Cara mudah mengganti template ( Tema ) di blogger untuk pemula menggunakan Android 1 jutaan

Cara mudah mengganti template ( Tema ) di blogger untuk pemula menggunakan Android 1 jutaan

Cara mudah mengganti template ( Tema ) di blogger untuk pemula menggunakan hp android 1 jutaan ( app builder for android )


Mengganti template atau "Tema" adalah suatu keharusan yang wajib dimengerti oleh seorang blogger atau webmaster yang menggelola situs web atau blog, karena tanpa pemahaman yang dimaksudkan akan sia-sia usaha yang sedang di kerjakan.

Dalam hal ini adalah mengelola website atau blog yang dimiliki untuk dapat dikenali oleh pengguna atau pembaca pada mesin pencarian google.

Mengganti template blog biasanya dilakukan blogger untuk membuat tampilan situsnya menjadi lebih menarik dan mudah untuk digunakan, selain hal yang kami maksudkan, mengganti template blog juga biasanya adalah salah satu cara agar situs web atau blog dapat lebih "SEO Friendly".

Mengganti template pada sebuah Blogger ( blogspot ) tentunya bukan hal yang sulit, pada postingan artikel kali ini kami jelaskan cara mudah untuk mengganti dan memasang template baru di sebuah Blogger menggunakan hp android 1 jutaan yang dimiliki ( app builder for android ).

Cara yang dimaksud terbagi menjadi 2 bagian yaitu:
  1. Mengganti template bawaan dari situs blogger itu sendiri atau,
  2. Mengganti template blogger dari hasil download gratis ( free ) dari website penyedia download template

Info: Untuk pengguna komputer atau laptop ( PC ), anda dapat melanjutkan atau melewati membaca tutorial cara mengganti template blogger di bawah ini tentang penjelasan alat-alat yang perlu disiapkan, tetapi jika Anda adalah penggunaan hp android 1 jutaan, anda perlu mengetahui terlebih dahulu alat-alat ( app builder for android ) yang dibutuhkan untuk mengganti template blogger di bawah ini.

Berikut ini adalah alat-alat atau aplikasi Android pembangun situs web atau blog yang tersedia di Google play store yang wajib dimiliki oleh seorang blogger yang nge-blog menggunakan hp android ( smartphone Android ).

Aplikasi-aplikasi Android untuk memudahkan menggelola situs web atau blog menggunakan hp android ( app builder for android )

1.Aplikasi file Manager.

Aplikasi hp android yang wajib dimiliki seorang blogger yang nge-blog menggunakan hp ( smartphone )

Aplikasi file manager seperti contoh gambar di atas ini adalah, aplikasi yang memungkinkan pengguna nya mengelola berbagai jenis file pada satu tempat.

Untuk seorang blogger pemula yang ingin belajar nge-blog menggunakan hp android, ini adalah aplikasi yang dapat anda gunakan. Karena Aplikasi tersebut dapat menyimpan file-file yang ber-ektensi seperti, ZIP, RAR dan ektensi lainnya hasil download.

Catatan: Karena tutorial ini tentang Cara mengganti template atau Tema blog, maka anda dapat menggunakan aplikasi file manager tersebut untuk ekstraksi file ZIP atau RAR yang terdapat pada template hasil download hingga memiliki ekstensi ".xml", agar dapat kompatibel pada tahap menggantikan tema di situs blogger.com

Dalam memudahkan anda menggunakan aplikasi file manager untuk ekstrak file ZIP atau RAR. Anda dapat membaca tutorialnya pada link atau URL berikut ini:

2.Aplikasi quoda code editor.

Cara menggunakan aplikasi qouda code editor ( ++Notepad ) android untuk edit tema blog

Quoda code editor merupakan salah satu aplikasi Android yang memungkinkan Anda melihat "strukturkode" HTML pada template atau Tema blog, aplikasi tersebut sama seperti "++Notepad" yang digunakan seorang blogger atau webmaster yang menggelola situs web atau blog menggunakan komputer atau laptop ( PC ).

Untuk seorang blogger pemula yang nge-blog menggunakan hp android, ini adalah aplikasi yang kami rekomendasikan karena quoda code editor atau ++Notepad android tersebut sangat mudah digunakan. Dan bukan hanya itu aplikasi qouda code editor juga bisa digunakan untuk mendesain/edit code HTML sebuah template blogger.

Tips & Trik's: Untuk pengguna HP Android, Gunakanlah aplikasi Couda code editor ( ++Notepad Android ) tersebut, untuk melihat strukturkode HTML template blogger  serta menambahkan kode script widget-widget blog, ataupun menempatkan kode script verifikasi dari mesin pencarian google dan lainnya.

Agar memudahkan anda dalam hal penggunaan aplikasi Android yang kami maksudkan, anda dapat membaca tutorialnya pada link atau alamat URL di bawah ini:
  • Cara desain/edit tema blog menggunakan "HP Android 1 jutaan" terbaru untuk seorang pemula Disini.

Itulah aplikasi-aplikasi Android yang wajib dimiliki oleh seorang pemula yang ingin nge-blog menggunakan hp android.

Dengan anda memahami betul cara menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, anda sudah dapat membuat tampilan situs web atau blog yang dimiliki menjadi lebih menarik dan terlihat profesional.

Setelah anda memahami betul cara menggunakan aplikasi Android yang kami maksudkan di atas, kini saatnya Anda membaca cara mengganti template blog di hp android pada tutorial dibawah ini.

Cara mudah mengganti template ( Tema ) di blogger untuk pemula menggunakan Android 1 jutaan


Seperti yang telah kami tuliskan di atas bahwa mengganti template blog dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, mengganti template blog bawaan situs blogger.com itu sendiri atau mengganti template blog dengan template hasil download gratis dari situs web atau blog penyedia layanan download free.

Berikut ini adalah cara pertama yang dapat anda gunakan:

Cara mengganti template blog bawaan situs blogger.com

  1. Masuk atau login ke situs blogger, dan dari dashboard situs blogger, cari atau menemukannya fitur Thema. Lihat contoh gambar di bawah ini
  2. Selanjutnya, pada tampilan baru yang terbuka adalah dashboard tema. Sentuh atau pilih tema yang sesuai dengan minat anda pada daftar yang tersedia
  3. Kemudian sentuh tombol terapkan tema, pada dasar layar editor pratinjau tema
  4. Selesai!
Itu saja yang dapat anda lakukan jika ingin mengganti template/tema bawaan dari situs blogger.

Setelah anda membaca tutorial cara pertama, mungkin dapat membantu anda memahami betul cara tersebut.

Tetapi! Bagaimana kalau kita ingin mengganti template blog hasil download atau yang lainnya?

Tutorial lanjutan di bawah ini, kami menuliskan cara yang kedua dalam mengganti template blog hasil download gratis dari situs web atau blog penyedia tema free.

Cara kedua di bawah ini merupakan salah satu strategi seorang blogger atau webmaster, agar situs web atau blog yang dimiliki dapat dengan mudah ditemukan pada mesin pencarian, karena 90% template gratis  jaman sekarang sudah didesain khusus untuk memudahkan mesin pencarian memahami dengan baik struktur kode HTML template blog.

Informasi: Sebelum memulai melakukan pergantian template bawaan blogger ke template hasil download, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu apakah file template hasil download tersebut sudah berformat/ber-ektensi ".xml", atau masih berbentuk file ZIP ataupun RAR. Jika belum ekstrak terlebih dahulu menggunakan aplikasi file manager yang telah kami sebutkan di atas hingga memiliki ekstensi ".xml".

Berikut ini adalah cara kedua yang dapat anda lakukan untuk mengganti template blog:

Cara mengganti template blog hasil download gratis dari situs web atau blog penyedia tema free

  1. Masuk atau login ke situs blogger.com, kemudian sentuh atau cari fitur menu "Thema", lihat contoh gambar pada cara pertama di atas
  2. Sentuh atau menemukannya fitur "backup/pulihkan" pada sudut kanan layar perangkat. lihat contoh gambar di bawah ini
  3. Selanjutnya, pada pop up yang terbuka sentuh tombol orange "Download" lihat contoh gambar ballon hijau no-1 di bawah ini
    Dalam  hal ini untuk menyimpan template bawaan situs blogger ( mengamankan ), agar disaat anda ingin menggunakan nya lagi atau ada kesalahan dalam tahap pergantian tema, anda tidak harus susah paya mencarinya
  4. Setelah anda mengamankan tema, anda dapat menyentuh ballon hijau no-2 seperti contoh gambar di atas hingga anda di arahkan ke penyimpanan perangkat ( file manager )
  5. Kemudian dari file manager, sentuh atau cari file template hasil download yang sudah di ekstrak hingga memiliki ekstensi ".xml"
  6. Jika yang anda lakukan itu benar, maka anda akan diarahkan kembali ke pop up langkah ketiga diatas, dan tombol orange "upload" yang berada di bawah fitur "pilih file" pada ballon hijau no-2 sudah terbuka atau siap digunakan
  7. Sentuh pada tombol orange "upload" dan biarkan proses pergantian berlangsung
  8. Selesai!
Jika anda lakukan dengan benar dari langkah satu hingga akhir, maka anda sudah dapat melihat perubahannya di dashboard tema, ataupun bisa melihatnya melalui pratinjau situs web atau blog.

Mungkin itu saja cara kedua yang dapat anda lakukan untuk mengganti template blog hasil download gratis dari situs web atau blog penyedia tema free.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments