Cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools

Cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools

Cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools terbaru

Sitemap atau peta situs merupakan file xml yang memiliki daftar URL/alamat beserta metadata yang dapat memberitahu kepada google webmaster tools atau google search engine bahwa ada blog yang harus dirayapi dari halaman blog hingga postingan terbaru yang di publikasikan, metadata yang dimiliki sitemap atau peta situs tersebut akan membantu mesin pencari google agar lebih mudah membaca dan meng-crawl keberadaan blog yang dimiliki.

Sitemap atau peta situs memiliki beragam jenis yang dapat digunakan di antaranya:
  1. sitemap.xml
  2. feeds/posts/default?orderby=updated
  3. atom.xml?redirect=false?start-index=1&max-results=500
Dari ke-3 Sitemap atau peta situs yang disebut di atas,dapat digunakan untuk memberitahukan kepada mesin pencari google dengan cara submit secara manual sitemap atau peta situs ke google webmaster tools, namun untuk blog berplatform blogspot sitemap atau peta situs sudah secara otomatis terkirim ke search console google setelah selesai mempublikasikan postingan, namun untuk lebih cepat dikenali oleh mesin pencari google pemilik blog atau website berplatform blogspot dapat mengirimkan sitemap atau peta situs ke google webmaster tools secara manual, seperti ketika blog pertama kali dibuat dan artikel dipublikasikan, untuk dapat menggunakan fasilitas submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools, langkah awal yang harus dilakukan adalah mendaftarkan blog ke mesin pencari google webmaster tools kemudian mensubmit sitemap atau peta situs ke mesin pencari google dengan menggunakan fasilitas yang terdapat pada google webmaster tools atau google search console tersebut.

Dengan melakukan cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools seperti yang dijelaskan di atas, maka mesin pencari google dapat lebih cepat mengenali dan mengetahui keberadaan blog yang harus di crawl/telusuri isi didalam blog tersebut.
Catatan: Semakin cepat suatu blog terindex maka peluang artikel pada blog akan muncul di hasil pencarian mesin pencari, dan semakin banyak artikel yang di index, blog tersebut akan sangat mudah di temukan.

Cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools

Google webmaster tools atau search console adalah alat online yang disediakan oleh google untuk para webmaster yang fungsinya sebagai tools memonitor interaksi robot mesin pencari terhadap blog atau website yang dimiliki.hal yang terpenting dalam mengelola blog adalah submit sitemap atau peta situs ke mesin pencari google, ini dikarenakan google adalah mesin pencari terbesar dan paling terpopuler di dunia yang mampu mempopulerkan blog atau website.untuk itu kami telah membuat tutorial tentang cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools, anda dapat membaca langkah-langkahnya di bawah ini.
  • Masuk ke beranda akun search console anda seperti contoh gambar di bawah ini.

Lihat tanda yang telah kami buat pada gambar di atas, sentuh pada tanda "lihat detail" hal ini akan membuka tampilan seperti contoh gambar di bawah ini.
  • Kirim peta situs.

Sentuh pilihan ke-5 seperti contoh gambar di atas untuk membuka tampilan seperti contoh gambar di bawah ini.
  • Tambahkan peta situs.

Sentuh tombol merah seperti contoh gambar di atas yang akan membuka tampilan selanjutnya seperti contoh gambar di bawah ini.
  • Melengkapi kolom isian dan sentuh tombol biru "kirim". lihat contoh gambar di bawah ini:
Di dalam tahapan ini anda tinggal menambahkan salah satu jenis dari ke-3 sitemap seperti yang telah kami jelaskan di atas, contoh: tambahkan di kolom isian sitemap.xml  lihat contoh gambar panah merah pada kolom isian di atas, jika Anda sudah menentukan salah satu jenis sitemap sentuh tombol biru "kirim".lalu sentuh segarkan halaman seperti contoh gambar di bawah ini.
Setelah selesai menyegarkan halaman seperti contoh gambar di atas, maka akan muncul tampilan pemberitahuan bahwa sitemap atau peta situs telah terkirim seperti contoh gambar di bawah ini.
  • Tampilan sitemap atau peta situs telah terkirim ke google webmaster tools.

Sampai pada tahap ini itu berarti anda telah berhasil submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools/search console, langkah selanjutnya adalah anda tinggal menunggu satu kali 24 jam untuk search console merayapi blog anda, hasil yang terindex akan di informasikan di tampilkan seperti contoh gambar di atas.

Demikian artikel tentang cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tools yang dapat kami sampaikan, apabila ada kesempatan kami akan melakukan update artikel, dan akan kami publikasikan kembali disini.sering-seringlah membuka artikel ini agar anda tidak melewati tips dan trik meningkatkan blog pada mesin pencari google (SEO).

Baca juga:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments