6 Tips Optimasi Instagram agar Bisnis Mudah Ditemukan Pelanggan?

6 Tips Optimasi Instagram agar Bisnis Mudah Ditemukan Pelanggan?

Bagaimana tips optimasi profil Instagram agar bisnis mudah ditemukan pelanggan?

Cara Optimasi profil di Instagram untuk mendapat lebih banyak keuntungan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Instagram (IG) merupakan salah satu media sosial yang sangat populer sekarang ini untuk berbagi gambar,video dll demi mencari popularitas seseorang hingga kelompok atau perusahaan yang bergerak di bidang bisnis online. Sehingga banyak diantara kita yang memilih menggunakan sosial media Instagram, karena ada banyak manfaat yang dapat digunakan di situs Instagram terlebih Jika bisa menggunakannya dengan baik, sudah pastinya akun Instagram yang dimiliki akan terus bertumbuh hingga mendapatkan popularitas di internet.

Catatan: Untuk orang-orang yang hanya ingin mencari popularitas di internet, anda bisa menggunakan cara yang kami tuliskan di bawah ini walaupun cara tersebut kami tuliskan untuk orang-orang yang ingin memulai berbisnis online.

Banyak Para pengguna Instagram ( IGers ) pada saat ini menginginkan memiliki sebuah akun Instagram dengan follower atau pengikut yang lumayan banyak ( Populer ). Karena hal tersebut banyak cara yang mereka lakukan agar bisa tercapai keinginan mereka, diantaranya adalah mengoptimalkan profil akun Instagram mereka.
Teknik memaksimalkan profil Instagram saat ini memang suatu hal yang banyak diterapkan, hasilnya pun dibilang cukup memuaskan.

Tips Optimasi profil Instagram yang bisa anda lakukan, diantaranya Pastikan profil BIO Instagram anda bisa mencuri perhatian dan mampu membuat orang lain tertarik untuk follow akun Instagram anda.

6 Tips optimasi profil instagram supaya banjir follower bagi yang ingin memulai bisnis online.

Untuk anda yang ingin memulai bisnis online, follower yang banyak adalah suatu kunci agar bisa menjadi sumber orderan atau pendapat penjualan produk anda, Tidak hanya itu, akun yang memiliki banyak follower juga bisa menjadi sumber membuka jasa paid promote di Instagram.

Dengan melakukan optimasi profil instagram, pemasaran/penjualan yang Anda lakukan dapat menjangkau lebih banyak pengguna. 

Berikut beberapa tips optimasi profil instagram yang dapat Anda lakukan:

  • Foto terbaik profil picture
Untuk akun Instagram bisnis, anda dapat menggunakan logo,ikon atau maskot anda. usahakan gambar terlihat jelas dan tidak terpotong ketika di crop berbentuk lingkaran, jika logo anda berbentuk memanjang yang terdiri dari gambar dan teks, anda bisa menggunakan gambarnya saja agar jika dilihat dengan ukuran kecil akan terlihat jelas.

  • Gunakan nama Instagram yang menarik dan mudah di ingat untuk dicari.
Banyak istilah untuk kolom ini, ada yang menyebut nama Instagram head line atau tag line, tapi seperti apa istilahnya ini adalah bagian teks tebal tepat di atas BIO, dan memiliki 30 karakter untuk menulis nama Instagram anda. Usahakan seoptimal mungkin anda menuliskan pada kolom ini.

  • User name yang mudah di ingat serta singkat dan jelas.
Anda bisa menggunakan nama lengkap nama panggilan atau nama bisnis yang sedang di kembangkan, usahakan sesingkat mungkin tapi jelas menunjuk ke identitas atau bisnis anda, kemudian mudah di ingat dan mudah di ketik dalam penulisan user name.
Beberapa hal yang perlu anda hindari diantaranya adalah, penulisan user name menggunakan emoji, terlalu banyak angka dan penggunaan andeskor atau simbol di awal.
Mungkin itu beberapa tips dari kami agar anda hindari cara penulisan atau penggunaan nama user name.

  • Link website atau blog ( personal )
Ini adalah satu-satunya link yang bisa diklik di profil Instagram, jadi jangan sampai anda tidak menggunakannya. disinilah kesempatan anda untuk mengarahkan orang keluar Instagram untuk menuju ke website anda.

Gunakan kesempatan ini untuk membangun database email, atau kontak HP follower agar mengarahkan mereka ke toko online untuk membeli produk anda.

  • BIO yang menarik deskriptif dan informatif.
BIO merupakan bagian utama yang perlu dioptimalkan, karena BIO adalah bagian dimana anda menyambut orang yang mengunjungi profil anda hingga membuat mereka tertarik menjadi follower anda.

Untuk menulis BIO anda bisa menjelaskan keunggulan produk anda, usahakan di kemas dari sisi manfaat untuk orang yang membacanya, dan anda bisa menambahkan emoji tapi jangan berlebihan, yang terpenting adalah ringkasan dan jelas, mengingat maksimal jumlah karakter yang bisa digunakan adalah sebanyak 150 karakter dan anda bisa sertakan kalimat ajakan atau yang biasa disebut call to action, misalnya kunjungi website kami, bisa juga yuk follow Instagram kami dan lain sebagainya yang mengandung kalimat ajakan.

Contoh BIO:
Bisnis reseller | dropshipper | toko online
🚛 Paking dan pengiriman oleh supplier
🎁 Komisi tentukan sendiri
💲 Komisi seminggu 1x
📱 082-345-678-901
Daftar ⤵️


  • Menautkan akun Instagram ke Facebook fans page.

Mungkin beberapa orang mengabaikan hal ini, tetapi bagi kami ini adalah langkah yang bagus untuk kita berjualan, karena setelah memposting sebuah konten dari pihak Instagram akan memberikan pilihan untuk membagikan juga ke halaman Facebook fans page kita untuk jualan juga di sana.

Untuk yang sudah memiliki Facebook fans page bisa langsung di tautkan, dan yang belum punya anda dapat membuat nya langsung lewat akun Instagram dengan menyentuh/ klik tulisan ( sub menu ) "halaman" yang berada tepat di bawah fitur menu "informasi bisnis publik".

Selanjutnya anda tinggal sesuaikan fitur-fitur yang berada pada menu "informasi bisnis publik" seperti menambahkan kategori bisnis, alamat email bisnis, nomor telepon bisnis dll. Setelah semuanya dirasa sudah optimal, anda dapat keluar atau klik tanda centang yang berada di sudut kanan aplikasi dan mereview kembali apakah profil Instagram anda sudah optimal atau belum.

Kesimpulan dari kita meng-optimasi profil Instagram adalah, lengkapi data-data kita yang valid agar orang-orang yang melihat profil atau CV yang kita buat bisa percaya bahwa kita sedang mengembangkan bisnis kita.

Mungkin itu saja yang dapat kami tuliskan untuk anda, jika anda menemukan kesalahan dalam penulisan atau penyampaiannya, kami berharap anda dapat menuliskan di kolom komentar yang tersedia di bawah.

Sekian!!!

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments