Cara membuat halaman statis (static page) pada blogger

Cara membuat halaman statis (static page) pada blogger

Cara membuat halaman statis (static page) pada blogger atau buat halaman web blog seperti website 

Di blogspot ataupun platform lainnya telah tersedia fitur yang memungkinkan seorang penulis atau pembuatan konten di internet membuat halaman statis yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menulis dan menerbitkan sebuah konten halaman yang berupa informasi atau lainnya yang ingin ditampilkan di blog.

Cara membuat halaman web blog pada umumnya terdiri dari 2 bagian yang dapat digunakan seperti;
  1. Halaman statis (static page).
  2. Halaman dinamis (dinamic page).
Halaman statis (static page) di blogspot atau blogger sering disebut sebagai fitur "laman" dan halaman dinamis (dinamic page) disebut sebagai "postingan". kedua fitur tersebut hampir sama dalam cara penggunaannya atau kedua fitur tersebut memiliki beberapa perbedaan dan fungsinya tersendiri.
Untuk memudahkan Anda mengetahui dan dapat membedakan halaman statis dan halaman dinamis, kami telah menulis tutorialnya di bawah ini, silahkan anda membacanya terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke bacaan,"cara membuat halaman statis (static page) pada blogger".

Apa itu halaman statis (static page)
Halaman statis adalah halaman yang sering digunakan oleh penulis atau pembuat konten untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog tentang hal yang terkait dengan blog, misalnya: persyaratan penggunaan layanan blog, ketentuan hukum yang berlaku di blog, penyangkalan atau penolakan dalam menggunakan layanan blog, membuat halaman statis kontak kami yang dapat mempermudah pengunjung menghubungi admin melalui email, membuat halaman statis About yang menjelaskan profil dari admin atau pemilik blog, dan masih banyak hal penting yang dapat ditulis di halaman statis.

Halaman statis pada umumnya tidak akan muncul otomatis pada home page blog, untuk itu seorang pemilik blog atau pembuatan konten harus mengaturnya secara manual melalui fitur tata letak untuk menambahkan gadget.
Info: Baca "cara menampilkan halaman statis di home page blog melalui fitur tata letak" di bawah
Untuk mengetahui apakah itu adalah halaman statis, anda dapat pastikan melalui alamat URL yang pada umumnya menggunakan, http://namablog.blogspot.com/p/nama-halaman-statis.html atau anda dapat melihat konten itu memiliki label atau tidak, jika konten tersebut tidak memiliki label bisa dipastikan bahwa itu adalah halaman statis.

Apa itu halaman dinamis (dinamic page)
Halaman dinamis atau yang sering disebut sebagai "Entry Baru" adalah halaman yang masuk ke dalam daftar postingan yang secara otomatis akan di tampilkan pada home page blog apabila halaman tersebut telah selesai ditulis dan dipublikasikan.

Halaman dinamis biasanya digunakan oleh penulis atau pembuat konten untuk menulis artikel untuk dipublikasikan, konten yang ditulis pada halaman dinamis bisa berupa apa saja, yang terpenting dalam menulis halaman dinamis adalah seorang penulis atau pembuat konten harus melibatkan faktor optimisasi "SEO" ke dalam artikel agar cepat terindeks oleh mesin pencari.

Untuk mengetahui apakah itu adalah halaman dinamis, anda dapat mengetahuinya melalui alamat URL konten tersebut, alamat URL halaman dinamis seperti, http://namablog.blogspot.com/tahun/bulan/nama-konten.html

Ringkasnya perbedaan antara halaman statis dan halaman dinamis adalah:
  1. Halaman statis.
    • Umumnya memiliki URL http://namablog.blogspot.com/p/nama-laman-statis.html
    • Tidak tersedianya fitur label/kategori
    • Tidak dapat tampil secara otomatis di halaman utama atau home page
  2. Halaman dinamis.
    • Umumnya memiliki URL http://namablog.blogspot.com/tahun/bulan/nama-halaman-dinamis.html
    • Tersedianya fitur label/kategori
    • Dapat tampil otomatis di halaman utama atau home page
Fungsi Halaman statis
Seperti yang telah di bahas di atas, halaman statis tidak dapat tampil secara otomatis pada home page dan tidak difungsikan untuk menulis artikel yang sering di update.halaman statis lebih sering digunakan untuk membuat informasi penting yang terkait dengan "Blog" seperti; About, contacts Us,privacy policy atau disclaimer, dan lain sebagainya.

Cara membuat halaman statis
Cara membuat halaman statis pada blogger tidak jauh berbeda dengan cara menulis artikel di blogger, untuk itu demi memudahkan Anda mengetahuinya, kami telah membuat tutorial cara membuat halaman statis pada blogger lengkap dengan gambar, anda dapat membacanya di bawah ini.

Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Masuk ke akun blogger anda melalui browser Google Crome.
  • Dan dari dasbor akun blogger anda, cari dan sentuh fitur "Halaman" yang berada di samping kiri daftar menu, kemudian sentuh tombol "Halaman Baru".
  • Di dalam tampilan baru yang terbuka adalah Editor untuk menulis halaman statis.lihat contoh gambar;
    Ini adalah halaman statis yang sudah selesai ditulis dan siap di publikasikan, jika Anda ingin membuat halaman statis seperti contoh gambar di atas, dapat anda baca keterangan gambar di bawah ini.
    1. Ballon no-1, masukkan judul halaman statis yang ingin Anda tulis.
    2. Ballon no-2, Tuliskan informasi yang ingin Anda buat untuk dibaca oleh pengunjung.
    3. Ballon no-3, sentuh ikon roda gigi yang berada di samping kanan layar perangkat anda jika anda tidak ingin halaman statis anda di komentari oleh pengunjung, dan di dalam tab yang terbuka adalah pilihan komentar pembaca.sentuh atau pilih, jangan bolehkah sembunyi yang ada mode menulis.kemudian sentuh tombol selesai. untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh gambar di atas yang telah kami berikan tanda dengan kotak bergaris hitam didalam kotak bergaris kuning.
    4. Ballon no-4, sentuh tombol oranye apabila halaman statis yang anda tulis telah siap di publikasikan.atau sentuh tombol simpan kemudian sentuh tombol tutup untuk dijadikan daftar.
Setelah anda mencapai tahap Ballon no-4 itu berarti halaman statis yang anda buat sudah tersedia, tetapi halaman statis anda belum dapat dibaca oleh pengunjung karena masih ada tahap selanjutnya untuk menampilkan di halaman utama atau home page blog anda.

Jika anda ingin menampilkan halaman statis yang anda buat untuk dibaca oleh pengunjung, ikuti langkah-langkah sebagai berikut;

Cara menampilkan halaman statis pada home page blog melalui fitur tata letak

  • Masih berada dalam posisi login di dasbor akun blogger anda, cari dan sentuh fitur tata letak yang berada di samping kiri daftar menu dari layar perangkat anda.lihat contoh gambar di bawah ini yang telah kami berikan tanda Ballon no-1.
  • Setelah anda menyentuh Ballon no-1, maka akan terbuka tampilan edit widget seperti contoh gambar yang kami berikan tanda Ballon no-2.
  • Selanjutnya untuk menambahkan widget halaman, anda sentuh sesuai tanda Ballon no-3. ini akan membuka tampilan baru seperti contoh gambar di bawah ini.
  • Gambar di atas adalah daftar fitur yang tersedia di situs blogger, cari atau menemukannya fitur halaman, kemudian sentuh ikon tambah seperti contoh gambar di atas yang telah kami berikan tanda Ballon klik disini. Jika anda lakukan dengan benar maka akan membuka tampilan baru seperti contoh gambar di bawah ini.
  • Di dalam contoh gambar di atas adalah proses terakhir dalam menampilkan halaman statis di home page, anda dapat menulis judul halaman statis anda pada Ballon no-1, kemudian sentuh atau berikan tanda centang halaman statis yang tadinya anda buat, lihat contoh gambar Ballon no-2 di atas.
  • Setelah anda selesai melengkapi sesuai contoh gambar di atas, kini saatnya sentuh tombol oranye yang kami berikan tanda Ballon no-3 untuk menampilkan halaman statis yang anda buat tadi di layar utama atau home page blog anda.

Sampai pada tahap ini itu berarti bahwa halaman statis yang anda buat tadi sudah dapat dibaca oleh pengunjung blog anda.
Tips; untuk memudahkan pengunjung membaca informasi penting yang anda tulis pada halaman statis, buatlah atau tempatkan halaman statis pada header di home page blog anda.
Demikian artikel tentang "cara membuat halaman statis (static page) pada blogger"
Jika di lain waktu kami ada kesempatan maka akan kami lakukan update artikel dan kami publikasikan kembali di sini.

Baca disini:Apa itu blog? Dan cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

Baca juga:Cara membuat privacy policy online di halaman statis

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments