Cara mendaftar blog ke Bing Webmaster Tools

Cara mendaftar blog ke Bing Webmaster Tools

Cara mendaftar blog ke Bing Webmaster Tools

Bing Webmaster Tools adalah salah satu layanan gratis yang menyediakan mesin pencari Bing milik Microsoft yang memungkinkan para webmaster menambahkan situs web ke crawler index Bing.Layanan ini juga menawarkan alat untuk Webmaster memecahkan masalah perayapan dan pengindeksan situs web, submit sitemap atau peta situs,dan memonitor statistik situs web.

Bing Webmaster Tools memiliki alat dan fitur yang dapat digunakan Webmaster untuk mengakses data dan mengelola situs web yang dimiliki di Bing, alat dan fitur tersebut seperti:
  • Masalah perayapan, memungkinkan para webmaster untuk menemukan masalah potensial di situ web, seperti kesalahan file not found (404), diblokir oleh REP,URL dinamis yang panjang, dan konten yang tidak mendukung.
  • Data tautan Balik, memungkinkan Webmaster mengakses data tentang tautan rujukan, bagian dari fitur ini diperoleh dari situs Yahoo! Explorer.
  • Penyaringan lanjutan, memungkinkan Webmaster untuk cepat menyelesaikan hasil di laporan situs web untuk memperbesar data yang dibutuhkan.
  • Download data, memungkinkan Webmaster mengakses 1000 hasil pertama dalam file csv untuk menganalisis hasilnya.
  • Alat pencarian kata kunci, memungkinkan Webmaster untuk mengeksplorasi kata kunci baru.
  • Validator robot.txt, memungkinkan Webmaster untuk memeriksa apakah file robot.txt memenuhi standar.
  • Validator markup, memungkinkan Webmaster untuk memeriksa apakah situs web memenuhi standar.
  • Peta situs, memungkinkan Webmaster untuk memeriksa apakah Bing melihat peta situs dengan benar.
  • Tautan keluar, memungkinkan Webmaster melihat tautan keluar yang dilihat Bing.
Sumber: Wikipedia.

Cara mendaftar blog ke Bing Webmaster Tools

Setelah anda membaca alat dan fitur yang disediakan oleh Microsoft yang dapat membantu untuk membuat blog atau situs web mudah dikenali dan ditemukan mesin pencari Bing,kini saatnya Anda mendaftar blog ke Bing Webmaster Tools.
Catatan: untuk mendaftar blog atau situs web ke Bing Webmaster Tools syaratnya adalah anda harus memiliki salah satu alamat email Hotmail atau alamat email Outlook, dengan memiliki salah satu alamat email tersebut anda sudah dapat menggunakan setiap layanan online gratis dari Microsoft tanpa harus melakukan pendaftaran ulang.
Baca disini: cara membuat email/akun Microsoft Hotmail.

Jika Anda sudah memiliki email/akun Microsoft, ikuti cara mendaftar blog ke Bing Webmaster Tools berikut ini:
  • Sentuh atau menemukannya aplikasi browser google crome, lalu ketik alamat URL : https://www.bing.com/toolbox/webmaster kemudian cari dan sentuh link atau tombol hijau bertuliskan "sign in".
  • Masukkan alamat email/akun Microsoft yang telah anda buat beserta kata sandi.jika semuanya dilakukan dengan benar maka akan muncul tampilan halaman utama Bing Webmaster Tools seperti contoh gambar di bawah ini.
  • Submit alamat URL blog atau situs web.

Silahkan masukkan alamat URL blog atau situs web Anda ke kotak bergaris merah, kemudian sentuh tombol "ADD" seperti contoh gambar di atas yang telah kami berikan tanda.jika tahap di atas berhasil, maka akan ditampilkan form input untuk dilengkapi profil blog atau situs web Anda seperti contoh gambar di bawah ini.
  • Melengkapi formulir pendaftaran untuk profil blog atau situs web yang dimiliki.

