Membuat video HD YouTube dengan HP Android

Membuat video HD YouTube dengan HP Android

Cara membuat video HD YouTube dengan Smartphone Android

Cara membuat video di YouTube adalah aktivitas yang sangat populer di jaman sekarang ini, dengan bermodalkan smartphone Android seseorang sudah dapat membuat video untuk ditonton oleh ribuan bahkan jutaan pengguna situs YouTube.

Membuat video yang berkualitas HD untuk di upload ke YouTube tidak harus menggunakan peralatan yang profesional, kita dapat menggunakan aksesoris  yang banyak di jual di market place seperti, Tokopedia dll.


Membuat video HD YouTube menggunakan smartphone Android

Aksesoris yang dibutuhkan pun beragam dari gorila pod, trimpod, flash eksternal, mic clip eksternal, dll.

Namun, apa pentingnya membuat video dan diupload ke situs YouTube?

Membuat video di YouTube memiliki banyak keuntungan, diantaranya keuntungan menghasilkan uang dari video-video yang dibuat di YouTube, menampilkan iklan adsense pada video-video yang dimiliki pada situs YouTube adalah suatu tujuan para youtuber membuat video.

Info: Telah banyak orang ( YouTubers ) yang sukses meraup keuntungan dari situs YouTube melalui iklan adsense yang terpasang pada video-video yang di upload ke situs YouTube.

Dengan memiliki channel video populer yang ditonton ribuan atau jutaan pengguna YouTube kita sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi mitra google "adsense" yang siap menampilkan iklan pada video-video yang dimiliki.

Lalu, Apa jenis video yang dapat menghasilkan uang di Youtube?

Jenis Video yang dapat menghasilkan uang di YouTube adalah video tidak melanggar hak cipta yang dilindungi atau video tersebut hasil rekaman sendiri (original).

Untuk membuat video YouTube yang bagus dengan kualitas yang cukup di terima mata, tidaklah harus menggunakan kamera profesional, menggunakan kamera smartphone yang anda miliki juga bisa. yang terpenting adalah bagaimana anda mengoptimalkannya saat proses pengambilan video.

Tutorial blogger dibawah ini kami akan mencoba membagikan trik dan cara membuat video YouTube dengan kamera ponsel agar gambar yang dihasilkan juga maksimal.

Cara membuat video YouTube di Android, Tips & Triks untuk pemula


Cara membuat kualitas video menjadi HD menggunakan smartphone Android

Tips & Trik's,

Berikut ini adalah Tips & Triks atau cara yang dapat anda lakukan untuk menghasilkan kualitas video HD menggunakan smartphone Android:

1.Gunakanlah peralatan penunjang (tambahan) untuk mendukung fitur pembuatan video

Memaksimalkan hasil gambar kamera smartphone Android adalah suatu upaya yang harus dilakukan, di pasaran atau pada market place online banyak disediakan aksesoris-aksesoris yang dapat menunjang smartphone Android agar menghasilkan gambar yang berkualitas.

Dalam hal memilih aksesoris yang ingin digunakan anda harus menentukan terlebih dahulu video jenis apakah yang ingin anda buat. video vlog, video review tutorial atau video genre lainnya adalah video-video yang memiliki kebutuhan aksesoris yang berbeda.

Lampu flash eksternal, lensa tambahan, trimpod, gorila pod, mic clip eksternal,  shotgun mic adalah aksesoris yang umum digunakan oleh para pembuat video menggunakan smartphone Android.

Jika Anda ingin membuat video vlog, aksesoris yang perlu disiapkan adalah, gorila pod, trimpod, flash eksternal, dan mic clip eksternal.

Namun, jika Anda ingin membuat video review tutorial tentang smartphone atau objek Micro, maka ada penambahan aksesoris seperti, cinema mount dan lensa eksternal sangat dianjurkan walaupun hasilnya tidak sebagus kamera profesional, tetapi setidaknya bisa memaksimalkan hasil rekaman video yang didapat.

2.Hindari proses perekaman video menggunakan smartphone Android dalam posisi vertikal

Yang harus diperhatikan disaat proses perekaman video jangan pernah menggunakan kamera smartphone android pada posisi vertikal, karena hasil video akan vertikal yang mungkin tidak akan bisa di tampilkan secara sempurna ("maksimal").

Merekam video yang baik dan benar adalah pada posisi smartphone horizontal agar hasil video yang didapat juga akan lebih maksimal dan tampilannya pun juga bisa full screen jika di-upload ke situs YouTube.

3.Memanfaatkan aplikasi Android pihak ketiga yang tersedia pada google play store

Aplikasi pihak ketiga adalah salah satu alternatif untuk menghasilkan video yang maksimal pada perangkat smartphone Android, karena aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur yang sangat berguna sekali saat proses perekaman video, seperti pengaturan resolusi video mulai dari kualitas HD 1080p 30Fps, 60Fps, hingga kualitas 4K.

Untuk memiliki aplikasi yang kami maksudkan anda dapat mendownload di google play store, seperti cinema FV-5, snap camera HDR, HD camera ultra, camera MX dll.

Tips: Cobalah satu persatu aplikasi yang kami maksudkan agar bebar-benar sesuai (kompatibel) dengan perangkat smartphone Android Anda.

4.Menggunakan alat bantu stabilizer dan cinema mount pada smartphone Android

Alat bantu stabilizer sangat bermanfaat disaat sedang merekam video dalam posisi berjalan atau bergerak, dengan menggunakan alat bantu stabilizer pergerakan akan terlihat lebih smooth ketimbang tidak menggunakan nya.

Selain stabilizer anda juga dapat menggunakan cinema mount untuk smartphone Android, cinema mount adalah aksesoris yang sangat berguna bagi para pembuat videografi smartphone, bentuknya kurang lebih seperti contoh gambar di bawah ini:

Alat bantu stabilizer untuk smartphone android

Kelebihan yang dimiliki cinema mount tersebut adalah telah disertakan lensa yang bisa di sesuaikan langsung dengan kebutuhan smartphone android dan bukan hanya itu, cinema mount yang dimaksud juga kompatibel dengan berbagai jenis smartphone android.

5.Melakukan edit video yang telah direkam untuk meng-upload ke situs YouTube

Setelah proses perekaman video, langkah selanjutnya adalah melakukan proses editing video sebelum di-upload ke situs YouTube.

Proses editing adalah langkah terakhir yang sangat penting dilakukan, agar video dapat terlihat menarik dan profesional yang tidak  membosankan, proses editing tersebut dapat dilakukan menggunakan aplikasi yang tersedia di Google play store seperti VivaVideo, FilmoraGo, Quick, KineMaster, Adobe premiere clip, VideoShop, Dll.

Namun, jika aplikasi-aplikasi tersebut kurang sesuai menurut anda, anda dapat melakukan editing video menggunakan komputer ataupun laptop anda, software yang sering digunakan adalah, Adobe premiere, Corel video studio, Sony Vegas, Final Cut, dan masih banyak lagi software yang bisa di manfaatkan.

Tips & Triks: Untuk anda yang masih baru (pemula) dalam hal editing video menggunakan komputer ataupun laptop, sebaiknya gunakanlah software window movie maker, simple, fast, easy, dll.

Yang terpenting dalam proses pembuatan video YouTube adalah, bagaimana cara nya anda mengaplikasikan itu semuanya, dari segi tampilan sampai ke kualitas konten semuanya tergantung seberapa kreatifnya anda.

Gunakanlah aksesoris-aksesoris yang memang benar-benar anda pahami dan hindari meng-upload video ke YouTube yang mengandung hak cipta orang lain, dari audio atau gambar yang digunakan.

Setelah anda membaca tutorial blogger yang kami tuliskan di atas, mungkin anda sedikit mendapatkan gambaran bagaimana cara nya membuat video berkualitas HD yang dapat menghasilkan uang di situs YouTube.

Itu saja yang dapat kami sampaikan tentang "cara membuat video YouTube di android", apabila ada kesempatan kami akan melakukan update artikel dan publikasi kembali disini.

Selesai!

Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Baca juga: cara menyimpan video YouTube ke galeri perangkat smartphone Android tanpa aplikasi tambahan

Jika ada usul saran, anda dapat menyampaikan nya lewat kolom komentar dibawah, jika tidak berhalangan kami akan merespon komentar anda dengan cepat.

Share artikel ini ke akun sosial media anda melalui ikon sosial media yang kami pasang dibawah, agar teman-teman andapun juga dapat membaca tutorial ini.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments