SEO Template blog:optimasi template blogspot agar mendapatkan peringkat 1 pada mesin pencari

SEO Template blog:optimasi template blogspot agar mendapatkan peringkat 1 pada mesin pencari

SEO Template blog:optimasi template blogspot agar SEO friendly hingga mendapat peringkat terbaik pada mesin pencari Google


Cara memperbaiki "struktur kode template" blog agar SEO friendly?,blog yang memiliki "struktur kode" yang teroptimasi dengan baik dapat memberi sinyal kepada Google bot untuk mengindex dan merayapi konten serta isi dari blog tersebut, template "SEO" friendly adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan dalam memenuhi kriteria teknik SEO on page, karena blog SEO friendly adalah blog yang memiliki berbagai macam struktur yang teroptimasi memenuhi kriteria "200+ google rangking faktor" Menurut pakar SEO.

Optimasi SEO blogspot atau SEO on page blogspot adalah segala upaya yang dilakukan seorang blogger pada struktur blog,dari kode template sampai ke kualitas konten yang dibuat ("Tulis").

Teknik optimasi SEO pada blog dapat berbeda sesuai struktur kode template yang kita gunakan, contoh SEO on page pada template blogspot yang baik dan benar hingga memiliki template SEO friendly dapat dilakukan dengan berbagai macam cara.

SEO on page blogspot?

Thutorial kali ini kami menuliskan bagaimana langkah langkah SEO on page atau teknik SEO on page pada template blogspot agar mendapatkan peringkat 1 pada mesin pencari (SERPs).

Teknik optimasi SEO ini sangat sederhana,anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5menit untuk melakukan nya, dan jika anda selesai menerapkan cara SEO blog yang baik dan benar sesuai tulisan artikel dibawah ini maka,kata kunci SEO on page yang anda bidik akan berkerja dengan baik, sehingga mesin pencari juga dapat mengclawr blog-web anda dengan sangat mudah.

Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca contoh SEO on page pada template blogspot agar mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari Google (SERPs) di bawah ini:

1.Optimasi template blogspot agar terhindar dari duplikat konten.
Template blog SEO friendly adalah template yang mampu menghindari secara otomatis pada duplikat konten, salah satu contoh duplikat konten adalah,alamat/URL pada sebuah konten blog memiliki perbedaan penulisan URL tetapi mengarahkan ke konten yang sama. jika didalam sebuah blog terdapat banyak duplikat konten maka mesin pencari akan menganggap blog tersebut adalah blog spam (tong sampah).

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan anda dapat melakukan optimasi SEO blog anda melalui edit HTML,dan cari kode dibawah ini.

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

Kode tersebut bisa ditemukan diantara tag pembuka <head> kode disini....... </head> tag penutup.

Tips, Telusuri dengan baik setiap kode HTML pada template blog anda diantara tag pembuka dan penutup seperti yang kami tuliskan di atas, dan jangan menghapus sembarangan kode pada area tersebut jika anda belum mengetahui dengan jelas fungsinya.

Selanjutnya, jika template anda sudah memiliki kode diatas itu berarti blog anda sudah mampu menghindari duplikat konten dan dapat dianggap sebagai blog SEO friendly, tetapi kalau belum anda dapat melakukan optimasi template blogspot anda dengan Cara SEO blog sebagai berikut:
  • Login ke akun blogger.
  • Dari dasbor blogger sentuh atau menemukannya fitur "Theme" di sebelah kiri daftar fitur menu.
  • Pada tab baru yang terbuka sentuh "edit HTML", yang berada tepat di samping kanan tombol orange "sesuaikan".
  • Selanjutnya tap baru yang terbuka adalah dasbor edit template blogspot.
  • Cari kode script di atas pada template blog anda,jika belum memiliki kode tersebut, segeralah tempelkan kode tepat dibawah tag pembuka <head>atau diatasnya tag penutup </head> .

2.Optimasi tag heading (H1) pada struktur kode template.
Pada umumnya template blogspot memiliki tag heading (H1) yang berbeda-beda fungsi untuk mengoptimasikan blog agar mempunyai nilai SEO friendly yang baik.

Tag heading (H1) dengan struktur yang tidak teroptimasi dengan baik dapat menyulitkan spider bot (googlebot) search engine untuk mengindex dan merayapi isi halaman blog-web anda, dan sebaliknya template blog yang memiliki struktur yang baik dan rapi dapat mempermudah bot untuk mengindex dan merayapi blog anda.

Tag heading (H1) dalam setiap halaman blog seharusnya memiliki satu komponen saja,jika blog anda memiliki tag heading (H1) yang berlebihan maka halaman blog anda akan menyulitkan laba-laba google untuk merayapinya.

Namun bagaimana cara cek judul artikel sudah H1 atau belum?, untuk melakukan hal ini silakan anda masuk ke dashboard editor template, dan cari kode dibawah ini:

Contoh kode-1.
<b:if cond='data:post.title'>

<h3 class='post-title entry-title'>

<b:if cond='data:post.link'>

<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>

<b:else/>

<b:if cond='data:post.url'>

<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>

<b:else/>

<data:post.title/>

</b:if>

</b:if>

</h3>

</b:if>

Gantikan dengan kode berikut ini.

Contoh kode-2.
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>

<b:if cond='data:post.title'>

<h2 class='post-title entry-title'>

<b:if cond='data:post.link'>

<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>

<b:else/>

<b:if cond='data:post.url'>

<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>

<b:else/>

<data:post.title/>

</b:if>

</b:if>

</h2>

</b:if>

<b:else/>

<h1 class='post-title entry-title'>

<b:if cond='data:post.link'>

<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>

<b:else/>

<b:if cond='data:post.url'>

<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>

<b:else/>

<data:post.title/>

</b:if>

</b:if>

</h1>

</b:if>

Struktur kode dapat anda temukan diantara,
<b:section class='header1' id='header1' maxwidgets='1' showaddelement='yes'>
     <b:widget id='Header1' locked='true' title='Kupang Tech News (Header)' type='Header' version='1' visible='true'>
       <b:includable id='main'>

Struktur kode ada di area ini.............!!!!!

</b:includable>
     </b:widget>
   </b:section>

Jika template blog anda sudah memiliki kode seperti contoh kode-2, maka blog anda sudah memiliki template SEO friendly, jika belum segeralah gantikan contoh kode-1 dengan contoh kode-2 pada area yang kami maksudkan diatas.

3.Optimasi template blogspot menggunakan breadcrumb.
Template blog SEO friendly setidaknya harus terdapat breadcrumb pada setiap halaman atau konten postingan, entah seperti apa jenisnya atau tampilannya, yang terpenting adalah blog harus memiliki struktur kode breadcrumb,karena spider bot mesin pencari (googlebot) juga memprioritaskan  untuk mengindex dan merayapi breadcrumb tersebut, bukan hanya mesin saja yang akan menelusuri breadcrumb,seorang pengguna atau pengunjung blog anda juga akan merayapi breadcrumb tersebut,
Ringkasnya:breadcrumd harus terdapat pada struktur kode template blog anda untuk mempermudah mesin dan manusia merayapi seluruh isi blog.
Untuk mengetahui apakah halaman blog-web sudah memiliki breadcrumb atau belum,dapat anda melihat/membuka salah satu postingan artikel anda, kemudian cari judul postingan artikel atau informasi postingan artikel, maka anda akan menemukan simbol/ikon breadcrumb.

Breadcrumb pada umumnya memiliki simbol/ikon pemisahan > atau, >>.

Contoh breadcrumb: Beranda >> SEO on page blogspot >> judul postingan artikel anda...........!!!!!

Untuk membuat breadcrumb seperti contoh di atas,maka langkah langkah SEO on page atau Optimasi Template blogspot yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Login ke blogger.
  • Sentuh fitur Thema.
  • Cari atau menemukannya tombol edit HTML pada dasboard Theme.
  • Selanjutnya cari struktur kode seperti di bawah ini.

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag' title='Beranda'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:loop values='data:posts' var='post'>
<b:if cond='data:post.labels'>
<div class='breadcrumbs'>
<span itemscope='' itemtype='https://data-vocabulary.org/Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='url' title='Beranda'><span itemprop='title'>Home</span></a></span>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
&#187; <span itemscope='' itemtype='https://data-vocabulary.org/Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url + &quot;?max-results=5&quot;' expr:title='data:label.name' itemprop='url'><span itemprop='title'><data:label.name/></span></a></span>
</b:loop>
&#187; <span><data:post.title/></span>
</div>
<b:else/>
<div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag' title='Beranda'>Home</a></span> &#187; <span>Tanpa Label</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div>
</b:if>
</b:loop>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<div class='breadcrumbs'>
<span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' title='Beranda'>Home</a></span> &#187; <span>Arsip untuk <data:blog.pageName/></span>
</div>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<div class='breadcrumbs'>
<b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'>
<span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' title='Beranda'>Home</a></span> &#187; <span>Semua posting</span>
<b:else/>
<span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' title='Beranda'>Home</a></span> &#187; <span>Penelusuran <data:blog.pageName/></span>
</b:if>
</div>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
</b:includable>

Jika struktur kode breadcrumb anda persis seperti contoh di atas,itu berarti blog anda sudah memiliki template SEO friendly,tetapi jika belum anda dapat menggantikan dengan kode breadcrumb yang telah kami sediakan di atas.

Tips: Mengganti kode yang baik dan benar itu harus memperhatikan tag pembuka dan tag penutup, contoh tag pembuka:<b:includable id='breadcrumb' var='posts'> Kode breadcrumb disini  contoh tag penutup</b:includable>.

Langkah langkah melakukan SEO on page selanjutnya adalah:

4.Optimasi template blogspot pada widget yang berada di blog.
Widget adalah sebuah fitur pendukung yang terdapat pada blog.

Widget biasanya terletak pada sidebar atau footer seperti, widget popular post dan arsip blog.

Struktur kode widget biasa terdiri dari judul dan isi pada widget tersebut, untuk Optimasi Template blogspot agar SEO friendly setidaknya judul widget harus menggunakan tag heading H3,untuk mengetahui apakah widget-widget anda sudah menggunakan tag heading H3 atau belum, anda dapat melakukan langkah langkah SEO on page sebagai berikut:
  • Login ke blogger.
  • Dan dari dasbor blogger, sentuh atau menemukannya fitur Theme yang terdapat pada daftar menu.
  • Di dalam tap baru yang terbuka, sentuh tombol edit HTML yang berada di samping kanan tombol orange sesuaikan.
  • Selanjutnya tap baru yang terbuka adalah editor template,cari struktur kode widget seperti contoh di bawah ini.

<b:widget id='PopularPosts1'
locked='false' title='Popular Posts' type='PopularPosts'>

<b:includable id='main'>

<b:if cond='data:title'>

<h2><data:title/></h2>

</b:if>

Kemudian gantikan tag heading  <h2><data:title/></h2> menjadi tag heading
<h3><data:title/></h3>,apabila template blog anda memiliki lebih dari satu widget,maka anda dapat menggantikan semua tag heading H2 ke tag heading H3 seperti contoh di atas.

Catatan:Teknik menyelipkan meta tag dan title Tag pada template blog sudah banyak dilakukan blogger untuk mengoptimasi struktur kode blog mereka,ada yang mengikuti template bawaan blogspot, mengikuti meta tag dan title Tag yang mereka temukan saat blogwalking,ada juga yang bereksperimen dengan meta tag buatan mereka sendiri.semuanya itu sah-sah saja asalkan jangan sampai salah memasang meta tag dan title Tag pada template, karena akibatnya sangat buruk untuk blog anda.

Teknik optimasi SEO on page template blogspot yang berikut adalah,

4.Optimasi template blogspot pada Robot.txt.
Setiap blogger pasti akan mencoba untuk mengutak-atik robot.txt pada blog yang mereka miliki tanpa memikirkan hal buruk yang akan terjadi pada blog mereka, entah itu Optimasi SEO melalui edit HTML ataupun melalui fitur setelan penelusuran, mengutak-atik robot.txt sembarangan dapat membuat spider bot salah menanggapi maksud dari robot.txt yang di edit, dan all hasil banyak halaman yang tidak dirayapi, bahkan yang lebih parahnya lagi spider bot mesin pencari akan merayapi seluruh isi blog dan menampilkan semuanya pada SERPs (search engine results pages), untuk itu kami sarankan untuk berhati-hati sebelum anda membongkar robot.txt pada blog anda.

Untuk menghindari hal-hal yang kami maksudkan, anda dapat melakukan optimasi SEO on page template blogspot sebagai berikut,
  • Login ke blogger dan masuk ke dashboard editor template,lalu cari struktur kode seperti contoh di bawah ini,

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.searchLabel'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>

Tips; Struktur kode di atas dapat ditemukan di antara tag pembuka <head> kode ada di area ini........!!!!! </head> tag penutup.

Selanjutnya,jika template blog anda sudah memiliki meta tag seperti contoh kode di atas itu berarti blog anda sudah SEO friendly tapi kalau belum, anda dapat menempelkan kode tersebut di bawah tag pembuka <head> atau bisa juga diatasnya tag penutup </head>.

Itu saja yang dapat anda lakukan jika ingin mendapatkan template SEO friendly yang memiliki kecepatan clawr (index) mesin pencari yang sangat cepat.

Bermacam-macam penyebab yang dapat membuat loading blog sangat lambat-sudah mulai di perhitungkan para blogger yang mengerti terhadap optimasi SEO, dan mereka pun sudah mulai menghindari berbagai hal yang membuat loading blog mereka menjadi sangat lambat.

Optimasi SEO yang dilakukan dengan susah payah tidak akan membuahkan hasil apapun jika blog mempunyai loading yang lama,karena akan menyulitkan spider bot search engine untuk mengindex dan merayapi isi pada blog.

Tips & trik: apabila anda tidak ingin susah payah mengedit struktur kode template blogspot seperti yang telah kami jelaskan di atas, anda dapat gunakan template gratis yang diunggah dari web penyedia,karena pada umumnya template blog yang diunggah gratis sudah memiliki struktur kode template SEO-FRIENDLY yang langsung dapat digunakan tanpa susah payah mengedit nya.

Ini saja yang dapat kami sampaikan, jika kami memiliki waktu yang cukup, kami akan melakukan update postingan artikel ini agar lebih mudah untuk di pahami.

Sering-seringlah mengunjungi blog-web ini agar anda tidak kehilangan update terbaru kami.

Sekian....!!!

Semoga postingan artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi.

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments