Pengertian search-engine dan contohnya serta manfaat mesin pencari

Pengertian search-engine dan contohnya serta manfaat mesin pencari

Pengertian search-engine dan contohnya serta manfaat mesin pencari yang sering dialami di internet

Search-engine (mesin pencari) secara umum telah dikenal sebagai salah satu alat yang memungkinkan pengguna internet menemukan berbagai file dokumen dan informasi secara online,entah itu gambar,vidio,atau apapun yang diinginkan.

Pengertian search-engine (mesin pencari) dan contohnya mungkin telah anda ketahui, manfaat atau cara kerja dan fungsi mesin pencari dapat disimpulkan seperti:aktivitas secara online dalam melakukan pencarian halaman suatu situs atau website ataupun file dokumen,blog-web, gambar,vidio, dan informasi lainnya.

Search engine (mesin pencari) adalah sebuah alat yang didesain menggunakan sistem software yang dapat menampilkan berbagai dokumen atau informasi yang tersimpan didalam world wide web (www), apabila ada pengguna yang mengetik kata kunci dan melakukan pencarian pada mesin pencari tersebut, kata kunci atau file dokumen yang menjadi hasil pencarian pengguna di internet akan di transfer melalui,file transfer protokol (FTF,Mailing list, dengan beragam server atau alamat situs-web yang memiliki relevansi sesuai dengan kata kunci atau file dokumen yang menjadi target pencarian pengguna di internet.dan didalam hasil pencarian pengguna akan ditampilkan oleh mesin pencari berbagai file atau informasi yang bersumber dari sebuah situs atau website, (blog-web), yang relevan dengan kata kunci.hasil pencarian seperti yang kami sampaikan di atas sering di sebut sebagai search engine results pages (SERPs).

Search engine (mesin pencari) selain mempermudah pengguna di internet mencari berbagai informasi atau file dokumen yang diperlukan, layanan mesin pencari juga turut membantu para pemilik (webmaster) situs-web meningkatkan traffic pengunjung menuju blog-web yang dimiliki.dengan adanya mesin pencari yang dioptimalkan para pemilik blog-web memiliki perkembangan traffic pengunjung yang cukup tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari, dan dari sinilah awal memulai "search engine optimisation (SEO)".

Adapun aturan didalam hasil pencarian pada mesin pencari, seperti informasi yang berbentuk tulisan tutorial,file gambar, video YouTube,dan yang lainnya.dari hasil pencarian inilah mesin pencari akan menata secara berurutan hingga membentuk sebuah algoritma search engine,jadi untuk mendapatkan otoritas serta reputasi yang baik dimata search engine terbilang sangatlah sulit,karena ada aturannya tersendiri yang harus dilakukan, contoh aturan yang sangat populer pada saat ini adalah menerapkan 200+ google rangking faktor, entah melakukan optimasi SEO on page atau melakukan optimasi SEO off page.

Baca disini:

Jenis-jenis search engine dan contoh search engine

Search engine (mesin pencari) pada saat ini memiliki perkembangan yang cukup tinggi dan sangat berkualitas, seperti "search engine google", yang menduduki peringkat pertama search engine dengan otoritas tinggi di seluruh dunia (raksasa mesin pencari di dunia internet).dan adapun beberapa kelompok yang membuat sendiri search engine,seperti "search engine Yandex", yang dimiliki oleh negara Rusia yang telah beroperasi sejak tahun 1997 hingga saat ini.dan adapun search engine lainnya yang tidak kalah populernya yaitu,Bing, Yahoo, Baidu,Ask, MSN, AOL,dan masih banyak lagi lainnya.

Search engine google sendiri muncul di akhir tahun 1997.karena ketatnya persaingan search engine pada saat itu,search engine google membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bertengger pada posisi pertama mesin pencari terbaik di dunia,dengan adanya penurunan kualitas serta otoritas mesin pencari Yahoo pada tahun 2000, mesin pencari Google menjadi (menggantikan) posisi tersebut,disaat itulah mesin pencari Google mendapatkan otoritas penuh hingga saat ini.

Contoh search engine
Berikut ini adalah contoh berbagai search engine (mesin pencari), yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan traffic blog-web bagi yang memiliki.


Nama-nama mesin pencari yang kami tuliskan di atas dapat digunakan oleh pemilik blog-web untuk memulai "optimasi SEO" blog-web agar meningkatnya traffic pengunjung menuju blog-web yang dimiliki.
Catatan:Untuk dapat merasakan manfaat dari search engine (mesin pencari) yang kami tuliskan di atas,anda harus mendaftarkan dan memverifikasi blog-web yang dimiliki pada webmaster tools setiap mesin pencari.

Manfaat search engine

Seiring perkembangan teknologi yang semakin baik, tidak dipungkiri semua industry tumbuh pesat berkat kehadiran mesin pencari yang mengembangkan ide-ide pengoptimalan konten pada blog-web sehingga mampu meningkatkan traffic ranking dalam hasil penelusuran terkait kata kunci populer.

Banyak pengguna internet yang telah merasakan langsung manfaat dari search engine seperti, mempermudah seseorang untuk mencari informasi, file dokumen yang diinginkan, bahkan pemilik (penulis) blog-web yang menyediakan informasi juga merasakan manfaat dari search engine (mesin pencari) tersebut.

Tutorial dibawah ini kami telah menuliskan beberapa manfaat yang dirasakan langsung dalam menggunakan search engine (mesin pencari).

1.Dapat menampilkan berbagai informasi.

  • Search engine (mesin pencari) dapat menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan seperti: mesin pencari mempermudah pencarian yang kita inginkan secara cepat,karena hanya dengan menulis kata kunci pencarian yang diinginkan maka akan muncul berbagai macam file sesuai kebutuhan.contoh: anda ingin mencari tutorial tentang "pengertian search-engine (mesin pencari)",maka tutorial tersebut akan muncul dalam daftar halaman pencarian dengan berbagai sumber yang memenuhi kriteria dari mesin pencari tersebut.

2.Menampilkan hasil pencarian yang akurat dan tepat.

  • Penyusunan file hasil pencarian dari pengguna terbilang cepat dan tepat, karena mesin pencari Google atau Yahoo mempermudah pencarian menurut sumber blog-web,ini sangat membantu dalam melakukan pencarian dengan tidak membuang banyak waktu untuk mencari.

3.Mudah digunakan.

  • Informasi atau file dokumen yang tersebar dari berbagai sumber yang berada di internet dikumpulkan menjadi satu wadah, sehingga aksesnya pun lebih mudah.

Fungsi search engine dan cara kerja search engine
Mesin pencari pada saat ini dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan blog-web di internet, karena menurut penelitian traffic pengunjung terbesar datangnya dari mesin pencari.

Dengan adanya mesin pencari tersebut pemilik situs atau blog-web memiliki keuntungan yang diperoleh dari hasil pencarian,jadi tak heran kalau seorang pemilik situs sangat tergantung pada layanan search engine (mesin pencari) terutama mendapatkan traffic menuju blog-web yang dimiliki, mesin pencari juga selalu membawa pengguna baru menuju blog-web yang memiliki otoritas yang baik.

Untuk kenyamanan mengoperasikan mesin pencari,maka pengguna atau pemilik blog-web harus mengetahui "cara kerja search engine", agar dapat berimbas positif.

"Fungsi search engine dan cara kerja search engine" seperti:

1.Crawler search engine.

  • Mesin pencari ini menggunakan program software otomatis yang mampu merayapi semua bagian situs atau website dan mengelompokkan data menjadi satu kategori yang memiliki relevansi pada sebuah situs atau website.
  • Untuk mesin pencari Google  program otomatis tersebut sering di sebut googlebot,robot,bot,crawler atau spider.crawler atau spider akan mencari halaman-halaman situs atau website di internet  untuk diindex dan dikumpulkan di dalam satu wadah atau database mesin pencari.dan jika ada pengguna yang mengetik kata kunci yang relevan dengan halaman yang di kumpulkan dalam database mesin pencari,maka halaman-halaman tersebut ditampilkan sebagai daftar pencarian yang memiliki tautan (link) sumber.
  • Daftar tampilan halaman-halaman situs atau website dan tautan,akan ditampilkan menurut kata kunci yang memiliki  keterkaitan yang sangat dekat, crawler atau spider search engine  tidak pernah henti-hentinya menelusuri atau merayapi di internet untuk menemukan halaman-halaman blog-web yang baru diperbaharui (selesai update) untuk memperbaharui juga database yang telah dikumpulkannya, dengan demikian pengguna internet pun dapat dengan mudah menemukan informasi,file dokumen terbaru.mesin pencari yang memiliki "crawler search engine" seperti yang kami tuliskan di atas adalah:"Search Console Google",(mesin pencari Google).

2.Direktori.

  • Layanan ini menggunakan editor manual atau keterlibatan  manusia untuk menentukan kategori suatu situs atau website dan ditempatkan di dalam direktori yang akan diperiksa dan menilai informasi yang dikumpulkan, dan memiliki aturan yang berlaku.
  • Beberapa direktori menawarkan layanan pembayaran,jika suatu situs atau website ingin lebih cepat terindeks,maka wajib membayar sejumlah uang.Adapun direktori yang tersebar menawarkan layanan gratis meski proses indeks memakan waktu yang cukup lama.

3.Hybrid search engine.

  • Layanan Hybrid mengandalkan kombinasi antara hasil crawler dan direktori,banyak mesin pencari yang berpindah haluan ke model Hybrid-Based,dua layanan yang terkenal sebagai pencetus konsep tersebut adalah "Google dan Yahoo".

4.Meta search engine.

  • Layanan meta search engine mengambil data dari semua hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari, nantinya hasil data yang diperoleh tersebut dikombinasikan menjadi daftar pencarian berukuran besar.

5.Search engine khusus.

  • Layanan ini merupakan jenis search engine yang dikembangkan secara khusus untuk memenuhi hasil pencarian yang lebih spesifik,adapun layanan mesin pencari khusus seperti pencarian belanja (yahoo shoping), pencarian lokal (nzs), pencarian nama domain (freeparking),pencarian freeware dan shareware (downloads.com) dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan pengguna internet.

6.Pay Per Click (PPC).

  • Ini merupakan salah satu layanan berbayar dari search engine (mesin pencari) untuk keperluan marketing dan promosi situs atau website,banyak situs atau website yang memanfaatkan layanan PPC untuk memperkenalkan,beriklan produk atau jasa untuk lebih mudah ditemukan.Google Adwords dan Bing  merupakan dua layanan PPC yang sangat populer,dimana  biaya yang dikenakan kepada pengguna layanan tersebut berdasarkan klik atau click-through rate (CTR).

Kehadiran layanan  search engine seperti yang kami sampaikan di postingan artikel ini,turut membantu memudahkan pemilik situs atau website untuk mengoptimalkan konten dan penjualan produk ataupun jasa.

Google merupakan situs mesin pencari yang memiliki otoritas tertinggi di dunia dengan ratusan juta pengakses setiap harinya, maka tak heran jika kebanyakan pemilik blog-web (webmaster) berlomba-lomba mengoptimalkan rangking (menerapkan teknik SEO) untuk situs atau website mereka di hasil pencarian Google (SERPs).

Demikian pengertian tentang search engine (mesin pencari),manfaat search engine dan jenis-jenis search engine yang berdampak positif bagi pengguna internet di seluruh dunia.

Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi tentang "search engine (mesin pencari)".

Share this:

Related Posts

Add Your Comment Hide Comment

Disqus Comments