Cara melengkapi formulir pendaftaran di Bing Webmaster Tools

  1. URL, masukkan alamat URL blog atau situs web Anda.
  2. Add Sitemap, masukkan sitemap atau peta situs blog anda, contoh: https://kupangtechnews.blogspot.com/sitemap.xml
  3. First name dan last name, masukkan nama depan dan nama belakang anda.
  4. Email, masukkan alamat email/akun Microsoft anda.
  5. Jobs role, masukkan jenis pekerjaan anda.
  6. Company organization name dan company organization size, masukkan nama perusahaan yang anda miliki.
  7. Industry, pilih salah satu jenis perusahaan yang sesuai.
  8. Contact phone, masukkan nomor telepon anda.
  9. State/provinsi dan Zip postal code, masukkan nama provinsi tempat anda tinggal beserta kode pos.
  10. Country region, masukkan nama negara tempat anda tinggal.
  11. Biarkan pilihan yang lain apa adanya, kemudian sentuh tombol "Save" untuk menyimpan.lihat contoh gambar di atas yang telah kami berikan tanda panah.
Setelah anda selesai melengkapi formulir pendaftaran dan menyentuh tombol save untuk menyimpan, maka Bing Webmaster Tools akan memberikan tampilan baru yaitu halaman code verifikasi untuk anda dapat membuat salinan/copy dan tempelkan ke template blog atau situs web yang anda gunakan. untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh gambar dan tutorialnya di bawah ini.
  • Membuat salinan/copy code verifikasi dan tempelkan ke template blog atau situs web.

Cara memasang code verifikasi Bing Webmaster pada blog atau situs web
  1. Silahkan salin/copy code verifikasi yang telah kami berikan tanda no.1 di atas, lalu masuk ke dashboard blogger anda, kemudian pilih fitur tema yang berada di samping kiri daftar menu, dan dari dashboard tema,sentuh atau menemukannya tombol "edit HTML"yang berada di samping tombol orange"sesuaikan", selanjutnya pada code template blog atau situs web yang anda gunakan, cari code script <head> dan letakkan/tempelkan code verifikasi Bing Webmaster tersebut tepat dibawah code <head>, kemudian sentuh tombol simpan yang berada di atas code template blog anda.
  2. Setelah code verifikasi Bing Webmaster berhasil anda tempelkan dan simpan pada kode template blog atau situs web yang anda gunakan, silahkan kembali ke halaman Bing Webmaster, lalu sentuh tombol "Verify"seperti yang terlihat pada tanda no.2 lihat contoh gambar di atas.
Catatan: Tombol "Verify" harus anda sentuh setelah code verifikasi Bing Webmaster sudah ditempelkan dan tersimpan di template blog atau situs web yang anda gunakan.
Sampai tahap di atas itu berarti anda sudah berhasil mengintegrasikan blog atau situs web Anda dengan Bing Webmaster Tools.selanjutnya anda harus melakukan submit sitemap atau peta situs dari blog anda ke Bing Webmaster Tools.
  • Submit sitemap atau peta situs ke Bing Webmaster Tools.

Cara submit sitemap atau peta situs ke Bing Webmaster Tools
  1. Sentuh atau menemukannya fitur "configure my site" yang berada pada samping kiri daftar menu, kemudian sentuh submenu "Sitemap".
  2. Masukkan alamat sitemap blog atau situs web Anda pada kotak bergaris merah seperti contoh gambar di atas yang telah kami berikan tanda panah.contoh sitemap: https://kupangtechnews.blogspot.com/sitemap.xml
  3. Selanjutnya sentuh tombol "Submit" yang berada di bawah form alamat sitemap yang tadi anda masukkan.
setelah selesai di tahap ini itu berarti blog atau situs web yang dimiliki sudah terverifikasi di Bing Webmaster Tools.kini saat anda tinggal menunggu data-data hasil crawler di blog anda yang akan ditampilkan di beranda akun Bing Webmaster Tools yang dimiliki.
Informasi: setelah anda selesai mendaftar,memverifikasi dan submit sitemap atau peta situs ke Bing Webmaster Tools, template yang anda gunakan jangan lagi diganti.ini mencegah agar Bing Webmaster Tools tidak melakukan pengindeksan berulang.

Baca juga: Cara mendaftar blog baru ke Google Webmaster Tools dan Cara mendaftar blog ke webmaster Yandex.

Demikian artikel ini kami buat untuk yang sedang mencari referensi tentang cara mendaftar blog ke Bing Webmaster Tools.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments