Cara membuat iklan di Facebook dan Instagram Ads

Cara membuat iklan di Facebook dan Instagram Ads

PANDUAN LENGKAP MEMBUAT FACEBOOK DAN INSTAGRAM ADS 2020.

Memasarkan produk yang paling efektif saat ini adalah melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, Karena Media sosial seperti Facebook atau Instagram saat ini sangat membantu para pebisnis kecil ataupun besar untuk menjangkau audiens yang lebih luas agar mendapatkan calon pembeli.


Dengan memiliki akun pada sosial media yang kami maksudkan, itu berarti kita sudah bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada Facebook ataupun Instagram, fasilitas yang dimaksudkan terdiri dari 2 jenis, seperti fasilitas gratis dan fasilitas berbayar.


Informasi: Pada artikel kali ini kami menuliskan cara-cara memasarkan produk ataupun jasa menggunakan fasilitas berbayar yang dimiliki oleh platform Facebook dan Instagram. Fasilitas berbayar yang tersedia pada sosial media seperti yang kami maksudkan adalah Facebook ads dan Instagram ads ( Beriklan).


Jika Anda ingin menggunakan platform Facebook atau Instagram untuk beriklan, maka ketahui dulu bagaimana cara buat Facebook Ads dan Instagram Ads seperti pada artikel yang telah kami tuliskan di bawah ini.


FACEBOOK ADS.


APA ITU FACEBOOK ADS?


Facebook Ads adalah jasa pengiklanan yang dibuat oleh Facebook kepada penggunanya untuk memasarkan produk ataupun jasa berdasarkan aktivitas pemakai, informasi demografis, pemakaian perangkat, dan lainnya secara lengkap. 


Untuk membuat Facebook Ads tidaklah rumit, hanya saja kita harus benar-benar memperhatikan dan memahami agar target yang kita bidik tersampaikan dengan tepat.


APA MANFAATNYA MENGGUNAKAN FACEBOOK ADS UNTUK MEMASARKAN PRODUK?


Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapat jika menggunakan Facebook Ads untuk memasarkan produk ataupun jasa:


1. LEBIH TERTARGET.

Facebook Ads memudahkan kita dalam memasarkan produk dengan menawarkan sejumlah opsi target kepada audiens yang didefinisikan secara detail seperti, demografi, lokasi, perilaku, golongan audiens, dan lain-lain.


Bukan hanya itu saja, Facebook Ads juga dapat membantu kita menangani kampanye iklan untuk disebarkan di berbagai sosial media dan  juga akan memandu kita dengan beberapa tahap dengan mudah, sehingga kita hanya fokus untuk kebutuhan bisnis kita.


2. TARGET TERJANGKAU LEBIH LUAS.

Facebook ads dapat membantu kita untuk mendapatkan audiens atau pelanggan yang lebih banyak hanya melalui ponsel seluler, dengan cara menyampaikan pesan iklan ke ponsel seluler yang dimiliki pengguna Facebook. Untuk itu cobalah gunakan Facebook Ads sebagai media untuk memasarkan produk.


3. ANALISIS LANJUTAN UNTUK MENENTUKAN TARGET BERIKUTNYA.

Facebook ads tidak cuma fokus pada hasil analitik maupun laporan untuk iklan yang sedang kita kampanyekan, namun Facebook Ads juga dapat mengatur perencanaan kampanye iklan sesuai yang kita inginkan.


Facebook Ads akan menunjukkan hasil metrik seperti tayangan, interaksi, jangkauan postingan, video, dan sebagainya. Kita juga bisa mengatur halaman Facebook ads dengan metrik persaingan untuk mengetahui tingkat kecocokan dari target iklan.


4. MEMPERKUAT BRAND.

Biasanya pengguna Facebook akan news feed mereka beberapa kali dalam sehari. Disinilah Facebook Ads memberi kesempatan supaya target pasar kita berulang kali menerima iklan yang sebelumnya sudah kita pasang.


Iklan tersebut berpeluang membantu dalam membangun kepercayaan dengan membiarkannya selalu tayang untuk jangka waktu yang lama. Jika kepercayaan pasar sudah terbentuk, maka kita bisa melakukan target ulang di masa mendatang.


Mungkin itu saja beberapa manfaat yang dapat kami tuliskan agar diketahui, jika anda berminat memasarkan produk ataupun jasa menggunakan fasilitas Facebook ads, anda dapat membaca caranya membuat Facebook ads di bawah ini.


Berikut ini adalah cara membuat Facebook Ads yang dapat anda ikuti:


CARA MEMBUAT FACEBOOK ADS.


Sebelum kita mulai membuat Facebook Ads ( beriklan ), ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, seperti:


  • Menentukan target tujuan pemasaran produk kita.

  • Memahami target tujuan yang akan menjadi pasar bagi produk kita.

  • Menyiapkan anggaran ( pembayaran ) untuk target pemasaran yang dirasa memiliki potensi yang baik.

  • Menyiapkan media foto ataupun video untuk mendukung konten ( iklan) pemasaran yang ingin dibuat.


Jika sudah mempersiapkan beberapa poin di atas, berikut ini tahap-tahap untuk membuat Facebook Ads.


1. LOGIN KE FACEBOOK ADS.

Langkah pertama membuat Facebook Ads adalah dengan mengunjungi website Facebook Ads. Setelah itu login menggunakan akun Facebook yang dimiliki kemudian sentuh atau klik ‘Buat Iklan’. Jika sudah, anda akan diarahkan menuju ke halaman Facebook Ads Manager. Akan tetapi jika yang dibuka ternyata bukan halaman pengaturan Facebook Ads, pilih ‘Pusat Iklan’ yang akan membantu anda ke tahap berikutnya.


2. PROMOSIKAN IKLAN.

Sesudah di halaman pengaturan buat Facebook Ads, selanjutnya klik tombol ‘Promosikan’ di bagian kiri atas. Nanti akan muncul halaman pop-up yang didalamnya terdapat beberapa pilihan cara untuk mengembangkan bisnis, seperti menambah pengunjung website, mempromosikan halaman, memasarkan bisnis lokal, dan lain-lain. Atau anda bisa klik pilihan yang sudah direkomendasikan Facebook, yakni ‘Dapatkan Lebih Banyak Pengunjung Situs Web’.


3. SIAPKAN MATERI UNTUK KAMPANYE IKLAN.

Setelah anda klik pilihan ‘Dapatkan Lebih Banyak Pengunjung Situs Web’, selanjutnya isi informasi dengan detail terkait halaman Facebook Ads anda. Semakin lengkap informasi yang diberikan, maka peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung website semakin besar.


Pasang foto-foto yang mewakili produk jualan anda dengan kualitas terbaik. Kemudian di bagian bawah halaman terdapat durasi penayangan iklan. Anda dapat menentukan berapa lama durasi tayangan untuk iklan yang anda buat. Perlu dicatat bahwa makin lama durasi tayangan iklan maka akan mempengaruhi banyaknya jumlah kunjungan ke website anda.


4. LAKUKAN SEGERA PEMBAYARAN.

Jika sudah selesai mengisi semua informasi yang akan diiklankan, selanjutnya Facebook akan menentukan besaran harga yang harus dibayar.


Harga yang ditentukan pada halaman Facebook ads akan berbeda-beda tergantung dari apa saja informasi di dalamnya, dan iklan seperti apa yang ingin ditampilkan di halaman Facebook. Apabila perkiraan biaya sudah ditentukan, berikutnya klik ‘Promosikan’ untuk lanjut ke tahap pembayaran.


Itu saja tahap-tahap yang sering digunakan untuk membuat iklan pada halaman Facebook ads.


INSTAGRAM ADS.


Selain menggunakan Facebook Ads, anda juga bisa mengiklankan produk anda lewat Instagram Ads. 


APA ITU INSTAGRAM ADS?


Instagram ads dan Facebook ads tidaklah jauh berbeda, karena setelah Facebook mengakuisisi Instagram pada tahun 2012, pengaturan membuat iklan di Instagram dan Facebook hampir sama. 


Jadi meskipun niat Anda adalah untuk membuat iklan di Instagram, semua setup iklan, mengatur anggaran, penjadwalan, dan pembuatan dilakukan melalui platform Facebook .


Untuk membuat Instagram Ads, cukuplah mudah seperti halnya membuat Facebook Ads. Ingin tahu bagaimana langkah-langkah membuat Instagram Ads? Simak terus ulasannya di bawah ini.



CARA MEMBUAT INSTAGRAM ADS.


Setelah membuat Facebook Ads dan mengkampanyekan iklan disana, tak ada salahnya juga kita untuk mencoba beriklan melalui Instagram Ads. Tujuannya tetap sama yaitu menjangkau audiens di Instagram dengan lebih tertarget.


Informasi: Dilansir dari situs Instagram, sampai sekarang ini ada sekitar 60% pengguna menemukan berbagai macam produk yang tengah tren di Instagram. Kemudian 75% dari pengguna tertarik untuk aksi usai melihat foto-foto yang ada di Instagram.


Seperti yang telah kami tuliskan di atas bahwa, sebelum kita membuat iklan atau memasarkan produk, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dan kebutuhan membuat iklan. Apakah untuk mendapat pelanggan baru? Mendapatkan traffic website? 

Atau meningkatkan brand awarness? 


Anda dapat menentukan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan membuat iklan produk anda.


Untuk beriklan di Instagram Ads budgetnya cukup beragam, namun kita bisa memulainya dengan Rp 20 ribu. Sementara pengguna Instagram kurang lebih mencapai 500 juta orang, akan sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkan Instagram Ads untuk mengembangkan bisnis kita. 


Jika berminat untuk memasarkan produk anda pada Instagram ads, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai menggunakan Instagram Ads untuk memasarkan produk anda yaitu, ketahui dengan pasti  target tujuan pasar atau audiens anda, mengoptimalkan cara penulisan dalam iklan, dan pastikan gambar dan video yang digunakan kualitasnya baik.


Berikut ini adalah 5 cara yang dapat digunakan untuk membuat iklan pada halaman Instagram ads:

  • Menggunakan Aplikasi Instagram.

  • Menggunakan Facebook Power Editor.

  • Menggunakan Facebook Ads Manager.

  • Menggunakan Facebook’s Marketing API.

  • Menggunakan Instagram Partners.


Dari kelima cara di atas, kita akan coba membuat Instagram Ads melalui Facebook Ads Manager. Karena cara ini dirasa paling mudah.


CARA MEMBUAT INSTAGRAM ADS DENGAN FACEBOOK BUSSINESS MANAGER.


Melalui Facebook Ads Manager, kita bisa membuat Instagram Ads dengan langkah-langkah yang simpel. Berikut ini cara membuatnya:


1. TENTUKAN OBJECTIVE CAMPAIGN.

Pertama kita tentukan tujuan dari kampanye iklan tersebut. Facebook akan membantu kita dalam menentukan bagaimana format iklan, bidding option, jenis audiens, serta auto optimization yang sesuai dengan tujuan kampanye iklan milik kita.


Berikut daftar objective campaign yang ada di Facebook Ads untuk dipakai dalam Instagram Ads:

  • Local Awarness

  • Brand Awarness

  • Traffic

  • Reach

  • All Installs

  • Engagement

  • Video Views

  • Conversions

  • Lead Generation

  • Store Visits

  • Product Catalog Sales


2. PILIH JUDUL KAMPANYE IKLAN.

Dalam memberi nama atau judul iklan, tidak ada aturan yang pasti. Hal ini untuk memudahkan menganalisa iklan kita. Jangan lupa untuk menambahkan range tanggal agar bisa melakukan tracking dan mengelola iklan lebih mudah


 3. PILIH TARGET TUJUAN PASAR ATAU AUDIENS.

Bagian pengaturan ini kita akan diberi dua opsi, yaitu jika kita pernah menggunakan Instagram Ads dan Facebook Ads, kita bisa menggunakan target audiens yang tersimpan sebelumnya. Namun, jika sama sekali belum pernah, kita harus menentukan target audiens yang baru.


Berikut ini beberapa komponen untuk menentukan target audiens iklan kita, diantaranya:

  • Usia dan jenis kelamin.

  • Geolocation. (wilayah yang jadi target iklan)

  • Interest. (minat)

  • Demografi. (pendidikan, status, dll)

  • Behavior. (perilaku)


Dalam menentukan target audiens, alangkah baiknya lakukan dengan cermat dan tidak terburu-buru. Karena ini salah satu faktor penting dalam mengkampanyekan suatu iklan. Selain itu, target audiens juga jadi salah satu yang menentukan biaya iklan yang harus dibayar dan peluang keberhasilan kampanye iklan.


4. MENGATUR PENEMPATAN IKLAN.

Facebook Business Manager sudah menyediakan beberapa pilihan berikut ini:

  • Facebook news feed.

  • Instagram.

  • Instant article.

  • Audience network.

  • In-stream video.

Karena disini kita akan membuat Instagram Ads, maka yang dipilih adalah Instagram. Kemudian bisa mengikuti beberapa rekomendasi penempatan iklan oleh Facebook, seperti dibawah ini:

  • Engagement: Facebook dan Instagram

  • Brand awarness: Facebook dan Instagram

  • App Installs: Facebook, Instagram, Audience Network

  • Video views: Facebook, Instagram, Audience Network

  • Traffic: Facebook dan Audience Network

  • Conversions: Facebook dan Audience Network

  • Produck catalog sales: Facebook dan Audience Network


5. TENTUKAN BUDGET DAN BIDDING IKLAN.

Tahap selanjutnya adalah menentukan budget yang ingin kita gunakan selama beriklan. Opsi yang diberikan untuk budgeting ini yaitu:


Budget harian (daily budget)

Total biaya yang akan kita gunakan sampai akhir masa periode kampanye iklan (lifetime budget)

Berikutnya, kita perlu melakukan bidding (tawar-menawar) untuk iklan di Instagram yang prosesnya mirip seperti pelelangan. Atau kita bisa mengabaikannya dan membiarkan Facebook melakukan optimisasi secara otomatis jika masih ragu dengan angka bidding yang muncul.


Namun, kebanyakan para advertiser akan memakai sistem bidding sesudah mereka mengiklankannya beberapa kali. Tujuannya supaya bisa mengetahui gambaran seberapa besar angka yang pas untuk hasil yang maksimal.


6. PILIH FORMAT INSTAGRAM ADS.

Setelah tahap-tahap di atas selesai dilakukan, selanjutnya memilih format iklan di Instagram Ads yang kita inginkan. Ada 7 format yang disediakan Instagram Ads untuk dipilih, seperti:


Instagram image ads.

Format yang hanya menggunakan satu gambar beserta caption gambar, dan panel call to action (CTA). Format ini paling sering dipakai pengguna.


Instagram carousel ads.

Format iklan yang memperbolehkan kita untuk menggunakan sampai 10 gambar dan juga video.


Instagram video ads.

Format yang satu ini memakai media video atau GIF.


Slideshow ads.

Format ini menawarkan sesuatu yang atraktif, dimana kita bisa menggunakan hingga 10 gambar yang ditambahkan musik untuk membuat sebuah looping video.


Instagram lead ads.

Format iklan ini membantu mengumpulkan informasi dari calon konsumen tanpa membawa mereka dari platform Instagram. Ketika ada seseorang mengklik iklan lead kita, selanjutnya mereka akan diarahkan ke halaman baru dengan formulir isian yang sudah diatur sebelumnya. Tapi ingat, jangan lupa untuk menyertakan juga Privacy Police-nya karena kita akan mengumpulkan data di formulir ini.


Instagram stories image ads.

Format ini memungkinkan kita untuk menaruh iklan di fitur stories.


Instagram video stories ads.

Dengan format ini, kita bisa mengunggah video iklan berdurasi 15 detik. Salah satu cara yang menarik untuk bisa menampilkan atau memperlihatkan produk kita, membangun personal branding, serta mengingatkan audiens dengan penawaran kita.


Setelah kita menentukan format Instagram ads, lengkapi dengan mengisi Headline, Text, serta tombol call to action (CTA). Disamping itu, kita pun bisa memanfaatkan Ad Preview Tool yang berfungsi melihat hasil tampilan iklan yang akan ditayangkan kepada audiens. Jika sudah merasa cukup puas dengan hasilnya, selanjutnya klik tombol ‘Place Order’. Nanti, iklan kita akan di-review terlebih dahulu oleh Facebook dan Instagram sebelum dipublikasikan.


Baca disini: cara membuat konten menarik Instagram menggunakan 3 aplikasi android.


PROMOSIKAN PRODUK DI APLIKASI INSTAGRAM.


Kini saatnya memposting iklan produk kita langsung di aplikasi Instagram. Tetapi, sebelum kita mempostingnya harus mengubah akun Instagram kita terlebih dahulu untuk dipromosikan. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan, seperti:

  • Konversikan akun ke profil bisnis Instagram

  • Kita harus menjadi admin di halaman Facebook yang terkoneksi ke akun Instagram

  • Ikuti kebijakan periklanan yang ada di Facebook

Setelah melakukan beberapa syarat tersebut, kita sudah bisa membuat promosi di aplikasi Instagram tanpa perlu meninggalkan aplikasinya.


Berikut ini adalah cara membuat iklan di aplikasi Instagram:

  • Buka aplikasi Instagram.

  • Kemudian buka atau sentuh foto profil kita

  • Pilih postingan yang mau dipromosikan

  • Di bagian bawah gambar postingan, klik panel promote

Selanjutnya, ada beberapa hal lagi yang harus kita lakukan, seperti:


Pilih salah satu dari dua tujuan iklan yang disediakan. 

  • Kunjungan website.

  • Panggilan kunjungan bisnis kita.

  • Isi rincian dari promosi iklan kita, dengan cara mengatur  Objective, Audience, Destination, Action Button, Budget, serta Durasi.

  • Selanjutnya klik tombol ‘create promote’

  • Selesai.


Itulah cara membuat iklan di aplikasi Instagram yang mungkin belum Anda ketahui, Jika tertarik membuat iklan di aplikasi Instagram untuk mempromosikan produk, anda dapat mencobanya sekarang karena dengan 500 juta pengguna aktif per bulan di Instagram, itu adalah peluang yang sangat baik untuk memasarkan produk Anda ke target Audience yang cukup banyak.


Mungkin itu saja yang dapat kami tuliskan, selebihnya anda dapat menyesuaikan sendiri.


Jika ada yang ingin disampaikan tentang ulasan di atas, anda dapat menuliskan pada kolom komentar, agar kami mengetahui hal tersebut.


Jangan lupa bagikan artikel ini ke akun media sosial anda lewat  ikon-ikon yang telah tersedia di bawah.


Terimakasih!

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments