200+ google rangking faktor SEO untuk blog-web baru (PEMULA)

200+ google rangking faktor SEO untuk blog-web baru (PEMULA)

200+ Google Rangking Faktor: panduan lengkap memulai optimasi SEO blog-web baru (pemula) terupdate

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa google menggunakan sekitar 200+ faktor peringkat dalam algoritma mereka........

Tetapi apa itu 200+ faktor peringkat?

Mungkin hari ini anda berada didalam blog-web yang tepat untuk mengetahui lebih dalam pertanyaan di atas.

Beberapa diantaranya terbukti, adapula yang kontroversial, dan yang lainnya adalah spekulasi SEO nerd.

Semua hal tersebut akan kami bahas secara terperinci disini agar anda dapat memulai mengoptimasi SEO blog-web baru anda.

SEO merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan kualitas rangking sebuah halaman blog-web dihasil pencarian mesin pencari (SERP: search engine results page), sinyal yang digunakan dalam teori ilmu SEO tidak terlepas dari beberapa faktor yang digunakan oleh algoritma mesin pencari, seperti mesin pencari Google yang sangat populer digunakan semua kalangan, algoritma yang digunakan oleh mesin pencari Google lebih memprioritaskan rangking sebuah halaman blog-web menggunakan patokan 200+ google rangking faktor.

Untuk lebih memahami dunia SEO, maka salah satu yang harus kita pelajari adalah 200+ Google Rangking Faktor tersebut.

Dibawah ini kami telah menuliskan "200+ Google Rangking Faktor:panduan lengkap memulai  optimasi SEO blog-web baru".

1.Usia Domain
Usia domain adalah hal yang menentukan kualitas dan peringkat sebuah halaman blog-web di mesin pencari, menurut insinyur google "Matcutt", domain lebih tua kalau di banding domain yang baru dibuat, mesin pencari Google lebih memprioritaskan domain berusia tua namun untuk faktor ini tidak terlalu menentukan peringkat halaman blog-web di SERPs.

2.Kata kunci didalam domain
Kata kunci di dalam domain dapat memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa artikel yang terdapat di dalam domain tersebut memiliki relevansi dengan kata kunci yang di cari,namun mesin pencari Google tidak terlalu memprioritaskan kata kunci dalam domain untuk menentukan halaman blog-web muncul di peringkat (rangking) terbaik.

Menurut pakar SEO, membuat domain yang berkualitas SEO, setidaknya domain yang anda buat harus mengandung kata kunci yang memiliki relevansi dengan topik blog-web anda.

3.Kata kunci yang di letakkan di suku kata pertama dalam domain
Ini adalah salah satu faktor yang perlu di perhitungkan dalam optimasi SEO, jika anda ingin meletakkan kata kunci dalam domain,sebaik kata kunci tersebut diletakkan di suku kata pertama.

4.Kata kunci didalam subdomain
Berdasarkan penilitian "Moz" Kata kunci yang diletakkan di dalam subdomain sangat berpengaruh terhadap traffic sebuah blog-web, mesin pencari lebih memprioritaskan peletakan kata kunci dalam subdomain sebuah halaman.jika anda ingin membuat blog-web yang membahas topik tentang SEO, sebaiknya meletakkan kata kunci yang memiliki relevansi terhadap subdomain yang akan dibuat dengan topik tersebut.

5.Sejarah kepemilikan domain
Domain paling banyak di buat seiringnya membuat blog-web,semakin lama usia domain maka mesin pencari akan semakin mengenal domain tersebut.yang perlu dihindari adalah mengganti kepemilikan nama domain (informasinya bisa di cek menggunakan Whois),ketika domain yang cukup berumur diganti segala informasi kepilikannya itu sama saja mereset mesin pencari dan mesin pencari akan mengenalnya seperti domain yang baru saja dibuat.

6.Domain yang cocok dengan kata kunci yang di cari
Mesin pencari akan lebih memprioritaskan kata kunci yang diletakkan di dalam domain atau alamat (URL) blog-web yang sesuai dengan kata kunci pencarian.contoh: pengunjung mengetik pada form pencarian kata kunci "optimasi SEO on page" maka mesin pencari Google akan memprioritaskan terlebih dahulu halaman--halaman blog-web yang memiliki kata kunci dalam domain atau url halaman tersebut.faktor ini bisa anda prioritaskan dalam menentukan judul artikel, dan sebaiknya meletakan kata kunci yang memang sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari (trend).

7.Public vs Private Whois
Informasi kepemilikan suatu blog-web atau domain bisa disetting sebagai public atau private, ketika mengecek informasi yang dimiliki oleh sebuah website, informasi tersebut kadang public dan kadang private,seting informasi kepemilikan secara public dapat memberikan hasil yang lebih baik di mesin pencari.whois public akan membantu mesin pencari untuk menindak si pemilik blog-web jika diketahui sebagai seorang spamer, jika mereka membuat domain dengan kepemilikan yang sama,google dapat mengindentifikasi pemiliknya dan efeknya tidak akan meningkatkan otoritas/kepercayaan situs anda dimata search engine.
Tips:ketika registrasi domain lebih baik kita pilih public Whois , ini akan lebih baik dimata search engine, registrasi domain secara private berdampak penyalahgunaan kepemilikan domain, google akan memprioritaskan domain dengan public Whois dibanding dengan private.
Apa itu Whois? Whois atau disuarakan who is digunakan untuk mendapatkan data informasi domain tertentu seperti nama pemilik domain,IP address, nama server dan umur domain.whois lookup yaitu sebuah aplikasi berbasis command line digunakan untuk melakukan query terhadap database whois.

8.Geo lokasi untuk top level domain (TLD)
Target untuk blog-web adalah sebuah faktor yang dapat meningkatkan kualitas serta traffic dari suatu negara yang ditujukan.untuk orang Indonesia yang membuat blog-web berbahasa Indonesia disarankan menggunakan TLD lokal seperti (co.id) dan semacamnya,ini akan meningkatkan rangking halaman blog-web di negara tersebut, namun untuk level dunia domain TLD lokal kurang efektif.

Jika Anda memutuskan untuk registrasi domain TLD disarankan untuk melihat target pasar Anda, jika internasional lebih baik menggunakan TLD internasional/TLD tingkat atas seperti (.com), namun jika lokal lebih baik memilih TLD lokal saja,itu akan lebih baik di SERPs.

9.Kata kunci pada judul atau title tag
Dalam membuat postingan artikel sebaiknya meletakkan kata kunci yang banyak dicari pada judul atau title tag, karena kata kunci yang diletakkan pada judul atau title tag adalah salah satu yang paling berperan penting dalam menentukan kualitas "optimasi SEO on page" suatu postingan artikel, judul yang mengandung kata kunci akan lebih diprioritaskan oleh mesin pencari untuk menampilkan artikel tersebut pada peringkat terbaik mesin pencari.

10.Kata kunci yang diletakkan pada suku kata pertama judul atau title tag
Berdasarkan penilitian Moz, judul yang mengandung kata kunci yang diletakkan pada suku kata pertama itu lebih baik, dibandingkan dengan judul yang mengandung kata kunci tetapi diletakkan pada tengah atau akhir judul.

Yang terpenting dalam membuat judul postingan artikel, kita harus membuat judul artikel dengan menyisipkan kata kunci pada judul tersebut dan harus juga diingat,kata kunci yang disisipkan sebaiknya diletakkan pada suku kata pertama judul tersebut.

11.Meletakan kata kunci didalam deskripsi
Deskripsi untuk saat ini menjadi pilihan kedua setelah judul ditemukan, walaupun tidak terlalu berperan tetapi deskripsi dapat memberikan sinyal ke pengunjung untuk mengunjungi blog-web anda.buatlah deskripsi yang mengandung kata kunci dan dapat memberikan sinyal pengunjung hingga mereka penasaran untuk mengunjungi blog-web anda.

12.Keyword yang diletakkan pada H1 tag
Mesin pencari untuk saat ini lebih memprioritaskan halaman blog-web yang terdapat kata kunci yang diletakkan di H1 tag, dan template yang seo-friendly, karena template yang seo-friendly pada umumnya meletakkan judul postingan artikel pada tag H1, namun perlu diingat jumlah H1 dalam setiap postingan artikel tidak boleh lebih dari satu.

13.Keyword dalam documed atau isi postingan artikel
Ketika membuat sebuah postingan artikel,jangan lupa meletakkan kata kunci yang ingin dibidik ke dalam isi postingan artikel tersebut,dan gunakan kata kunci yang berkaitan hingga membentuk sebuah kalimat atau paragraf yang dapat dimengerti dan memiliki relevansi yang baik.

Dalam menyisipkan kata kunci yang ingin dibidik dalam artikel sebaiknya buat agar kata kunci tersebut berulang, karena kata kunci yang ditemukan dalam dokumen akan dianggap penting jika kata kunci yang dibidik tersebut muncul berulang paling tidak tiga kali dalam suatu postingan artikel.

14.Jumlah suku kata dalam postingan artikel
Postingan artikel dengan jumlah suku kata yang banyak dapat membantu artikel tersebut menduduki Ranking terbaik di search engine atau mesin pencari,SerpIQ melakukan penilitian tentang hal tersebut dan mereka menyimpulkan bahwa terlepas dari faktor optimasi SEO yang lainnya,postingan artikel yang menduduki 10 besar SERPs, mereka memiliki jumlah suku kata setidaknya 1500 suku kata.

Menurut pakar SEO,ketika membuat postingan artikel disarankan membuat postingan artikel yang terdiri dari 1500 suku kata atau lebih.dan terbukti tanpa dukungan backlink sedikitpun postingan artikel dengan jumlah suku kata lebih dari 1500 bisa bersaing di mesin pencari (SERPs).

15.Kepadatan Kata Kunci
Untuk saat ini kepadatan kata kunci bukan merupakan faktor yang sangat penting di mata search engine,namun google masih memperhitungkan kepadatan kata kunci untuk mengindentifikasi bahwa artikel tersebut relevan dengan kata kunci yang di cari.

16.LSI keyword dalam artikel
Pentingnya LSI keyword dalam sebuah postingan artikel adalah, agar supaya dapat memberikan sinyal ke mesin pencari dan mesin pencari dapat dengan mudah memahami dan mendapatkan postingan artikel,sebab artikel tersebut memiliki kata kunci LSI yang relevan dengan kata kunci yang sedang dicari.

Gunakan setidaknya 1 LSI keyword pada postingan artikel yang kita tulis, LSI keyword memungkinkan artikel ditemukan dengan kata kunci yang dibidik.

17.LSI keyword pada judul dan deskripsi
Letakkan kata kunci LSI pada judul dan deskripsi postingan artikel serta letakkan juga kata kunci LSI keyword didalam meta tag, terutama title tag dan description tag.

Ini adalah lokasi-lokasi terbaik dalam meletakkan kata kunci LSI,dengan meletakkan kata kunci LSI sesuai dengan arahan yang benar maka dapat membantu mesin pencari untuk mendapatkan/menemukan postingan artikel yang ditulis, karena postingan artikel tersebut benar-benar relevan dengan kata kunci yang dicari pengunjung melalui mesin pencari.

Saran yang diberikan dari para pakar SEO adalah,gunakanlah beberapa kata kunci LSI dan letakkan diantara title tag dan description tag.

18.Kecepatan loading halaman pada kode HTML
Rangking sebuah halaman blog-web di SERPs didasari dengan kecepatan loading halaman blog-web tersebut, semakin cepat loading sebuah halaman maka akan semakin baik mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Mesin pencari Google,Bing, ataupun Yahoo! Menggunakan kecepatan loading kode HTML halaman sebuah blog-web untuk dapat memberikan rangking terbaik blog-web tersebut, untuk itu buatlah atau gunakanlah template yang sudah terbukti seo-friendly.

19.Duplikat konten
Duplikat konten adalah alamat URL berbeda namun halaman yang ditujukan sama,duplikat konten sangat tidak disarankan oleh mesin pencari, untuk itu hindarilah duplikat konten.

Untuk menghindari duplikat konten, bisa anda tempuh dengan pemilihan penggunaan template, template SEO yang baik harus dapat menghindari duplikat konten secara otomatis.

20.Loading halaman page menggunakan tolak ukur Google Crome
Mesin pencari Google menggunakan ukuran browser crome untuk menentukan cepat lambatnya loading halaman sebuah blog-web,semakin baik loading halaman blog-web di mata google crome akan memperbaiki rangking halaman tersebut.

Gunakan browser google crome untuk mengecek kecepatan loading halaman blog-web anda,jika responnya cepat tanpa hambatan,itu berarti halaman blog-web anda akan dianggap baik dimata search engine google.

Bersambung................

Untuk saat ini mungkin itu saja yang bisa kami tuliskan tentang: "200+ Google Rangking Faktor:panduan lengkap memulai  optimasi SEO blog-web baru", jika kami memiliki kesempatan,akan kami lakukan update postingan artikel dan kami publikasikan kembali disini.
Sering-seringlah mengecek kembali di blog-web ini agar tidak kehilangan update terbaru kami.

Sekian.
Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari ilmu SEO (OPTIMASI SEO)

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments