pencari YouTube.

Apa itu Perbedaan riset keyword atau riset kata kunci dan cara melakukan optimasi SEO video YouTube?

Riset keyword atau riset kata kunci tidak memiliki perbedaan dengan "cara melakukan optimasi SEO video YouTube", kedua topik tersebut tujuannya sama adalah mencari kata kunci untuk ide judul video, deskripsi video dan juga tag video YouTube yang memiliki tingkat pencarian tinggi namun sangat minim pesaing. Ini adalah satu topik "teknik riset kata kunci atau optimasi SEO" video YouTube agar video memiliki peluang yang sangat baik untuk lebih mudah ditemukan di hasil pencarian YouTube dan juga mesin pencari Google, sehingga video yang diupload di situs YouTube memiliki potensi lebih baik untuk dikunjungi dan dilihat ribuan orang bahkan mungkin jutaan pemirsa YouTube.

Lalu,Bagaimana cara mengetahui keyword YouTube?

"Cara mengetahui keyword YouTube atau cara melihat keyword video YouTube" pada saat ini terbilang sangat mudah, karena banyak para blogger atau webmaster telah menjelaskan lewat tulisan postingan artikel yang berada pada situs web atau blog mereka tentang tutorial, fungsi kata kunci channel YouTube, cara copy tag YouTube, memilih kata kunci channel, contoh kata kunci saluran Youtube dan lain sebagainya.

Info: Riset keyword atau riset kata kunci dan cara melakukan optimasi SEO pada video YouTube, tidak jauh berbeda dengan cara optimasi SEO artikel pada situs web atau blog, karena biasanya semua dimulai dengan mencari kata kunci ( keyword ) untuk dikembangkan menjadi judul, deskripsi, Tag DLL.

Memulai!

Teknik riset keyword video YouTube untuk pemula lengkap dan terbaru

Tutorial kali ini kami mencoba menjelaskan langkah-langkah atau "cara riset kata kunci ( keyword ) video YouTube" agar video tersebut memiliki potensi lebih baik untuk ditampilkan di halaman terbaik situs "YouTube".

Ini adalah cara-cara atau teknik yang telah dibuktikan oleh para pakar SEO ternama, dengan anda melakukan optimasi SEO video YouTube yang kami tuliskan di bawah ini dengan baik dan benar, maka video anda akan dilihat atau mampu bersaing dengan video populer yang telah lebih dahulu ditampilkan pada halaman terbaik mesin pencari YouTube dan mesin pencari Google.

Untuk lebih jelasnya silahkan membaca langkah-langkah nya dibawah ini;

Langkah Pertama- Mencari kata kunci ( keyword ) populer untuk dijadikan judul dan deskripsi video YouTube

Dalam hal Cara menentukan judul video yang ingin di-upload ke situs YouTube, anda tidak harus membuat atau menentukan nya secara sembarangan, karena itu bisa saja video tersebut akan sulit ditemukan pada mesin pencari YouTube.

Teknik atau trik yang bisa anda lakukan agar video dapat ditampilkan pada halaman terbaik situs YouTube adalah sebagai berikut,

  • Menggunakan Youtube auto suggestion
YouTube auto suggestion adalah saran kata kunci yang ditampilkan pada saat pengguna atau pemirsa YouTube mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencarian. Lihat contoh gambar-1 di bawah ini

Contoh gambar-1
Cara riset kata kunci (keyword) video YouTube untuk pemula lengkap+terbaru menurut pakar SEO ternama

Pada tampilan kata kunci yang berada di dalam contoh gambar di atas adalah kata kunci yang banyak dicari atau di ketik pada mesin pencari YouTube.

Untuk menentukan judul video, anda dapat menggunakan salah satu ide kata kunci yang ditampilkan pada daftar kata kunci (keyword) yang ditampilkan pada mesin pencari YouTube (auto suggestion) tersebut.

Berikut ini adalah cara menggunakan YouTube auto suggestion seperti contoh gambar di atas;

Cara menggunakan YouTube auto suggestion untuk mencari judul dan deskripsi video YouTube
  1. Hapus histori atau hapus data browsing pada perangkat yang digunakan, ( tidak dalam login di akun YouTube atau akun google email Gmail ).
  2. Ketik www.youtube.com pada mesin pencari yang disediakan oleh browser yang digunakan, saran: gunakan browser google crome agar mudah penggunaannya.
  3. Setelah anda berada pada dashboard situs YouTube tanpa login, ketik pada mesin pencari YouTube tentang topik atau Niche video anda, contoh: video anda berkaitan dengan "bisa bikin orang ketawa", maka ketik pada mesin pencari YouTube seperti, "video lucu".
  4. Dalam tampilan baru yang terbuka seperti contoh gambar di atas adalah daftar ide kata kunci yang relevan dengan topik atau Niche video yang anda miliki.
Kata kunci relevan yang ditampilkan pada Youtube auto suggestion tersebut dapat anda kumpulkan, kembangkan dan libatkan untuk title atau judul dan deskripsi video anda.

Selain YouTube auto suggestion, anda juga bisa menggunakan fasilitas dan tools-tools gratis (free) yang tersedia, seperti:

  • Menggunakan Fasilitas YouTube trends
YouTube trends adalah fasilitas khusus yang disediakan oleh situs YouTube untuk melihat video YouTube yang sedang trends di Minggu terakhir, dengan anda sering melihat video trends, maka dengan sendirinya akan mendapatkan ide kata kunci (keyword) untuk judul dan deskripsi video yang ingin Anda buat atau, anda dapat mengikuti judul dan deskripsi video YouTube yang berkaitan dengan video anda untuk "optimasi SEO video YouTube" yang dibuat.

Contoh gambar-2
Cara riset kata kunci atau keyword melalui fasilitas YouTube trends

Cara riset kata kunci (keyword) video YouTube menggunakan fasilitas YouTube trends ( trending ) untuk dijadikan judul dan deskripsi video yang dimiliki
  1. Hapus data browsing pada perangkat yang digunakan.
  2. Masuk ke situs YouTube tanpa login.
  3. Dari dashboard situs YouTube, cari atau menemukannya fitur menu "trending" dan sentuh fitur tersebut.lihat contoh gambar-2 di atas
  4. Selanjutnya, pada tampilan baru yang terbuka adalah daftar video YouTube yang sedang populer atau trending.
  5. Gulir ke atas atau ke bawah, cari dan temukan judul dan deskripsi video yang digunakan pada video populer untuk dikembangkan menjadi judul dan deskripsi video yang anda miliki.

  • Menggunakan situs google trends video
Google trends video adalah salah satu produk google yang memiliki fungsi serupa dengan fasilitas YouTube trends atau trending. Namun, dalam hal mencari informasi tentang video yang sedang populer, anda dapat menentukan untuk melihat video populer di suatu negara dan waktu tertentu.

Cara menggunakan situs google trends untuk menemukan kata kunci judul dan deskripsi video yang sedang populer

Masuk atau login ke situs google trends atau klik Disini.

Kemudian dari dashboard istilah penelusuran Youtube video, sentuh sesuai contoh gambar di bawah ini


Pada tampilan baru yang terbuka akan terlihat beberapa fitur yang disediakan, fitur-fitur tersebut dapat di atur menurut keperluan.lihat contoh gambar di bawah ini

    Keterangan gambar;
  1. Kotak No-1 adalah fitur untuk melihat video populer di suatu negara tertentu, jika anda ingin menggunakan fitur tersebut, sentuh pada fitur yang dimaksud, kemudian gulir ke atas atau ke bawah untuk menemukan negara tujuan.
  2. Kotak No-2 adalah fitur untuk melihat periode video populer 12 bulan terakhir, 90 hari terakhir dan lain sebagainya. Pada fitur ini sama persis cara penggunaan nya seperti keterangan gambar no-1 di atas, anda dapat menentukan sendiri sesuai hari atau bulan yang diinginkan.
  3. Kotak No-3 adalah fitur untuk melihat video populer menurut kategori, seperti: melihat video populer tentang "Internet & Telkom" dan lain sebagainya. Penggunaan nya pun sama seperti cara-cara yang telah kami jelaskan di atas.
  4. Kotak No-4 adalah fitur untuk memilih "properti penelusuran google" yang ingin digunakan. Karena tutorial ini tentang "cara riset kata kunci (keyword) video YouTube" menggunakan "google trends", maka anda wajib mengatur properti penelusuran google dari yang tadi awalnya "penelusuran web" menjadi properti "penelusuran Youtube". Caranya tetap sama seperti ulasan-ulasan di atas yaitu, sentuh fitur yang ditandai dengan no-4, selanjutnya pada tampilan baru yang terbuka sentuh atau menemukannya fitur "penelusuran Youtube". Lihat contoh gambar di bawah ini


Setelah anda membaca cara-cara menggunakan situs google trends dan anda telah mengatur nya sesuai kebutuhan, maka pada tampilan baru yang terbuka setelah anda menyentuh atau menentukan properti "penelusuran Youtube", maka anda akan diarahkan kembali ke dashboard istilah penelusuran Youtube video.

Pada tahapan ini, anda dapat gulir ke atas atau ke bawah untuk menemukan topik terkait dan kueri terkait.lihat Contoh gambar di bawah ini


Didalam tampilkan gambar di atas merupakan daftar "kata kunci (keyword)" menurut topik atau kueri, kata-kata kunci atau keyword tersebut dapat anda gunakan sebagai judul dan deskripsi video yang akan di-upload ke situs YouTube.

Gabungkan, kembangkan dan libatkan kata kunci populer tersebut hingga menjadi judul dan deskripsi yang relevan dengan topik atau Niche video anda.

  • Menggunakan situs atau tools gratis (free) ubersuggest

Ubersuggest adalah tools online yang disediakan gratis untuk pengguna internet (YouTubers), agar dapat mencari kata kunci (keyword) populer yang relevan untuk dijadikan judul dan deskripsi video yang ingin di-upload ke situs YouTube.

Cara menggunakan tools gratis Ubersuggest hampir mirip dengan "tools google trends video", anda dapat menyesuaikan terlebih dahulu sesuai kebutuhan agar kata kunci (keyword) yang ingin dicari benar-benar kata kunci populer yang memiliki relevansi dengan video anda.

Untuk lebih jelasnya silahkan membaca tutorial nya dibawah ini;

Cara menggunakan atau menyesuaikan fitur-fitur yang berada pada dashboard tools Ubersuggest untuk mencari judul dan deskripsi video YouTube

Silahkan masuk ke situs atau tools gratis Ubersuggest melalui browser google crome, atau Klik Disini.

Tips: Untuk pengguna HP Android, setelah anda berada pada dashboard Ubersuggest, ubah tampilan browser google crome ke tampilan "situs desktop", agar mudah menemukan fitur-fitur yang disediakan.

Selanjutnya, pada tap baru yang terbuka akan ditampilkan seperti contoh gambar di bawah ini, anda dapat melihat dan membaca keterangan gambar yang telah kami tuliskan agar memahami tata cara penggunaan nya.

Keterangan gambar;
  1. Angka no-1 adalah form atau kolom untuk memasukkan kata kunci (keyword) sesuai topik atau Niche video anda.
  2. Angka no-2 adalah fitur untuk memilih jenis penelusuran, pilih atau sentuh fitur tersebut kemudian pada pop up yang terbuka, sentuh atau pilihan fitur "YouTube". lihat contoh gambar di atas
  3. Angka no-3 adalah fitur untuk melihat video populer menurut negara, sentuh pada fitur tersebut kemudian pada tampilan yang terbuka, sentuh atau menemukannya negara "Indonesia" atau negara tujuan lainnya.
  4. Angka no-4 adalah fitur untuk melihat atau melakukan pencarian kata kunci, jika anda telah menyesuaikan fitur-fitur dari angka satu sampai tiga, maka fitur terakhir untuk melihat kata kunci yang relevan dengan video anda adalah fitur angka empat tersebut.
Selanjutnya, biarkan proses loading berjalan hingga tools Ubersuggest menampilkan daftar kata kunci yang tersedia menurut lokasi dan waktu yang ditargetkan.

Dalam tampilan daftar kata kunci (keyword), anda dapat mencari, menggabungkan, dan libatkan untuk dijadikan judul dan deskripsi video YouTube anda.

  • Menggunakan keyword tool

Keywordtool.io sama persis dengan tools Ubersuggest yang memiliki fitur untuk dapat menyesuaikan pencarian kata kunci menurut wilayah dan waktu tertentu.

Lihat dan baca cara atau keterangan gambar dibawah ini agar anda tidak mengalami kesulitan dalam mencari kata kunci (keyword) untuk judul dan deskripsi video anda menggunakan tools gratis "keyword tool.io".

Cara menggunakan keyword tool.io untuk pencarian kata kunci judul dan deskripsi video YouTube

Untuk mendapatkan tampilan seperti contoh gambar di bawah ini, anda dapat masuk ke situs keyword tool, atau Klik Disini, kemudian rubah tampilan browser google crome menjadi "situs desktop".

Keterangan gambar;
  1. Angka no-1 adalah jenis penelusuran terkait video YouTube, jika anda tidak berada pada dashboard tersebut, anda dapat menyentuh fitur tersebut agar hasil pencarian relevan dengan video populer di YouTube.
  2. Angka no-2 adalah form atau kolom untuk memasukkan kata kunci yang ingin anda cari, masukkan/ketik pada kolom tersebut kata kunci yang memiliki relevansi dengan video anda.
  3. Angka no-3 adalah fitur untuk melihat video populer menurut negara, untuk menyesuaikan menurut negara tempat anda tinggal, sentuh fitur tersebut kemudian pada tampilan baru yang terbuka sentuh atau menemukannya negara tujuan anda.
  4. Angka no-4 adalah fitur atau tombol pencarian, jika semua fitur telah anda sesuaikan menurut keperluan, maka sentuh tombol tersebut untuk melakukan pencarian kata kunci (keyword) video. Setelah anda sentuh angka nomor empat, maka akan ditampilkan daftar kata kunci seperti contoh gambar angka no-5.
  5. Angka no-5 adalah daftar kata kunci, cari dan kembangkan kata-kata kunci yang tersedia untuk dijadikan judul dan deskripsi video YouTube anda.

Dengan anda melakukan riset kata kunci dengan benar menggunakan situs atau tools gratis yang telah kami jelaskan di atas, maka video yang anda upload ke situs YouTube mampu bersaing dengan video-vidio relevan yang telah dahulu populer atau di tampilkan di daftar pencarian trending.

Tips & Triks: Cari kata kunci (keyword) video YouTube untuk dijadikan judul dan deskripsi video anda menggunakan fasilitas atau tools-tools gratis di atas, kemudian kata-kata kunci tersebut yang ingin dijadikan judul dan deskripsi video, anda evaluasi lebih dalam di "google keyword planner" agar diketahui volume pencarian masing-masing kata kunci, dan anda pun bisa memilih kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi tiap bulannya tetapi minim pesaing.

Langkah Kedua- Mencari kata kunci (keyword) populer untuk dijadikan Tag video YouTube 

Menuliskan kata kunci (keyword) populer didalam TAG pada video YouTube adalah suatu upaya "optimasi SEO video YouTube" yang perlu diperhatikan, menulis Tag video YouTube jika dilakukan dengan benar, maka dapat mempermudah mesin pencarian YouTube untuk menganalisa topik atau Niche video yang dimiliki, dan dapat menampilkan video anda sebagai rekomendasi video terkait yang wajib ditonton oleh pengguna (pemirsa) YouTube.

Catatan: Kata kunci (keyword) yang digunakan didalam Tag video harus memiliki relevansi dengan topik atau Niche video, contoh: topik atau Niche video tentang "Humor", maka Tag yang relevan seperti, video lucu terbaru, bikin ngakak, tahan tawa, dan lain sebagainya. 

Dalam menulis Tag pada video YouTube yang dimiliki dapat dilakukan dengan mencari ide kata kunci menggunakan fasilitas situs atau tools gratis yang telah kami tuliskan di atas, kemudian evaluasi menggunakan google keyword planner untuk melihat volume pencarian dan tingkat pesaing.

Selain fasilitas situs dan tools gratis di atas, adapun alternatif lain untuk melihat Tag video YouTube yang sedang populer.

Alternatif yang kami maksudkan adalah sebuah "Aplikasi android TagYouTube" yang di download free pada market "google play store". Download free disini

Tips: Untuk pengguna ponsel android yang ingin menggunakan aplikasi tersebut untuk mencari Tag video YouTube yang sedang populer, anda dapat download aplikasi tersebut terlebih dahulu, kemudian baca dan ikuti tutorial yang kami tuliskan di bawah ini.

Cara menggunakan aplikasi android TagYouTube untuk mencari Tag video populer

  1. Copy alamat url video YouTube yang sedang populer terlebih dahulu.
  2. Masuk ke aplikasi android TagYouTube, kemudian sentuh atau menemukannya fitur "Get Tags from url". Lihat contoh gambar di bawah ini.
  3. Pada tampilan baru yang terbuka, sentuh atau menemukannya fitur "paste". lihat contoh gambar di bawah ini
  4. Selanjutnya, jika alamat url video YouTube populer telah ditampilkan pada form atau kolom yang disediakan, maka sentuh fitur atau tombol "check" yang berada tepat di samping kanan fitur paste.
  5. Pada tampilan baru yang terbuka adalah video YouTube populer yang tadi awalnya anda copy alamat url. Lihat contoh gambar di bawah ini yang telah kami berikan tanda kotak bergaris merah dengan ballon putih "lihat disini untuk mengetahui Tag video YouTube yang digunakan".
    Tanda tersebut adalah Tag populer yang digunakan, anda dapat meniru, mengembangkan dan libatkan didalam Tag video YouTube anda.
Mungkin itu saja langkah kedua yang harus anda lakukan dalam hal mencari kata kunci (keyword) video YouTube populer untuk dijadikan Tag video YouTube anda.

Langkah Ketiga- Menggunakan kata kunci (keyword) populer untuk optimasi SEO YouTube lengkap

Setelah anda menerapkan teknik riset keyword video YouTube seperti yang telah dijelaskan di atas dari langka pertama hingga langkah kedua dan telah mendapatkan atau mengumpulkan kata kunci (keyword) video YouTube populer yang relevan dengan video anda, kini saatnya Anda menggunakan kata-kata kunci tersebut.

Dalam penerapan kata kunci, ada beberapa penempatan keyword yang wajib dilakukan agar optimasi SEO YouTube dapat berjalan sesuai rencana.

Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

Cara optimasi SEO video YouTube lengkap terbaru untuk pemula

  1. Gunakan kata kunci populer untuk nama file video, contoh: topik atau Niche video anda tentang tutorial "optimasi SEO YouTube", dan kata kunci yang ingin anda gunakan adalah "riset kata kunci Youtube", maka silahkan anda rubah nama file video default VID123456789.mp4 menjadi nama file video "riset-kata-kunci-youtube.mp4.
  2. Gunakan kata kunci pada judul video, kata kunci pada judul video adalah hal utama sebelum mempublikasikan video, lengkapi judul dengan kata kunci hingga menghasilkan judul yang mengundang klik agar pemirsa YouTube dapat penasaran untuk melihat video anda.
  3. Gunakan kata kunci pada deskripsi video, pentingnya sebuah video menulis deskripsi agar mesin ataupun manusia dapat dengan mudah mengetahui topik atau Niche video tersebut, menulis deskripsi sangatlah mudah anda dapat gunakan kata kunci utama untuk dikembangkan menjadi sebuah kalimat, saran: buat deskripsi yang terdiri dari tiga paragraf yang memiliki tiga kata kunci utama, dan deskripsi tersebut wajib memiliki relevansi dengan topik video dan judul.
  4. Gunakan kata kunci didalam Tag video, ini adalah langkah yang harus diperhatikan, karena Tag sangat penting agar video dapat terlihat pada hasil pencarian video rekomendasi, Tag yang dimasukkan harus sama seperti Tag yang dimiliki video YouTube populer, jika Anda ingin memasukkan Tag lebih dari satu pisakan Tag-tag tersebut dengan koma.

Popularitas sebuah video yang ditampilkan pada situs YouTube, semuanya sangat tergantung pada kualitas video dan topik video, serta optimasi SEO kata kunci yang digunakan.

Dengan "Riset kata kunci Youtube" yang teroptimasi dengan baik dapat menunjang video mudah ditemukan dan dapat ditonton ribuan pemirsa YouTube perharinya.

Tips & Triks: Konsisten menerbitkan video baru dan gunakan peranan "backlink" agar membantu meningkatkan popularitas video anda, promosikan video di sosial media,bangun "backlink" atau tautan balik di blog-blog "blogger" yang relevan yang mengarah ke video YouTube anda dan aktif pada forum diskusi populer yang masih memiliki relevansi dengan video anda.

Mungkin itu saja tutorial tentang "Cara riset kata kunci  ( keyword ) video YouTube lengkap+terbaru yang telah terbukti menurut pakar SEO" yang dapat kami sampaikan, jika dilain waktu kami memiliki kesempatan, kami akan update postingan artikel yang relevan dengan artikel di atas dan publikasi kembali di situs web atau blog ini.

Apabila ada masukan atau usul saran, anda dapat menulisnya di kolom komentar yang tersedia di bawah, jika tidak berhalangan, kami akan merespon komentar anda dengan cepat.

Semoga bermanfaat!

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments