Cara Optimasi SEO on page dan Cara Optimasi SEO off page untuk blog-web yang baru dibuat

Cara Optimasi SEO on page dan Cara Optimasi SEO off page untuk blog-web yang baru dibuat

Optimasi SEO on page dan SEO off page di blogger-blogspot untuk pemula

Sebelum memulai optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page sebaiknya bagi yang masih baru (PEMULA) terlebih dahulu mengetahui apa itu yang dimaksud dengan SEO.

SEO atau "search engine optimisation", adalah istilah yang digunakan seorang webmaster dalam melakukan upaya meningkatkan traffic pengunjung blog-web atau optimasi konten (artikel) yang dimiliki untuk dapat ditampilkan dan mendapatkan peringkat terbaik pada mesin pencari Google,Bing,yahoo dll.

Menerapkan unsur SEO (optimasi SEO) pada konten blog-web dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page.
  • Optimasi SEO on page adalah segala bentuk upaya optimasi yang dilakukan oleh si pemilik blog-web didalam blognya itu sendiri.
  • Optimasi SEO off page adalah segala bentuk upaya yang dilakukan oleh pemilik blog-web di luar blognya namun masih memberikan dampak untuk blognya.

Optimasi SEO terbilang menyenangkan untuk yang sudah ahli dalam hal ini (pakar SEO),sangat sulit bagi yang masih baru (PEMULA), menyebalkan bagi yang pernah mengalami kegagalan Optimasi SEO.

Perbedaan Optimasi SEO on page dan Optimasi SEO off page

Untuk lebih memahami perbedaan antara optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page maka seorang pemilik blog-web harus memiliki pengetahuan untuk melakukan setiap optimasi tersebut, sehingga dengan pengetahuan yang dimaksud seorang pemilik blog-web sudah mampu membedakan kedua upaya optimasi yang dilakukan.Mesin pencari seperti Google,bing, Yahoo dan lainnya memiliki kinerja yang tidak jauh berbeda, kualitas konten dan relevansi sebuah konten terhadap kata kunci yang di jadikan kata kunci pencarian adalah salah satu faktor terpenting dalam optimasi SEO dan juga eksistensi pendukung yang memberikan sinyal klik terhadap sebuah artikel di dalam sebuah blog-web.jika kedua faktor tersebut dianggap terpenuhi kemungkinan artikel di nilai layak untuk ditampilkan pada peringkat terbaik mesin pencari.kedua cara kerja mesin pencari tersebut sangat erat kaitannya dengan SEO, ketika upaya kita fokus ke kualitas konten (artikel) maka itu sudah mewakili sebagaian dari optimasi SEO on page,dan ketika kita fokus untuk mencari klik  sebuah konten (artikel) dari luar blog-web yang dimiliki itu sudah mewakili optimasi SEO off page.

Untuk membantu mengetahui lebih jelas perbedaan optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page, dapat dibaca tutorialnya sebagai berikut:

Optimasi SEO on page

Seperti yang telah di jelaskan di atas,optimasi SEO on page adalah segala bentuk upaya yang dilakukan seorang pemilik blog-web di dalam blognya itu sendiri dengan tujuan agar blognya mendapatkan reputasi yang baik di mesin pencari sehingga konten (artikel) yang dimiliki dianggap layak untuk ditampilkan di hasil pencarian dan diberikan peringkat terbaik.

Dibawah ini adalah beberapa upaya optimasi SEO on page yang dapat diterapkan di antaranya sebagai berikut:
  • Membuat konten (artikel) dengan menerapkan unsur SEO on page yang disukai oleh mesin pencari.
Untuk membuat konten (artikel) yang disukai mesin pencari dan melibatkan unsur SEO on page didalamnya, biasanya artikel tersebut selalu menggunakan pendekatan "Google Rangking Faktor", dari membuat judul konten (artikel), meletakkan kata kunci pencarian yang ter-optimasi, membuat permalink yang relevan dengan kata kunci utama dan lain sebagainya.
  • Membenahi template blog-web sehingga melibatkan unsur SEO on page yang sesuai dengan 200+ Google Rangking Faktor
Membuat template blog-web hingga memenuhi kriteria 200+ Google Rangking Faktor dapat dilakukan dengan optimasi template yang digunakan, misalnya membuat template menjadi responsif sehingga SEO Friendly ketika template blog-web diakses menggunakan perangkat mobile, membuat template agar terhindar dari duplikat konten (artikel) dan lain sebagainya.

Optimasi SEO off page

Hampir menyerupai optimasi SEO on page tetapi optimasi SEO off page adalah segala bentuk upaya yang dilakukan oleh si pemilik blog-web di luar blognya namun masih memberikan relevansi ke blognya sendiri, sehingga blognya lebih mudah di temukan di hasil pencarian.
Agar lebih memahami upaya yang dapat dilakukan untuk mendukung optimasi SEO off page,setidak nya harus mengetahui terlebih dahulu 200+ Google Rangking Faktor.
Beberapa upaya optimasi SEO off page yang dapat diterapkan sebagai berikut:
  • Membangun backlink
Backlink atau disebut juga sebagai inbound link adalah alamat (url) suatu blog-web yang ditempatkan di blog orang lain yang jika diklik akan menuju ke blog-web yang dimiliki.backlink sampai saat ini masih menjadi salah satu faktor yang dilakukan oleh si pemilik blog-web untuk dapat meningkatkan traffic/rangking blognya.
  • Promosikan blog-web, secara offline maupun online
Promosikan offline biasanya upaya mengenalkan alamat (url) blog-web agar diketahui oleh publik apapun caranya, seperti:memberikan alamat (url) blog-web yang dimiliki ke orang yang gemar membaca postingan artikel di internet atau membagikan ke siapapun sesuai keinginan.

Promosikan secara online misalnya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, google+ dan lain sebagainya.upaya-upaya tersebut dilakukan di luar blog-web yang dimiliki namun masih memberikan dampak pada blog-web yang dimiliki.

SEO yang baik dan benar adalah seorang pemilik blog-web harus mengetahui terlebih dahulu teknik SEO yang harus digunakan atau menyesuaikan menurut kebutuhan mesin pencari yang ingin dipakai untuk menampilkan,dan mendapatkan peringkat terbaik blog-web yang dimiliki pada mesin pencari yang diinginkan, contoh: blog-web dan artikel yang dimiliki ingin lebih mudah di temukan di hasil pencarian google,maka teknik SEO yang digunakan harus sesuai dengan pendekatan "Google Rangking Factor" yang dimiliki oleh Google dan memiliki jumlah kurang lebih 200+ factor,dengan menerapkan "google rangking factor" yang baik dan benar maka google akan menggangap penting blog-web dan konten ditampilkan pada peringkat terbaik mesin pencari Google (page one) tergantung pada tingkat kompetitifnya.

Baca disini: 200+ google rangking faktor panduan lengkap memulai optimasi SEO.

Demikian artikel tentang "Optimasi SEO on page dan SEO off page di situs Blogger-Blogspot untuk pemula" yang dapat kami tuliskan.

Jika kami memiliki kesempatan kami akan melakukan update artikel dan publikasikan kembali disini.

Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi tentang "Optimasi SEO".

Artikel yang wajib dibaca: Pengertian search-engine (mesin pencari) agar Optimasi SEO dapat berjalan dengan baik.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments